Tak Berkategori

HYPE – Memperkenalkan SIPENMARU, Sistem Publikasi dan Penilaian Film-film Sinema Terbaru

cinemania logo

Kami di Cinemania ID beranggapan bahwa perlu diciptakannya sistem yang baik dalam hal apresiasi film. Semakin banyaknya film yang rilis di bioskop seluruh Indonesia (terutama di Jakarta) membuat posisi review jadi semakin penting. Namun, yang tidak kalah penitng adalah, sebuah artikel review juga harus dikemas lebih variatif dan terpadu supaya artikel ini tidak hanya sekali baca kemudian selesai, namun dapat dinikmati lebih lama, lebih interaktif dan tidak membosankan. Berangkat dari sini, kami berupaya untuk melakukan inovasi agar sebuah review film di Cinemania ID memiliki daya tarik tersendiri bagi pembacanya. Maka dari itu, hadirlah beberapa macam review di Cinemania ID sehingga terbentuk sistem bernama SIPENMARU.

SIPENMARU sendiri adalah sebuah skema satu jalur di mana kami menyatukan semua macam review dari satu film yang baru saja rilis dan memberikan hasil akhir sebagai muaranya. Ide ini tidak datang begitu saja. Kami menginginkan seluruh macam review yang awalnya berdiri sendiri seperti Instaview, What We Say dan Week in Review bisa terhubung satu sama lain. SIPENMARU kemudian hadir untuk merealisasikan hal tersebut. Inspirasi membuat SIPENMARU muncul dari pengalaman salah satu kontributor kami, yang sekolahnya dulu memiliki sebuah sistem pendidikan bernama “One Pipe Education System”. Jadi, di sana siswanya bisa mengenyam pendidikan dari level terendah (SD) sampai tertinggi (Universitas) dalam satu lingkungan pembelajaran sekaligus.

Untuk memahami SIPENMARU, tentunya Kamu harus tahu fungsi dan perbedaan dari setiap review terlebih dahulu. Hingga saat ini, Cinemania ID memiliki lima macam review berbeda yang bisa diaplikasikan berdasarkan waktu perilisan filmnya. Lima macam review tersebut adalah Instaview, What We Say (WWS), Screenshot, Week in Review dan Movie Vote. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing review tadi. Perlu dicatat, sistem SIPENMARU hanya berfungsi di media sosial Twitter.

INSTAVIEW

INSTAVIEW adalah singkatan dari “Instant Review”, dan tidak ada hubungannya dengan Instagram. Jenis review ini masuk ke dalam gelombang pertama, yaitu sebelum film yang bersangkutan rilis di bioskop secara reguler. Bentuk dari INSTAVIEW adalah sebuah review pendek yang terdiri dari satu paragraf saja. Tidak ada spoiler di dalam INSTAVIEW, yang ada hanya pendapat pertama kontributor setelah dia menonton filmnya. INSTAVIEW dipilih karena lebih efisien dan rapih dibandingkan tweet bersambung. Selain itu, cara ini dinilai bisa menampung opini awal kontributor dengan baik.

instaview

Film yang bisa dibuatkan INSTAVIEW adalah mereka yang mengundang kami ke press screening. Tidak hanya itu, INSTAVIEW juga bisa dibuat kalau film yang bersangkutan tidak memiliki embargo. Embargo sendiri adalah peraturan yang berisi larangan mengungkapkan apapun mengenai film yang baru saja ditonton dalam jangka waktu tertentu. Larangan ini berlaku di mana saja, termasuk di website maupun media sosial.

