Tak Berkategori

WHAT WE SAY – OKJA

okja 1

Director: Bong Joon Ho

Starring: Seo Hyun Ahn, Tilda Swinton, Jake Gyllenhaal, Giancarlo Esposito, Paul Dano, Lily Collins, Shirley Henderson, Steven Yeun, Daniel Henshall, Devon Bostick

Score: 8.5/10

Salah satu film yang ditunggu-tunggu perilisannya musim panas ini. Selain dibintangi banyak aktor Hollywood ternama dan punya sesosok hewan menggemaskan, Okja juga menjadi salah satu sorotan di Festival Film Cannes 2017.

Disutradarai Bong Joon Ho, Okja adalah “Netflix original film” yang terpilih untuk bersaing di kategori “Competition”. Keberhasilan ini langsung ditanggapi dingin oleh banyak orang, termasuk ketua dewan juri Cannes 2017, Pedro Almodovar. Dia bersumpah untuk tidak akan memberi satu penghragaan pun karena buat dia film Netflix tidak pantas disebut sebagai sebuah film. Kontroversi semakin menggila setelah terjadi kesalahan teknis saat pemutaran perdananya. Menurut beberapa sumber, rasio yang ditampilkan tidak sesuai sehingga gambar menjadi terpotong. Untung hal ini bisa segera diatasi, namun apa daya, nasi sudah menjadi bubur. Cemo’ohan sudah terlanjur berdatangan, terutama dari mereka yang kontra dengan keberadaan Okja.

"Okja" Photocall - The 70th Annual Cannes Film Festival

Sutradara dan cast film “Okja” di Festival Film Cannes 2017

Terlepas dari segala anggapan negatif tentang statusnya sebagai “film Netflix” (kita gak mau ambil pusing soal itu), Okja sebetulnya mengandung pesan moral yang penting. Ini merupakan ciri khas dari Bong Joon Ho, yang sebelumnya menyutradarai Snowpiercer. Di film tersebut, dia menggambarkan efek kapitalisme yang dikaitkan pada lingkungan dan menimbulkan perang antar kelas. Lewat Okja, dia kembali mengangkat kebobrokan yang sama, namun lewat makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Hal ini coba ditampilkan lewat relasi antara manusia dan hewan. Cara yang sangat jitu, di mana tidak sedikit dari kita yang memiliki hewan peliharaan, atau hewan ternak di rumah. Selain itu, isu kekerasan terhadap hewan juga menjadi perhatian sejak lama. Apakah daging yang dikemas di pasaran diambil dengan cara yang baik? Apakah hewan-hewannya diperlakukan dengan layak? Well, sepertinya dua pertanyaan tadi bakal diabaikan begitu saja karena semua kembali pada “UUD – Ujung Ujung Duit”. Huft!

okja 3

Kepada Vice, Bong Joon Ho bilang kalau salah satu inspirasi untuk film ini berasal dari sebuah Animal TV Show yang tayang setiap hari Minggu di Korea. Dia sangat menggemari acara tersebut karena menunjukkan kedekatan personal antara manusia dan hewan. Berangkat dari sini, penonton juga akan melihat dan merasakan kedekatan yang terjalin antara dua karakter utama film yaitu Mija (Seo Hyun Ahn), dan Okja. Okja sendiri adalah seekor babi raksasa, yang ceritanya diasuh oleh Mija selama sepuluh tahun. Mereka hidup bersama-sama. Mija sayang Okja, begitu juga sebaliknya, sampai utusan dari Mirando Corporation datang untuk membawa Okja ke New York. Mija yang kaget dan gak terima langsung menyusul Okja. Tujuannya jelas: membawanya kembali pulang dengan cara apapun.

okja 4

Walaupun temanya besar dan luas, Okja adalah kisah yang dikemas secara personal. Dari awal hingga akhir, film ini fokus menampilkan hubungan spesial antara dua makhluk hidup. Segala permasalahan dan peran dari para karakter pembantu juga dibuat untuk menolong, menghancurkan, atau memanfaatkan hubungan spesial tersebut. Konsistensi ini membuat Okja tidak hanya manis, namun juga realistis. Mereka tidak memaksa penontonnya untuk ramai-ramai menjadi vegan setelah keluar dari bioskop. Makanan favorit Mija pun adalah ayam rebus! Intinya bagaimana cara manusia memproduksi makanan mereka. Nah sayangnya, kapitalisme membuat sebuah sistem di mana hewan diperlakukan secara keji. Metodenya brutal dalam skala yang besar. Tidak ada satu orang pun yang bisa menjamin keamanan dari proses ini. Jadi, cara terbaik memang diawali dari perubahan kecil yang mulai dilakukan oleh diri sendiri.

okja 6

Ide lain yang patut diacungi jempol adalah bagaimana Mirando membentuk nama baik dan membangun citra positif di masyarakat. Tidak banyak yang bisa ditulis karena berpotensi spoiler. Hanya saja, Tilda Swinton dan Jake Gyllenhaal berhasil menjadi penggerak Mirando dan membuat poin ini bisa dimengerti dengan baik. Tilda sebagai Lucy Mirando adalah bos besar di sini. Sebagai pemimpin perusahaan, Lucy sangat terobsesi akan proyek “Babi Raksasa”-nya. Betapa ambisiusnya Lucy bisa terlihat jelas dan sukses memancing perhatian karena ditampilkan mulai dari menit pertama. Untuk Jake, karakternya lebih aneh dan konyol. Satu-satunya yang oke dari Johnny Wilcox adalah kejujurannya sebagai orang yang kerap tampil di depan kamera. Selain itu, mungkin kamu bakal ilfeel sama tingkah laku, dan terutama, gaya berpakaiannya.

okja 5

Terakhir, tidak disarankan bagi anak-anak untuk menonton Okja tanpa pengawalan orang tua. Film tentang petualangan epik seorang gadis bersama seekor hewan tentu akan membuat mereka tertarik. Tapi seiring berjalannya waktu, semua akan semakin sulit untuk di-handle karena lebih berkutat pada masalah yang rumit dan berat. Selain itu, terdapat banyak kata-kata kasar, lelucon yang tidak pantas didengar dan menggunakan referensi film yang kurang dikenal. Meskipun begitu, makna universal tetap bisa ditarik dari sini. Persahabatan antara Mija dan Okja adalah bukti kalau sikap saling menghargai, mempercayai dan tanggung jawab antara manusia dengan hewan sama pentingnya dengan antara sesama manusia.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s