Tak Berkategori

WHAT WE SAY – ANNABELLE: CREATION

annabelle poster 1

Director: David F. Sandberg

Starring: Talitha Bateman, Stephanie Sigman, Lulu Wilson, Miranda Otto, Anthony LaPaglia, Joseph Bishara, Samara Lee

Score: 8.3/10

Lupakan semua tanggapan negatifmu tentang film Annabelle pertama, karena yang ini jauh lebih keren dan menakutkan tentunya!

Apa yang harus dihadapi Annabelle: Creation adalah fakta pelik kalau film pendahulunya tidak mendapat sambutan yang hangat, terutama dari para kritikus. Film ini juga berpeluang besar membuat orang mager duluan di awal karena alih-alih melanjutkan kisah boneka Annabelle ke depan, sutradara David F. Sandberg (Lights Out) justru semakin memundurkannya ke belakang. Sesuai judulnya, Creation bercerita tentang bagaimana dan oleh siapa boneka ini dibuat, lalu bagaimana iblis bisa masuk ke dalamnya. Secara mengejutkan, cara ini justru sukses menghembuskan nafas baru bagi Annabelle, dan memberi masa depan cerah untuk proyek The Conjuring Universe.

ann 1

Creation mengisahkan tentang keluarga Mullins. Sang ayah (LaPaglia) adalah seorang pembuat boneka. Di awal film penonton bakal diperkenalkan langsung kepadanya sehingga Kamu bisa langsung nge-klik sama film ini. Suatu hari, keluarga Mullins baru pulang dari Gereja. Berhenti di tengah jalan, si ayah keluar untuk mengganti ban mobil. Naas, sebuah kecelakaan terjadi dan merenggut nyawa Bee Mullins (Lee), anak semata wayang mereka. Bertahun-tahun setelah kejadian, keluarga Mullins menjadikan rumahnya untuk menampung anak-anak yatim piatu. Nah, di antara anak-anak ini terdapat seorang gadis yang menderita penyakit polio. Dia tidak dapat berjalan dengan baik dan harus ditopang oleh alat bantu khusus.

ann 2

Kamu akan menikmati film dari menit pertama. Berbeda dengan The Conjuring yang juga memiliki sense of terror selain jumpscares, Annabelle memutuskan langsung to the point kepada bagaimana film lebih memberikan gangguan secara langsung, yang dilakukan oleh si iblis kepada para anak yatim. Tidak perlu waktu lama untuk melihat hal-hal jahat menimpa anak-anak ini. Boneka Annabelle akan langsung menyambut rombongan Suster Charlotte (Sigman) dengan senang hati. Kengerian juga didukung oleh Mr. Mullins yang merupakan seorang maker. Kemampuannya untuk membuat properti-properti lain dimanfaatkan secara maksimal. Banyak scenes menakutkan yang tersaji berkat gabungan antara properti dan denah rumah keluarga Mullins, dengan evil spirit itu sendiri.

ann 3

Film juga memiliki dua karakter utama yang kuat. Lulu Wilson dan Talitha Bateman adalah duet apik karena mereka berhasil menjadi inti film ini. Sejak Creation menyorot anak-anak yatim, Linda (Wilson) dan Janice (Bateman) ditampilkan sebagai teman sehidup-semati. Dua orang ini berjanji untuk selalu bersama, bahkan jika suatu saat nanti ada salah satu di antara mereka yang diadopsi. Janji ini kemudian terancam ketika kejadian-kejadian aneh mulai menimpa salah satu di antara mereka. Ikatan yang kuat antara Linda dan Janice menimbulkan rasa peduli, dan penonton akan mendukung dua anak ini ketika film memasuki babak akhir.

ann 4

Selain itu, sebuah sentuhan kecil semakin menguatkan status The Conjuring Universe sebagai salah satu shared universe yang paling diantisipasi. Mereka melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk memunculkan sebuah universe di dalam standalone movie. David beserta penulis Gary Dauberman dengan cermat menyelipkan sedikit hal yang kemungkinan besar berkaitan dengan The Conjuring dalam salah satu scene. Keputusan brilian karena selain momen itu muncul ketika film sedang “mengambil nafas”, mereka berdua juga sangat cerdas merajut hal kecil tersebut dengan ide besarnya yaitu film Annabelle: Creation sendiri. Efeknya adalah, akhir film yang keren dan jauh dari kata malas. Ulah Annabelle berbuntut panjang, dan penonton dapat melihat benang merah yang terkoneksi antara film Annabelle pertama, Annabelle: Creation dan The Conjuring: Enfield Poltergeist. Ending yang cukup untuk membuat kita kembali ngobrolinscene itu” dari film pertama, dan mengeluarkan prediksi-prediksi sotoy untuk The Nun nantinya.

ann 6

Sekuel film horor (yang aslinya prekuel) langka karena lebih baik dari film pertama. It’s something that You can enjoy. Cerita “brojol”-nya Annabelle adalah sesuatu yang tidak terlalu mendapat perhatian, bahkan mungkin tidak penting karena dianggap sebagai upaya cari uang saja. Tapi, film ini berhasil mengubah pendapat tersebut 180 derajat. Bersiaplah karena ada beberapa gore images di third act. Oh iya, jangan beranjak dulu setelah film selesai karena ada dua post-credit scenes yang tersedia.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s