WHAT WE SAY

What We Say (WWS) adalah artikel lengkap dari review kami. Terdiri dari 600-800an kata dan tidak mengandung spoiler. What We Say biasanya dipublikasikan pada hari perilisan film, atau 1-3 hari setelah film rilis meskipun bisa juga dinaikkan H-1 dengan catatan tidak ada peraturan embargo dan itu sesuai kebutuhan kami. What We Say mencantumkan nilai yang diberikan oleh kontributor. Sistem penilaiannya adalah 1 sampai 10, dan itu sudah mencakup seluruh elemen film seperti penceritaan, akting pemeran, teknik penyutradaraan dan lain-lain. Skor yang ada di What We Say bersifat mutlak dan tidak dapat diubah.

wws

Kami tidak ingin berbasa-basi dalam hal tampilan What We Say di Twitter. Sayang, sejauh ini masih banyak pembaca yang langsung terpengaruh dengan skor yang kami berikan. Meskipun sangat wajar, namun kami tidak ingin kebiasaan ini berlanjut. Skor yang kami naikkan adalah hasil yang baru dipublikasikan oleh satu pihak saja. Ada kemungkinan review kami berbeda dengan yang teman-teman rasakan. Jadi, alangkah baiknya jika Kamu tidak hanya melihat skor, namun juga membaca lengkap ulasan seperti apa yang ada di dalamnya.

SCREENSHOT

Screenshot adalah program radio mingguan hasil kerjasama kami dengan Dreamers Radio ID. Screenshot khusus membahas film-film terbaru dan kejadian apa sih yang sekarang sedang hangat diperbincangkan di dunia perfilman nasional, maupun internasional. Screenshot mengudara setiap hari Jumat mulai jam 5 sore, dan kini dipandu oleh DJ (sebutan untuk penyiar radio di Dreamers) Aisha Lahtiba. Banyak yang bisa Kamu dapatkan di program siar ini. Selain bisa mendengarkan dan me-request lagu original soundtrack favorit, Screenshot juga berkomitmen untuk mengikutsertakan pendengarnya agar terlibat aktif dalam pembahasan di setiap segmen.

fanticipation

Berlangsung selama dua jam, Screenshot punya dua pembahasan berbeda di setiap jamnya. Di jam pertama, kami membahas topik mingguan terlebih dahulu. Sebelum siaran dimulai, admin Twitter Cinemania ID akan membuat polling yang berisi pertanyaan dari topik yang akan diangkat. Tweet pertanyaan tersebut bernama FANTICIPATION, dan hasil polling (termasuk reply dan quote tweet pembaca) akan dibacakan on air oleh penyiar.

Arsip Screenshot

Selain membahas topik, jam pertama ini juga bisa dimanfaatkan untuk talkshow. Kami sangat terbuka mengundang teman-teman panitia dari acara-acara yang berhubungan dengan film untuk berbincang mengenai upcoming event mereka. Europe on Screen 2017, Boemboe Forum 2017, Talking Marvelites dan acara nobar (nonton bareng) skala besar yang diadakan oleh rekan-rekan komunitas film seperti Layar Tancep, Gila Film ID dan Nonton JKT adalah beberapa acara yang sudah pernah ngobrol bareng di Screenshot.

Di jam kedua, kami mengulas dua film terbaru yang rilis di bisokop minggu ini. Review film di Screenshot bisa menjadi alternatif pilihan buat Kamu karena dibawakan dengan lebih santai dan menghibur. Di akhir siaran, kami memberikan skor dari film yang dibahas, plus memberi bocoran tentang film apa yang akan dibahas minggu depan.

WEEK IN REVIEW

Sangat penting bagi kami untuk kembali meningkatkan awareness di akhir pekan. Maka dari itu, muncul  ide Week in Review. Di sini, admin Twitter  Cinemania ID akan kembali menaikkan review kami dari film-film yang masih tayang di bioskop jaringan XXI, CGV, Cinemaxx, Platinum Cineplex dan Flix Cinema. Recap ini dilakukan secara rutin setiap Sabtu dan review film di-tweet berdasarkan urutan skor WWS-nya. Film dengan skor rendah akan kami tweet lebih dulu.

week in review

Khusus film-film Netflix, mereka juga akan ikut di-recap. Perbedaannya, kami memutuskan untuk memasukkan film-film Netflix ke dalam Week in Review selama tiga minggu. Ini berbeda dengan film-film bioskop di mana mereka tidak akan di-recap lagi ketika sudah turun layar di semua jaringan bioskop yang telah kami sebutkan sebelumnya. Dari sini terlihat bahwa peran dari Week in Review adalah revitalisasi artikel.

