Tak Berkategori

HYPE – Best Movies of The Year (So Far)

best

Tengah tahun, plus libur Lebaran. Momen yang tepat untuk mengulas “10 Film Terbaik Versi CINEMANIA ID Hingga Saat Ini”.

Daftarnya kami buat dengan beberapa ketentuan. Pertama, hanya memasukkan film-film yang diputar secara reguler tahun ini di bioskop komersil Jakarta (XXI, CGV, Cinemaxx, Platinum Cineplex dan Flix Cinema). Kedua, tidak mengikutsertakan film-film “Oscar nominees” yang aslinya rilis tahun 2016 di Amerika Serikat.

Walaupun bersifat subjektif, ternyata hasilnya tetap beragam. Empat film non-Hollywood masuk ke dalam list, dua diantaranya adalah film Indonesia. Tidak hanya itu, setiap film juga memiliki kekuatan dari ciri khas masing-masing yang unik dan terlihat menonjol.

By seeing this, 2017 is shaping up to be another incredible year for movies.

get out

GET OUT

  • Score: 9.6/10
  • Rilis: April 2017

Saat Hollywood memberikan black voices kesempatan dan ruang untuk bersuara, mereka akan memberikan cerita yang bagus sama seperti yang lainnya. Disutradarai dan ditulis oleh Jordan Peele, Get Out menggunakan cara yang gak biasa untuk mengekspos isu rasisme kontemporer. Kamu bakal diteror oleh orang-orang liberal “passive-agressive” yang terlihat ramah, padahal sebenarnya menyimpan rahasia. Toleransi diperlihatkan seperti pintu gerbang menuju negosiasi dan konsekuensi.

logan

LOGAN

  • Score: 9.5/10
  • Rilis: Maret 2017

Contains brutal killing scenes that Wolverine fans have been waiting for so long make this movie so authentic and special. Ditambah relasi yang kuat di antara tiga karakter utama, Logan juga merupakan drama keluarga yang manis dan nyata. Last but not least, goodbye Wolverine! Walaupun kita gak bisa melihatmu beraksi full-costum layaknya di komik, kau tetap salah satu pahlawan super TERKEREN yang pernah ada di dunia.

itcotw poster

IN THIS CORNER OF THE WORLD

  • Score: 9.3/10
  • Rilis: Juni 2017

Berlatar Jepang di tahun 1933-1945, film ini memperlihatkan kengerian perang dunia kedua dari sudut pandang seorang seniman. Jarang pula kita bisa melihat penderitaan yang dialami oleh masyarakat sipil dari negara sekutu di sinema. Pengampunan dan kemurahan hati adalah hal yang membuat orang biasa dapat bangkit dari keterpurukan. Kekuatan cinta juga membuat ujung dunia ini kembali nyaman dengan cara yang menakjubkan.

z poster

ZIARAH

  • Score: 9.2/10
  • Rilis: Mei 2017

Film sederhana tentang cinta yang tidak biasa. Tentang kenangan yang hilang arah dalam sejarah. Sungguh menyenangkan untuk bisa melihat bagaimana ide yang tak terduga seperti ini bisa diolah menjadi sesuatu yang luar biasa. Tanpa satupun bintang besar, tanpa syuting di luar negeri, Ziarah tetap bersinar. Mereka meraih banyak prestasi, dan menampilkan Wonder Woman sesungguhnya. Sebuah karya yang mempesona, sarat makna, dan memberi efek hipnosis skala raksasa.

jw-1

JOHN WICK CH. 2

  • Score: 9.2/10
  • Rilis: Februari 2017

Film ini merupakan mimpi basah bagi penggila film laga. Sutradara Chad Stahelski tahu betul bagaimana caranya membuat adegan pertarungan yang real dan menghibur. Tidak ada aksi-aksi lebay dan “fast editing” murahan. Semua menggunakan wide shots berkelanjutan sehingga penonton bisa puas melihat Keanu Reeves menghajar lawan-lawannya tanpa belas kasihan. Just real action with no bullshit!

solo solitude

ISTIRAHATLAH KATA-KATA

  • Score: 9/10
  • Rilis: Januari 2017

Solo, Solitude menyelamatkan awal 2017 yang dipenuhi oleh beberapa film besar yang nyaring berbunyi, namun tanpa isi. Bercerita tentang masa pelarian Wiji Thukul, film ini menjadi pengingat kalau demokrasi yang kita hirup sekarang ini mahal harganya. Mas Wiji hidup diliputi rasa takut dan rindu akan keluarga. Namun, itu bukan penghalang baginya untuk terus berjuang lewat puisi-puisinya. Temui Mas Wiji, yang gabakal pernah mati.

ww poster

WONDER WOMAN

  • Score: 9/10
  • Rilis: Mei 2017

Another game changer in world’s cinema. Sutradara Patty Jenkins dan DC Studios sadar kalau gagalnya film-film superhero wanita sebelumnya terjadi karena cerita yang tidak masuk akal, dan memperlihatkan wanita sebagai objek seksual. Dari sana mereka berbenah dan membuat Wonder Woman melampaui ekspektasi banyak orang. Perbedaannya bukan pada gender, tapi nilai-nilai yang diartikulasikan secara jelas.

1$_LEGO BATMAN_Final

THE LEGO BATMAN MOVIE

  • Score: 9/10
  • Rilis: Februari 2017

“Batman works alone. That’s my motto. Copyright Batman”. Berbekal kutipan ini dan kebebasan berkreasi, sutradara Chris McKay sukses menyampaikan sisi lain dari Batman dengan cara yang fun dan penuh energi. Fans mencintai film ini karena banyaknya karakter yang muncul dan referensi dari film-film sebelumnya. LEGO Batman juga punya sisi drama yang menyentuh, dan menampilkan salah satu relasi terbaik antara Batman dan The Joker.

silent

A SILENT VOICE

  • Score: 8.5/10
  • Rilis: Mei 2017

Melodrama remaja yang rumit, namun indah di saat yang sama. Tentang bagaimana caranya agar kita bisa didengar dan diterima, walaupun berbeda dengan yang lainnya. Sutradara Naoko Yamada berhasil menggabungkan ekspansi cerita, teknik animasi bernuansa khas warna-warna pastel, dan musik yang menyentuh jiwa. Semua unsur tersebut membuat A Silent Voice berhasil menyampaikan “suaranya” lebih dalam dan membekas lebih lama.

split

SPLIT

  • Score: 8/10
  • Rilis: Februari 2017

Sutradara M. Night Shyamalan mendapat protes keras karena dianggap menampilkan penderita D.I.D (Dissacoiative Identity Disorder) secara tidak layak. Meskipun begitu, Split tetap menjadi teror mengerikan, apalagi lewat akting James McAvoy yang memerankan 24 kepribadian. Anyway, apa yang mereka tunjukkan di akhir sungguh tak terduga. Patut ditunggu kejutan apalagi yang akan ditampilkan di film Glass yang rilis tahun 2019 nanti.

Okay, that’s a wrap! Itu dia “10 Film Terbaik Sejauh Ini” versi CINEMANIA ID. Tentu daftar ini masih bisa berubah hingga kami mengumumkan “10 Film Terbaik” di akhir tahun nanti. So, apakah kamu sependapat dengan list ini? What are your favorite movies so far? Well, apapun filmnya, tetap nonton yang legal ya. Happy holiday and Eid Mubarak for our Moslem friends.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s