Tak Berkategori

HYPE – 10 Film yang Wajib Diantisipasi dari TORONTO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL 2017

tiff

Salah satu festival film terbesar, dan terpenting di dunia yaitu Toronto International Film Festival (TIFF) telah mengumumkan film apa saja yang akan diputar tahun ini. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh CEO festival, Piers Hiding dan Cameron Bailey, pada Selasa malam WIB (25/7). Untuk penyelenggaraan tahun ini, TIFF akan menggelar 14 gala dan 33 special presentation. Di dalamnya terdapat 25 World Premieres, 8 International Premieres, 6 North America Premieres dan 8 Canadian Premieres. Film-film yang tampil juga berasal dari banyak negara yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Irlandia, Luksemburg, Norwegia, Swedia, Denmark, Mesir, India dan Kamboja.

Tahun ini, TIFF memberikan sedikit penyegaran berupa kurasi yang lebih ketat, dan komitmen untuk melanjutkan dukungan terhadap filmmaker wanita. Tidak ketinggalan, line-up juga diisi oleh banyak nama besar baik itu dari sutradara maupun aktornya. Sekitar 400 ribu penonton bisa menyaksikan karya terbaru dari Darren Aronofsky, Angelina Jolie dan Guillermo Del Toro. Andy Serkis yang baru-baru ini sukses di War for the Planet of the Apes juga merilis film debutnya sebagai sutradara di festival ini.

Berikut 10 film yang wajib diantisipasi di pegelaran TIFF 2017. Kami tidak membuat list-nya berdasarkan tingkat antisipasi. Lebih melihat kepada hal-hal dasar seperti faktor sutradara, pemain, cerita, serta seberapa besar kemungkinan filmnya rilis di Indonesia.

breathe

BREATHE

  • Director: Andy Serkis
  • Starring: Andrew Garfield, Claire Foy
  • Inggris
  • Gala (World Premiere)

Film ini kemungkinan besar akan rilis di Indonesia antara akhir tahun atau awal 2018 di bawah bendera distributor Feat Pictures. Merupakan film debut Andy Serkis sebagai sutradara, dia kembali memberikan peran yang sangat menantang untuk Andrew Garfield. Breathe dibuat berdasarkan kisah nyata tentang Robin Cavendish. Dia adalah seorang petualang karismatik yang terkena wabah polio. Tubuhnya lumpuh pada usia 28 tahun, dan umurnya hanya tersisa beberapa bulan lagi. Dengan keberanian yang dimiliki Robin dan istrinya, mereka berdua nekat dan akhirnya berhasil membesarkan anak mereka sekaligus mengabdikan hidup menolong penderita polio yang lain.

churchill

DARKEST HOUR

  • Director: Joe Wright
  • Starring: Gary Oldman, Lily James, Ben Mendelsohn
  • Inggris
  • Gala (Canadian Premiere)

Akun Twitter United International Pictures (UIP) Indonesia sudah men-tweet informasi awal film ini, tepatnya setelah trailer pertama dirilis. Darkest Hour adalah film keempat yang menampilkan Winston Churchill sebagai tokoh utama, yang mana akan membuat Inspektur Gordon terlihat sangat menggemaskan. Yup, Gary Oldman memerankan perdana menteri Inggris pada masa Perang Dunia 2 tersebut. Sutradara Joe Wright langsung membawa kita ke masa Churchill yang baru saja ditunjuk sebagai PM. Churchill kemudian harus mempertimbangkan matang-matang setiap keputusan yang dia ambil, mengingat kekuatan Nazi sedang ngeri-ngerinya.

mountain

THE MOUNTAIN BETWEEN US

  • Director: Hany Abu-Assad
  • Starring: Idris Elba, Kate Winslet
  • Amerika Serikat
  • Gala (World Premiere)