MOVIE VOTE

Mengawali awal minggu, SIPENMARU belum selesai berproses. Ada Movie Vote, fasilitas yang kami sediakan agar pembaca juga bisa aktif berpartisipasi menyumbangkan suara mereka secara langsung. Tidak hanya itu, suara pembaca juga bisa menentukan hasil akhir yang akan dibahas setelah ini.

Movie Vote memanfaatkan fitur polling Twitter di mana admin akan bertanya, apakah pembaca menyukai film yang bersangkutan atau tidak. Jika pembaca menyukai film tersebut, maka mereka bisa memilih TOP, sedangkan jika yang terjadi adalah sebaliknya, mereka bisa memilih FLOP. Polling berlangsung selama dua hari (Senin-Selasa), dan tautannya akan di-post kurang lebih sekitar jam 08.00, 13.00, 18.00 dan 24.00 WIB.

mvie vote

Film yang dibuatkan polling-nya adalah film-film yang rilis di minggu sebelumnya. Kami sengaja tidak menaruh Movie Vote di akhir pekan agar pembaca memiliki kesempatan untuk menonton filmnya terlebih dahulu. Hasil dari Movie Vote kemudian akan digabung dengan skor What We Say untuk menentukan hasil akhir film yang bersangkutan.

HASIL AKHIR

Ini adalah ending dari proses SIPENMARU. Hasil akhir akan diumumkan di Twitter setiap Rabu. Seluruh film yang sudah dibuatkan What We Say dan Movie Vote akan ketahuan hasil akhirnya di sini. Ada tiga hasil akhir yang bisa didapatkan masing-masing film:

  • LULUS

Sebuah  film dinyatakan LULUS jika film tersebut mendapatkan skor lebih dari 7 di artikel What We Say, dan lebih banyak vote positif (TOP) dibanding negatif di Movie Vote.

  • LULUS BERSYARAT

Sebuah film dinyatakan LULUS BERSYARAT jika mendapatkan skor lebih dari 7 di artikel What We Say, tapi memiliki lebih banyak vote negatif (FLOP) di Movie Vote. Sebuah film juga dinyatakan LULUS BERSYARAT jika mendapatkan skor kurang dari 7 di artikel What We Say, tapi memiliki lebih banyak vote positif (TOP) di Movie Vote.

  • REMEDIAL

Sebuah film dinyatakan REMEDIAL jika mendapatkan skor kurang dari 7 di artikel What We Say, dan lebih banyak vote negatif (FLOP) dibanding positif di Movie Vote.

Sedikit tambahan, jika film mendapatkan skor 7, maka film tersebut masih berpeluang untuk lulus atau lulus bersyarat.

hasil akhir

Harapan kami untuk SIPENMARU sangat jelas, yaitu tidak hanya menjadikan Cinemania ID sebagai pemandu, tapi juga wadah bagi pembacanya. Kami berharap sistem ini dapat membantu sekaligus mengajakmu untuk ikut serta merayakan rilisnya sebuah film dengan baik dan bersama-sama.

Anyway, ini tentu belum selesai. SIPENMARU dibuat fleksibel dan akan terus berkembang dengan situasi terkini. Salah satu yang masih belum terwujud adalah memasukkan jenis review baru berbentuk program talkshow yang terdiri atas movie pundits terbaik yang berasal dari kalangan filmmaker, jurnalis, komunitas film dan selebritis yang merupakan movie enthusiast. Ide ini sebetulnya sudah muncul sebelum Cinemania ID ada. Hanya saja belum terlaksana. Kami ingin nantinya program ini bisa direalisasikan sebaik mungkin agar kualitasnya tidak kalah dengan program Cinema-Cinema, acara televisi jadul yang menjadi motivasi terbesar dan motif utama lahirnya Cinemania Indonesia.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s