Tak Berkategori

WHAT WE SAY – PIRATES OF THE CARIBBEAN: SALAZAR’S REVENGE

zalazar poster

Director: Joachim Ronning & Espen Sandberg

Starring: Johnny Depp, Geoffrey Rush, Javier Bardem, Kaya Scodelario, Brenton Thwaites, Golshifteh Farahani, Kevin McNally, Orlando Bloom, Keira Knightley

Score: 8.3/10

Pirates life!

Setelah enam tahun absen, kapten Jack Sparrow kembali hadir lewat film Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge. Diprediksi menjadi film terakhir, Salazar’s Revenge menjadi salah satu film yang sangat ditunggu-tunggu, terutama oleh para “casual moviegoers” di seluruh dunia. Situs tiket bioskop online, Fandango, menempatkan Pirates 5 sebagai film yang paling diantisipasi nomor tiga di musim panas 2017. Selain itu, kanal Deadline juga memprediksi kalau “Jack and the gang” berpeluang untuk membawa pulang “harta rampasan” sebesar 230-285 juta USD dari Box Office global di minggu pertama perilisan. Tidak ada yang meragukan popularitas Pirates of The Caribbean. So, produser Jerry Buckheimer ingin menjadikan film ini kembali seperti empat belas tahun lalu, sambil mengadakan sebuah reuni akbar.

null

Ya, berbicara mengenai The Curse of The Black Pearl (2003), film ini menjadikan Pirates sebagai “Box Office Juggernaut” dengan keseruan dan kegembiraan yang ada di dalamnya. Hal tersebut coba kembali ditampilkan di Salazar’s Revenge. Bedanya, kali ini dengan campuran beberapa karakter baru yang langsung memiliki motivasi kuat demi tujuan masing-masing. Henry Turner (Thwaites) adalah salah satunya. Kepada EMPIRE, Jerry mengungkapkan kalau Henry adalah tulang punggung film karena dia berusaha untuk menghilangkan kutukan yang diderita ayahnya. Beranjak dewasa, Henry kemudian bertemu dengan Kapten Salazar (Bardem), antagonis utama film, yang sedang menjalankan misi balas dendam kepada Jack Sparrow (Depp).

jack-2

Muara dari misi Henry dan Salazar pada awalnya adalah Jack Sparrow. Jack sendiri menjadi seorang bajak laut yang lucunya justru beroperasi di darat. Setelah tahu kalau dia sedang diburu Salazar dan sesosok anak muda yang ternyata putra dari Will Turner, Jack tidak punya pilihan lain selain pergi menuju “Trident of Poseidon”. Benda ini adalah pusaka yang bisa membuat sang empunya menjadi penguasa lautan. Selain itu, “Trident of Poseidon” juga dapat menghapus kutukan. Masalahnya adalah, untuk mendapatkan “Trident of Posiedon” dibutuhkan seseorang yang dapat membaca “Peta yang Tidak Terbaca”. Di sini lah peran dari satu karakter baru lain, yaitu Carina Smyth (Scodelario), berada. Sebagai astronom, Carina sangat berambisi menguak rahasia peta ini karena merupakan satu-satunya peninggalan dari ayahnya dan menjadi kunci dari siapa dia sebenarnya.

pirates 4

Motivasi karakter yang sangat berkaitan menjadi salah satu keunggulan Salazar’s Revenge. Kita bisa merasakan apa yang menjadi penyebab satu karakter begitu menginginkan sesuatu, di mana mereka berperan dan bagaimana nantinya akan tersambung dengan tujuan dari karakter lain. Keterkaitan ini disokong oleh humor khas yang mengingatkan kita pada The Curse of The Black Pearl. Penampilan Johnny Depp membuat film ini terasa sangat menghibur. Beberapa kali karakter ini dideskripsikan sebagai “Bajak Laut Kotor” dan itu bisa dikatakan tepat, jika mengacu ke banyak tindakannya yang mengecoh. Anyway, buat yang kurang menyukai Dead Men’s Chest (2006) dan At World’s End (2007) karena dianggap terlalu gloomy dan serius, Salazar’s Revenge adalah pembalasannya karena film ini sangat pede dengan kemampuan untuk membuat orang tertawa di dalam sebuah petualangan yang besar. Jack dkk harus menghindar dari kejaran kapal Salazar, kekaisaran Inggris dan juga Kapten Barbossa (Rush) yang kedudukannya terancam oleh Salazar. Ujung-ujungnya balik lagi, semua ini terjadi demi “Trident of Poseidon”.

jack-muda

Sutradara asal Norwegia, Joachim Ronning & Espen Sandberg, turut menampilkan beberapa set piece keren yang dieksekusi dengan baik. Dua yang paling berkesan adalah ketika Jack dan kru-nya mencuri brankas raksasa dan saat Jack akan dihukum mati menggunakan Guillotine. Untuk pencurian brankas, ini mengingatkan penonton dengan film Fast & Furious 5. Hanya saja, skala yang ditarik kali ini jauh lebih besar. Asyik sekaligus heran juga melihat bagaimana sekelompok bajak laut – dengan kuda-kuda mereka – bisa menarik sebuah rumah berisi brankas sambil dikejar-kejar pasukan Inggris ke segala penjuru pulau. Tidak masuk akal memang, namun ini salah satu cara yang lumayan untuk membuat penonton tertawa sambil mengembalikan nuansa film pertama.

pirates 2

Tidak tanggung-tanggung, ada 13 kapal yang disiapkan untuk saling beradu di film. Sayangnya, pertempuran epik dari ketiga belas kapal tersebut malah tidak terlihat karena kurangnya pendekatan terhadap peperangan bajak laut dan juga komitmen yang diambil oleh filmmaker. Pertempuran di tengah lautan ibarat sayur kurang garam karena film lebih berfokus pada sisi hiburan, dan perjalanan dari setiap karakter penting yang jumlahnya juga tidak sedikit. Sejatinya, pertempuran ini banyak yang melibatkan Salazar. Tapi semua disajikan dalam durasi yang cukup singkat karena dimasukkan ke dalam flashback Salazar, yang tentu bukan menjadi hidangan utama film. Tampilan fisik Salazar digambarkan dengan sangat apik lewat teknologi CG. Kesan jahat bisa langsung timbul dengan sendirinya, apalagi lewat akting berkelas dari seorang Javier Bardem. Namun, dia harus berbagi lapak dengan karakter-karakter lain sehingga nama Salazar menjadi sedikit kabur dalam cerita.

pirates 1

Keputusan untuk kembali ke awal memang sedang marak dilakukan oleh franchise film besar. Setelah Alien: Covenant melakukannya, kini giliran Pirates of The Caribbean. Mereka kembali menjadi sebuah film bajak laut yang menyenangkan, dan memperkecil kengerian lautan. Pirates sedikit beruntung karena berhasil mendaratkan kapalnya dengan pas berkat penampilan solid Kaya Scodelario dan Brenton Thwaites. Dua nama ini, bersama Orlando Bloom dan Keira Knightley, bukan tidak mungkin akan menjadi masa depan petualangan.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s