Tak Berkategori

SUPERFEED – 2017, Awal yang Baik untuk Film-film Superhero Marvel dan DC

Kabar baik untuk kita semua! Walaupun masih pertengahan tahun, film-film superhero Marvel dan DC yang sudah rilis ternyata JAUH dari kata mengecewakan. Mulai dari The LEGO Batman Movie, Logan, Guardians of The Galaxy Vol. 2 dan Wonder Woman, semua mencatat prestasi yang luar biasa. Tidak hanya disukai kritikus dan mendapatkan skor bagus, film-film ini juga sukses secara komersil dengan menguasai Box Office dunia.

Berikut kami sajikan data dari keempat film tersebut yang meliputi skor review dari Cinemania ID, IMDb dan Rotten Tomatoes. Gak ketinggalan penghasilan Box Office-nya yang kami ambil dari situs Box Office Mojo. Kami juga menulis sedikit catatan mengenai ciri khas dari setiap film yang menjadi kunci kesuksesan masing-masing.

1$_LEGO BATMAN_Final

THE LEGO BATMAN MOVIE

Rilis: 10 Februari (AS)

MPAA Rating: PG

Budget: 80 Juta USD

Skor

  • Cinemania ID: 9/10
  • IMDb: 7.5/10
  • Rotten Tomatoes: 90% FRESH

Box Office

  • Domestik (AS): $175.730.880
  • Luar Negeri: $135.100.000

Secara tak terduga, The LEGO Batman Movie menjadi film yang sangat menghibur di awal tahun ini. Bahkan, banyak orang beranggapan kalau LEGO Batman adalah pelipur lara bagi mereka yang kecewa akan Batman v Superman: Dawn of Justice di tahun sebelumnya.

Kebebasan berkreasi menjadi poin penting film ini. Sutradara Chris McKay dengan cerdas menggabungkan source material yang ada, kemudian mencampurkannya dengan imajinasi liar. Sebagai film komedi, LEGO Batman tetap setia karena penonton masih bisa menikmati cerita asli dari Batman, lengkap dengan sifatnya yang tidak mempercayai orang lain. Premis ini lalu digabung dengan munculnya banyak karakter dari universe lain, yang membuat film semakin berwarna. Sentuhan akhir, tambahkan keajaiban bongkar pasang khas mainan LEGO agar mata kita semakin terpana. Hati-hati dompet menipis karena Kamu ingin membeli mainannya segera!

logan

LOGAN

Rilis: 3 Maret (AS)

MPAA Rating: R

Budget: 97 juta USD

Skor

  • Cinemania ID: 9.5/10
  • IMDb: 8.3/10
  • Rotten Tomatoes: 93% FRESH

Box Office

  • Domestik (AS): $226.203.657
  • Luar Negeri: $385.319.812

Sebagai film terakhir Hugh Jackman sebagai Wolverine, Logan membuat semua orang harap-harap cemas. Perpisahan ini sangat diantisipasi karena Hugh sudah memerankan karakter Wolverine selama 17 tahun. Sebagai pengorbanan terakhir, Hugh rela dibayar lebih rendah agar Fox setuju untuk menjadikan film ini R rated. Hasilnya? Gokil! Tidak hanya menjadi film Wolverine sesungguhnya, Logan juga merupakan kado perpisahan yang mengharukan.

Sama halnya dengan Deadpool (2016), Logan mengandung adegan-adegan kekerasan yang ditampilkan secara jelas. Sutradara James Mangold bilang kalau dia tidak akan menggambarkan orang yang tertimpa sesuatu, tapi tidak ada perubahan terhadap dirinya. Sisi brutal yang benar-benar keluar membuat Logan berhasil tampil seperti apa yang diinginkan banyak orang sejak lama. Anyway, Dafne Keen sukses memberikan layer baru yang signifikan, di mana film juga bercerita tentang relationship dan emotional bond antara dua karakter utama. So real, and touching.

gotg poster 2

GUARDIANS OF THE GALAXY VOL. 2

Rilis: 5 Mei (AS)

Rating: PG-13

Budget: 200 juta USD

Skor

  • Cinemania ID: 9/10
  • IMDb: 8.1/10
  • Rotten Tomatoes: 81% FRESH

Box Office

  • Domestik (AS): $359.113.645
  • Luar Negeri: $461.914.318

Geng Bedebah Luar Angkasa kembali mengacau di film kedua! Masih dengan keasyikan yang sama, Guardians of The Galaxy Vol. 2 mengajak penonton untuk berjumpa dengan banyaknya cosmic entity yang ada di Marvel Universe.

