Tak Berkategori

WHAT WE SAY – DETECTIVE CONAN: THE CRIMSON LOVE LETTER

Director: Kobun Shizuno

Starring: Minami Takayama, Wakana Yamazaki, Rikiya Koyama, Ryo Horikawa, Yuko Miyamura, Megumi Hayashibara, Masako Katsuki, Masaki Terasoma, Daisuke Ono, Daisuke Miyagawa, Riho Yoshioka.

Score: 7/10

Setelah mengangkat tema “Organisasi Jubah Hitam” tahun lalu, manga karya Aoyama Gosho yang telah mencapai film ke-21 nya ini membawakan kisah asmara antara Heiji Hattori dan Kazuha Toyama. Masih disutradarai Kobun Shizuno yang sukses membangun nuansa aksi dalam Detective Conan: The Darkest Nightmare, sekarang ia mencoba sesuatu yang sempat tertinggal di film sebelumnya yakni nuansa misteri sebuah kasus lengkap dengan analisisnya.

conan 4

Film dibuka dengan kasus bom di Nichiuri TV yang menargetkan acara Satsuki Cup. Turnamen ini merupakan perebutan mahkota untuk permainan Hyakunin Isshu (sebuah permainan kartu yang berisi puisi klasik Jepang, sebutan lainnya adalah Karuta). Sempat terjebak dalam ledakan tersebut, Kazuha (Miyamura) harus menggantikan temannya yang cedera karena ledakan. Dia harus bermain di kompetisi Satsuki Cup sekaligus mendukung program “Organisasi Karuta” di sekolahnya.

Kazuha kemudian harus berseteru dengan wanita cantik yang mengaku tunangan Heiji (Horikawa) bernama Momiji Ooka. Momiji juga dijuluki sebagai “Ratu Karuta” dalam beberapa tahun terakhir. Momiji menantang Kazuha untuk mengalahkannya sekaligus memperebutkan Heiji. Siapapun yang menang, boleh mengungkapkan rasa cintanya pada Heiji lebih dulu.

conan 2

Sementara itu, Juara Satsuki Cup sebelumnya terbunuh. Pelaku menggunakan Kartu Karuta sebagai petunjuk bahwa kasus tersebut berhubungan dengan Perusahaan Satsuki beserta seluruh pemain yang ada di dalamnya, termasuk Momiji dan Koji Sekine (Miyagawa). Nama terakhir digadang sebagai pelaku, ataupun target berikutnya. Di lain tempat, Satsuki Cup tidak bisa ditunda lagi. Kazuha kini berlatih dengan mantan ratu Karuta, Shizuka Hattori (Katsuki) yang tak lain adalah ibu dari Heiji.

Conan (Takayama) dan Heiji, bersama dengan kepolisian Kyoto dan Osaka, memulai penyelidikan mereka terhadap kasus Satsuki Cup. Dalam setiap petunjuk yang ditemukan, mereka semakin dekat dengan hubungan rahasia kasus tersebut dalam permainan Karuta.

c_img_126295_2-1024x539

Berbeda dengan beberapa film sebelumnya yang dibuka dengan adegan aksi sebelum opening theme  dimulai, segmen pembuka film ini menggunakan adegan pembunuhan. Ini membuat fim jadi cenderung lebih membosankan. Akan lebih baik jika opening theme disematkan setelah ledakan bom di Nichiuri TV.

Aoyama dan Kobun memang serasi dalam menyelaraskan kasus dengan adegan aksi. Ini terbukti dari aksi penyelamatan Heiji dan Kazuha di gedung Nichiuri yang benar-benar mendebarkan. Sayang, lepas dari sana, tensi film semakin menurun dengan adegan aksi biasa yang mudah terbaca. Terlalu banyaknya istilah Jepang yang rumit serta sejarah dan puisi-puisi asing menjadikan Crimson Love Letter kurang menarik bagi penggemarnya. Apalagi, mereka yang kurang wawasan tentang kebudayaan “Negeri Matahari Terbit”. Beberapa analisis pun terlalu bertele-tele. “Grup Detektif Cilik” kurang berperan dalam kasus dan menjadi karakter yang tersia-siakan. Begitu pula dengan Kogoro Mouri.

c_img_126295_3-1024x574

Beruntung, karakter Momiji terlihat stand-out di sini. Misteri masa lalu antara dirinya dengan Heiji, kemudian kisah romansa mereka berdua sukses membuat film menjadi lebih menarik. Perseteruan antara dia dengan Kazuha juga membuat tanda tanya sampai akhir cerita. Terlepas dari beberapa chapter terbaru manga-nya yang memang masih menyimpan karakter Momiji, film ini berhasil memperkenalkan dirinya dengan baik lewat medium layar lebar.

Meski tidak sebagus film sebelumnya, Detective Conan: Crimson Love Letter masih cukup baik. Terutama buat Kamu yang menunggu-nunggu aksi dominan dari “Si Detektif SMA Osaka”.

@arifrubbiyanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s