Tak Berkategori

WHAT WE SAY – DUNKIRK

dun 2

Director: Christopher Nolan

Starring: Fionn Whitehead, Harry Styles, Mark Rylance, Tom Hardy, Cillian Murphy, Kenneth Branagh, James d’Arcy, Aneurin Barnard, Barry Keoghan, Jack Lowden

Score: 9.5/10

Hands down. In Nolan We Rush.

Apa yang sering terjadi di sebuah film perang coba dihilangkan. Mulai dari gambar yang berdarah-darah, bagian tubuh yang lepas atau yang isinya terburai ke luar, sampai dialog antara prajurit yang bertele-tele. Sutradara sekelas Christopher Nolan tidak butuh itu. Justru dengan rating-nya yang PG-13, Dunkirk berhasil menonjolkan psychological impact dari betapa ngeri-nya situasi perang secara nyata, tanpa basa-basi. Saya ingatkan, ini adalah film yang menceritakan sebuah evakuasi berbahaya yang terjadi pada Perang Dunia 2. Pasukan sekutu sudah terdesak dan pesawat Messerschmitt 109 semakin dekat. Jadi, apakah perlu untuk menunjukkan ketiga hal tadi? No need. Yang diperlukan adalah penggambaran bagaimana keadaan yang terjadi di TKP secara komprehensif. It’s just about the event, and they show it 100%.

dunkirk-1

Bagi Nolan, Dunkirk adalah kisah yang harus kembali diceritakan. Bagaimana mungkin 400 ribu tentara bisa selamat, padahal sudah dikepung musuh. Untuk itu, Dia ingin mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik agar ini bisa disaksikan dalam sinema modern. Nolan tetap mempertahankan reputasinya sebagai sutradara yang kekeuh menggunakan practical effects sebisa dan sebanyak mungkin. Production shot dilaksanakan langsung di Dunkirk. Mereka juga memanfaatkan cut-out props dari kendaraan militer untuk mengisi latar belakang, memperbaiki the Maille-Breze – kapal milik AL Perancis, menghancurkan pesawat ke air, dan semua itu dilakukan di depan kamera IMAX.

dun 6

Kepada majalah EMPIRE, Nolan bilang kalau Dia ingin menggunakan large-format camera untuk membenamkan audiens ke dalam film. Benar saja, Dunkirk sukses mentransfer penontonnya dan semua terasa seperti virtual reality tanpa goggles! Director Of Photography Hoyte van Hoytema meg-handle kamera IMAX di sepanjang perang. Ini membuat kita seperti ditempatkan di sepatu para tentara yang terancam nyawanya, lalu di kokpit pilot Spitfire dan dek kapal kecil yang berusaha menyelamatkan mereka semua. Saya sangat menyarankan untuk menonton film ini di IMAX karena dengan layarnya yang super besar dan kualitas suaranya yang sangat memadai, IMAX bisa membuatmu seperti berada di sana. Suara desingan, ledakan dan deru mesin pesawat terdengar begitu dekat. Ini ditambah dengan colossal score dari Hans Zimmer yang semakin menambah kesan gelap dan menegangkan. Bayangkan, Zimmer sampai mengambil suara detak jam dari pocket watch Nolan untuk ditempatkan di dalam film! Totalitas. Mereka bertiga (Christopher Nolan – Hoyte van Hoytema- Hans Zimmer) memang trisula maut perfilman.

tom

Empat jempol diberikan khusus bagi pertempuran udaranya (dogfights)! Nolan menaruh kamera IMAX di sayap Spitfire dan itu membuat kita terbang bersama Tom Hardy dan Jack Lowden. Manuver-manuver yang dilakukan kedua pilot bisa bikin kepala ikut bergerak sendiri ke kiri dan ke kanan karena gambar seringkali ditampilkan langsung dari depan. You just can’t control it. Di tengah aerial battle film-film masa kini yang biasanya terlihat sangat digital, Dunkirk mencoba untuk tetap realistis. Pesawat yang tertembak tidak meledak langsung di udara melainkan berasap dulu, lalu jatuh pelan-pelan sebelum nyemplung ke laut. Sekali tembak juga belum tentu pesawat musuh langsung kena. Ada meleset-melesetnya juga. Pertempuran jadi makin spesial karena menggunakan pesawat asli, dengan tembakan yang asli, dan dilangsungkan di selat Inggris. How magnificent it is!

mark fix

Dunkirk terbilang irit dialog. Hal ini cukup berbeda dengan film perang lain yang tidak hanya ngobrol, tentaranya juga sampai “curcol” dan bercanda. Apakah keputusan ini tepat? Ya! Coba pikir sendiri deh, di dalam situasi yang tidak menentu seperti itu, apakah ada waktu bagi para prajurit untuk banyak bicara dan berkenalan satu sama lain? Sepertinya tidak. Mereka dalam ketakutan, dan berjuang untuk bisa pulang. Siapapun dia, dari mana asalnya dan apapun motifnya, mereka hanya mau kembali. Kalaupun ada sesuatu yang muncul itu adalah prasangka. Perasaan curiga karena bisa saja orang yang berada di samping mereka adalah mata-mata Jerman yang sedang menyamar. Nilai moral film disampaikan dari warga sipil yang berusaha untuk masuk menggunakan kapal kecil. Mark Rylance sebagai Mr. Dawson memberikan emosi di film ini. Dia berani untuk menjawab panggilan Negara lebih dulu. Apa yang dilakukan sangat berarti dari sekedar perkataan.

dunkirk-2

One week, one day, one hour. Itu semacam petunjuk yang wajib diingat agar Kamu bisa mengaitkan cerita film dengan seksama. Bagi Nolan, waktu adalah hal penting, dan Dunkirk memanfaatkannya untuk menceritakan kejadian yang diambil dari tiga sudut pandang berbeda. Pertama adalah dari para prajurit yang ada di tanggul, kemudian pelaut sipil yang berangkat dari Inggris. Terkahir, dari para pilot Spitfire. Nolan menjahit ketiganya dengan rapih dan efektif sehingga nantinya ketiga hal tersebut bisa saling bertemu pada waktu yang tepat. Gaya penceritaan ini sangat menarik, dan bagusnya tidak sesulit Interstellar, atau Inception. Tapi tetap saja, kalau bengong sedikit bisa berakibat fatal.

dun 5

A huge, emotional, scarily real spectacle. Dunkirk sangat fokus pada tujuan utamanya, dan itu tidak pernah meleset. Teror tanpa henti yang bisa dirasakan sampai ke kursi. This film is not telling story in words, but from the character’s experience. You have to see it in IMAX, or the biggest screen in your city.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s