Selain kembali menampilkan sebuah kesatuan unit yang khas, GOTG Vol. 2 juga menjelaskan masa lalu karakter yang masih belum selesai di film sebelumnya. Tidak tanggung-tanggung, sutradara James Gunn menyediakan “sesi curhat” untuk setiap anggota Geng Bedebah Luar Angkasa. Film ini juga menyajikan hubungan ayah-anak terkeren yang pernah kami lihat di sebuah film superhero. Jadi, sangat pantas kalau Yondu diberikan penghargaan sebagai “Father of The Year”, walaupun hanya lewat meme. 🙂

ww poster

WONDER WOMAN

Rilis: 2 Juni (AS)

Rating: PG-13

Budget: 149 juta USD

Skor

  • Cinemania ID: 9/10
  • IMDb: 8.2/10
  • Rotten Tomatoes: 93% FRESH

Box Office

  • Domestik (AS): $138.676.720
  • Luar Negeri: $125.000.000

Pasti masih segar di ingatan kita bagaimana film ini bisa mengguncang dunia. Wonder Woman mencetak rekor sebagai film tersukses yang disutradarai oleh seorang wanita. Mengutip pernyataan aktris Michelle Rodriguez, kesuksesan Wonder Woman secara tidak langsung adalah bentuk vote dari masyarakat Amerika kalau mereka menginginkan lebih banyak film yang mempresentasikan perempuan secara nyata.

Sayang sekali sutradara Patty Jenkins belum memutuskan untuk menyutradarai film berikutnya. Padahal, apa yang ia lakukan sudah tepat, yaitu membuat karakter Diana menjadi seseorang yang memiliki rasa simpati, emosi dan kemanusiaan yang tinggi. Ketiga hal ini kemudian digabung sehingga menjadi sebuah kekuatan yang besar. Perbedaan film Wonder Woman jelas bukan pada gender, melainkan pada nilai serta ide-idenya yang berhasil diartikulasikan dengan jelas.

Catatan impresif di atas tentu memberikan harapan bagi masa depan film-film superhero. Bukan tidak mungkin, sub-genre ini semakin harum namanya setelah Spider-Man, Thor: Ragnarok dan Justice League dirilis. Kepada majalah EMPIRE, pihak Sony Pictures bilang kalau mereka tidak ingin membuat film pertama Spider-Man, tapi film pertama Tony Parker. Well, berdo’a saja ini adalah pertanda baik karena selain ditampilkan secara manusiawi, Spidey akan bergulat dengan banyak problematika remaja, dan kemungkinan tidak hanya masalah cinta. Belum lagi, dirinya juga dipandang sebelah mata oleh mentornya (Tony Stark) karena dianggap masih terlalu muda untuk menjadi seorang pahlawan. Bagaimana Peter membuktikan diri, sekaligus menyeimbangkan kehidupan pribadi adalah sesuatu yang patut ditunggu dari film ini.

Melihat ke rumput tetangga yang sepertinya masih lebih hijau, Marvel Studios sudah siap dengan Thor: Ragnarok. Disutradarai oleh Taika Waititi, Ragnarok sepertinya bakal terlihat lebih ceria dari yang sebelumnya. Langkah yang cukup berani karena bisa membuat film ini mirip dengan Guardians of The Galaxy. Namun, ada satu hal yang membuat Ragnarok cukup layak untuk dinanti. Dengan penampilan yang lebih segar, Thor diceritakan kehilangan Mjolnir. Di dalam trailer-nya, palu tersebut hancur oleh penjahat bernama Hela (Cate Blanchett). Bagaimana cara Thor untuk survive tanpa Mjolnir memunculkan kualitas dia sesungguhnya. Mjolnir adalah salah satu sumber kekuatan utama Thor. Tanpa kehadirannya, apakah kita akan melihat Thor berada di titik terlemah?

Dibanding dua film sebelumnya, “anticitaption level” untuk Justice League adalah yang terendah. Ini tidak lepas dari anggapan bahwa JL adalah film yang sebenarnya belum diperlukan. Warner Bros. dan DC sepertinya sudah tidak sabar untuk mengejar ketertinggalan. Makanya, film ini dibuat padahal masih ada beberapa karakter penting yang belum tampil dalam film solo-nya. Meskipun begitu, sulit untuk mengabaikan film yang berisi sekumpulan superhero. Apalagi, penonton bisa kembali menyaksikan Gal Gadot beraksi. Cihuy!

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s