Idris Elba memimpin invasi Inggris ke TIFF 2017 lewat film ini. Disutradarai oleh sutradara kelahiran Israel, Hany Abu-Assad, The Mountain Between Us membuat Elba terdampar di tempat antah-berantah bersama Kate Winslet. Bukan, mereka bukanlah sepasang kekasih, melainkan sesama strangers yang baru kenal secara kebetulan. Ketika pesawat yang mereka tumpangi jatuh di puncak gunung bersalju, dua orang ini harus berjuang dalam kondisi super ekstrim. Diadaptasi dari novel best-seller karya Charles Martin, The Mountain Between Us rilis di bioskop Amerika tanggal 20 Oktober mendatang.

stronger

STRONGER

  • Director: David Gordon Green
  • Starring: Jake Gyllenhaal, Tatiana Maslany
  • Amerika Serikat
  • Gala (World Premiere)

Belum habis ketakjuban kita pada Patriot’s Day, satu lagi film yang mengangkat tragedi pengeboman Boston Marathon sudah siap dirilis. Tapi, yang satu ini terlihat berbeda, karena lebih menampilkan sisi kelam dan kepedihan yang dirasakan karakter utama. Jake Gyllenhaal memerankan Jeff Bauman, salah seorang korban pengeboman yang saat itu sedang memberi dukungan terhadap pacarnya di garis finish. Setelah bom meledak, Jeff kehilangan kedua kakinya. Apa yang ditampilkan setelah itu adalah perjuangan Jeff untuk tetap bertahan hidup. Film yang sangat menginspirasi karena tidak bisa dipungkiri bahwa kehilangan bisa mengubah seseorang.

sexes

BATTLE OF THE SEXES

  • Director: Valerie Faris & Jonathan Dayton
  • Starring: Emma Stone, Steve Carrell, Sarah Silverman
  • Amerika Serikat
  • Special Presentation (World Premiere)

Salah satu film yang hype-nya cukup besar tahun ini. Battle of the Sexes berasal dari pertandingan nyata di mana mantan petenis nomor satu dunia, Bobby Riggs, menantang petenis wanita nomor satu dunia saat itu, Billie Jean King. Film ini sepertinya sangat cocok dengan apa yang diusung TIFF, yaitu “Future is Female”. Tidak hanya itu, bukan tidak mungkin ke depannya orang semakin jatuh cinta pada Emma Stone. Sexes tidak hanya menampilkan soal duel, namun juga bagaimana Billie adalah figur bagi kesetaraan wanita. Anyway, Steve Carrell juga mendapatkan peran yang sesuai sehingga kita bisa melihat Bobby yang benar-benar konyol dan menjengkelkan.

war

THE CURRENT WAR

  • Director: Alfonso Gomez-Rejon
  • Starring: Benedict Cumberbatch, Tom Holland, Michael Shannon, Katherine Waterston, Nicholas Hoult
  • Amerika Serikat
  • Special Presentation (World Premiere)

Benedict Cumberbatch as the bulb inventor? Hell yeah! The Current War adalah film tentang rivalitas antara Thomas Alfa Edison dan George Westinghouse. Dua orang ini berlomba untuk menciptakan sistem kelistrikan yang tidak hanya berkelanjutan, namun juga bisa dipasarkan. Harvey Weinsten, co-chairman dari Weinstein Company bilang kalau kisah Edison-Westinghouse adalah pertarungan yang hebat. “Ini adalah pertempuran intelek, perlombaan kreativitas dan inovasi teknologi. Kami sangat senang bisa membagikan kisah persaingan historis ini dengan penonton di seluruh dunia”, ujarnya. Perlu dicatat, film ini juga dibintangi oleh Tom Holland (Spider-Man: Homecoming), Katherine Waterston (Fantastic Beasts and Where to Find Them), Nic Hoult (X-Men) dan disutradarai oleh Alfonso Gomez-Rejon yang suskes lewat Me, Earl and the Dying Girl (2015).

mother

MOTHER!

