Tak Berkategori

WHAT WE SAY – TRANSFORMERS: THE LAST KNIGHT

tf poster

Director: Michael Bay

Starring: Mark Wahlberg, Laura Haddock, Josh Duhamel, Anthony Hopkins, Santiago Cabrera, Isabela Moner, Jerrod Carmichael

Score: 6.8/10

“Mereka semua bullshit“. Ya… kira-kira begitulah kata-kata yang dilontarkan oleh sutradara Michael Bay ketika ditanya mengenai film-film lain yang menggunakan format IMAX 3D selain Transformers: The Last Knight. For his final Transformers movie, Bay is going out with the mother of all bangs! 98 Persen film ini diambil menggunakan kamera khusus. “Dengar, kami adalah satu-satunya film di dunia yang syuting menggunakan kamera IMAX 3D”, ujarnya. “Ini sulit dan sangat mahal. Untuk pertama kalinya kamera IMAX 265 dioperasikan dalam 3D. Saya ingin semua orang menonton The Last Knight dalam 3D, khususya IMAX 3D!”. Jadi, sudah jelas kan seberapa besar ambisi doi untuk film ini?

tf 7

Tapi selain ngomongin teknis, kita juga harus mengetahui cerita yang ada di sini. FYI, Michael Bay adalah orang yang menyukai sejarah. Maka dari itu, dia menuangkan hal tersebut di film-film Transformers. Di The Last Knight, Michael menonjolkan sejarah Inggris dengan kombinasi legenda Transformers-Arthurian. Kembali ke masa kegelapan, “Si Penyihir” Merlin menyelamatkan perang yang sedang berlangsung. Merlin berhasil membujuk salah satu dari 12 ksatria Cybertron yang berada di Bumi sehingga mereka memberikan sebuah tongkat sakti. Tidak hanya dirancang khusus, tongkat ini juga membuat Merlin memiliki kekuatan untuk mengendalikan seekor Naga. Perang kemudian berhasil dimenangkan oleh Raja Arthur, dan tongkat ini disimpan oleh Merlin hingga wafat. Beribu ratus tahun kemudian, Optimus Prime kembali ke Planet Cybertron. Di sana dia bertemu dengan Quintesa. Karakter ini kemudian berhasil mempengaruhi Optimus sehingga dia bersedia untuk membantu Quintesa guna mengambil tongkat Merlin, dan menghancurkan Bumi.

TRANSFORMERS: THE LAST KNIGHT

Selain menjadi film dengan runtime tersingkat sejak Transformers pertama, The Last Knight juga lebih baik dari Age of Extinction. Banyak pertarungan dahsyat yang terjadi, dan mereka melakukannya di tiga tempat berbeda: darat, udara, dan bawah laut. Terasa menyenangkan untuk melihat semuanya beraksi dalam format IMAX 3D, apalagi dibarengi oleh kehadiran pesawat dan senjata militer Amerika terkini. Duet Mark Wahlberg – Laura Haddock pun menjalankan tugasnya dengan baik. Especially for Mark, despite this could be his last TF movie, he still being the star who carries the film from start until finish. Cade Yeager harus berubah dari seorang penyelamat Transformers, menjadi penyelamat dunia. Satu adegan yang cukup berkesan menguatkan status tersebut. Bahwa Cade adalah “The Real Chosen One”.

tf 6

Sadly, it’s not enough. Banyak kejanggalan terlihat jelas, dan sangat bertolak belakang. It seems like they create a fake doom. Dari awal Bumi sedang mengalami masalah serius. Mereka diserbu oleh para robot yang terus berdatangan, lalu satelit menangkap gambar Planet Cybertron yang sedang menuju ke sana pula. Seharusnya, situasi chaos langsung melanda. Namun ternyata tidak begitu adanya. Kekacauan ini seakan-akan hanya terjadi di beberapa tempat saja karena penonton tidak melihat kepanikan penduduk dunia. Bayangin, di saat yang satu sibuk menjatuhkan robot, yang lain asyik bermain polo! How awkward is that? Tidak ada satu pun cerita yang menjelaskan tentang bagaimana para pemimpin dunia dan pihak mliliter menangani masyarakat sipil. Mereka hanya fokus kepada satu titik. Sikap ini menghilangkan sisi kemanusiaan padahal menurut cerita, Planet Cybertron akan menghancurkan Bumi dalam waktu kurang lebih dua jam. Hal seperti ini nih yang bikin rusak. The Last Knight kembali ke habitat film-film Transformers terdahulu yang terlihat ‘wah banget’ dari segi ledakan dan set piece, tapi aneh dari segi cerita.

tf 5

Selain itu, Transformers dikenal sebagai film yang punya banyak karakter pembantu tidak penting. Well, The Last Knight shows them again. Tercatat ada dua karakter mengganggu di sini, yang mana tidak memiliki andil besar terhadap perjuangan Cade dan Vivianne (Haddock). Pertama adalah karakter tak bernama asal NASA, yang pintar tapi menyebalkan. Satu yang jelas dari orang ini, dia sangat percaya bahwa masalah bisa diselesaikan dengan cara yang lebih masuk akal. Oke itu bagus, namun bagaimana caranya dia meyakinkan orang lewat dialognya yang terkesan maksa, pria ini jutru membuat semuanya makin runyam dan berat. Kedua adalah, sorry to say, Izabella (Moner). Gadis berusia 14 tahun yang sebetulnya mengawali kemunculannya dengan sangat baik. She is a total brave kid. Keikutsertaannya di pertempuran terakhir juga diharapkan. Sayangnya, setelah dia sampai di sana, dia tidak berbuat apa-apa. Izabella bahkan menyuruh robotnya untuk melakukan tugas yang berat. Keberaniannya seolah hilang dan dia menjadi anak pada umumnya yang tidak bisa berbuat apa-apa kecuali berlindung di balik orang dewasa.

tf

Tapi apa mau dikata, sekurang-kurangnya film Transformers, tetap saja banyak yang nonton. Orang-orang masih belum bosan melihat pertarungan robot skala raksasa dan bagaimana mereka berubah wujud. Michael Bay jelas memahami poin ini, jadi dia membuat The Last Knight sebagai suguhan yang besar nan menggelegar. Harapannya, semoga ini beneran menjadi film terakhir buat dia. Dua film yang sudah di-outline memunculkan optimisme kecil kalau mereka mau belajar agar kisah ini bisa lebih berkembang. Kalau tidak, rasanya lebih baik menunggu solo movie dari Bumblebee yang rencananya rilis tahun 2019 nanti.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s