  • Director: Darren Aronofsky
  • Starring: Jennifer Lawrence, Javier Bardem, Ed Harris, Michelle Pfeiffer, Domnhall Gleeson, Kristen Wiig
  • Amerika Serikat
  • Special Presentation (Noth American Premiere)

Misterius adalah kata yang paling tepat untuk menggambarkan film ini. Fakta bahwa Mother! disutradarai oleh Aronofsky (Black Swan), dan dikomposeri oleh Johann Johannsson (Sicario, Arrival), membuat rasa penasaran semakin memuncak. Trailer terbarunya pun hanya bisa dilihat sebelum Kamu menonton Dunkirk. Itu juga cuma di Amerika dan tidak di semua show, hanya sebagian kecil saja. Sudah ada beberapa respon yang masuk dari mereka yang menyaksikan trailer tersebut. Hasilnya? Masih misteri. Trailer tidak menampilkan footage apapun. Mostly hanya berupa layar hitam dengan kata-kata yang tampil di layar. Berita bagusnya, tanggal rilis film maju dari 13 Oktober ke 15 September 2017.

va

VICTORIA & ABDUL

  • Director: Stephen Frears
  • Starring: Judy Dench, Ali Fazal, Michael Gambon
  • Inggris
  • Special Presentation (North American Premiere)

Majalah EMPIRE menulis Victoria & Abdul sebagai “A little well-known but controversial relationship in the life of one of Britain’s most famous monarchs”. Judy Dench berperan sebagai Ratu Victoria, yang diceritakan bersahabat dengan seorang Muslim India bernama Abdul Karim (Fazal). Ketika dia pergi ke Inggris untuk menghadiri hari peringatan Sang Ratu, Abdul Karim secara tidak terduga menjadi orang kepercayaan. Pemuda ini memberikan pandangan lain kepada Ratu untuk mengubah dunia dari luar istana. Di samping mengiyakan kalau filmnya agak provokatif, sutradara Stephen Frears menyadari hal baru tentang Ratu Victoria. “Semakin Saya belajar, semakin Saya tahu betapa eksentriknya Dia.”

s

THE SHAPE OF WATER

  • Director: Guillermo Del Toro
  • Starring: Sally Hawkins, Octavia Spencer, Doug Jones, Michael Shannon, Michael Stuhlbarg, Richard Jenkins
  • Amerika Serikat
  • Special Presentation (Canadian Premiere)

Minggir, Aquaman! Kami ingin menyaksikan sosok yang lebih absurd tapi tidak kalah menarik dibanding kamu. Dia adalah Merman dari The Shape of Water, otherworldly fairytale terbaru karya Guillermo Del Toro. Berlatar tahun 1963, seorang janitor bisu bernama Elisa menemukan sebuah rahasia di tempat kerjanya, yang ternyata merupakan labroratorium eksperimen rahasia. Apa yang disukai tentang film yang karakter utamanya tidak sempurna secara fisik adalah nilai yang terkandung di dalamnya. Benar saja, apa yang terjadi pada Elisa, dan relasinya pada makhluk ini sepertinya membawa sebuah pesan yang kuat dan mungkin saja mengharukan. Experience a connection beyond words.

square

THE SQUARE

  • Director: Ruben Ostlund
  • Starring: Claes Bang, Elisabeth Moss, Dominic West, Terry Notary
  • Swedia
  • Special Presentation (North American Premiere)

Terakhir, ada film pemenang Cannes tahun ini. The Square tidak disangka-sangka bisa menang karena banyak film lain dari sutradara kondang yang juga ikut berkompetisi saat itu. Film ini adalah satir yang mengeksplorasi kesenian, politik, perdagangan dan identitas bangsa. Ceritanya berfokus pada Christian, seorang kurator sukses di sebuah museum. Ia hidup di tengah-tengah komunitas seni dan menanggapi pekerjaannya dengan serius sampai beberapa hari sebelum pameran dibuka, museumnya dirampok. Well, hal lain yang pastinya akan ditunggu-tunggu adalah adegan kemunculan monyet secara tiba-tiba di lokasi syuting.

Toronto International Film Festival berlangsung mulai tanggal 7-17 September 2017.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s