Tak Berkategori

ON TV – MARVEL’S IRON FIST (Review)

if 1

Starring: Finn Jones, Jessica Henwick, Tom Pelphrey, Jessica Stroup, Ramón Rodríguez, Sacha Dhawan, Rosario Dawson, David Wenham

Original air date: 17 Maret 2017

Channel: Netflix

Score: 5/10

Serial ini akhirnya tayang untuk para “series addict”, khususnya para penggemar Marvel. Namun, saat serial ini dirilis, banyak hal yang tidak diharapkan terjadi. Tak pelak, kritik dilontarkan untuk serial pelangkap menuju Defenders ini.

if 4

Bagi yang belum tahu siapa karakter Iron Fist, Saya akan jelaskan lebih dulu berdasarkan cerita yang ada di komiknya. Daniel “Danny” Rand adalah seorang anak dari keluarga konglomerat dan milyuner. Seperti cerita kebanyakan para superhero, seluruh keluarganya meninggal dalam sebuah insiden dan hanya dia yang selamat. Danny yang masih kecil dan terluka diselamatkan oleh biksu dari kota mistis K’un L’un, di sekitar pegunungan Himalaya. Dia diasuh, dirawat, dan dilatih di sana. Singkat cerita, di K’un L’un, dia berhasil mengalahkan Shou Lao, seekor naga yang dapat memberikan kekuatan mistis dan menjadikan penggunanya sebagai seorang Iron Fist. Iron Fist sendiri adalah gelar yang diberikan turun temurun kepada para petarung terhebat di K’un L’un dan betugas sebagai penjaga pintu gerbang kota K’un L’un. Tak lama setelah itu, dia pergi dari K’un L’un untuk mencari pembunuh ayahnya. Well, klise ya.

if 2

Nah, dalam serial Netflix ini, elemen-elemen penting tentu tetap dipertahankan. Contohnya seperti asal-usul Iron Fist, insiden yang menimpa keluarga Rand, The Hand, dan lain-lain. Mengingat banyaknya review yang mengatakan bahwa serial ini mengecewakan, Saya rasa itu tidak sepenuhnya benar karena masih ada (sedikit) hal yang bisa dinikmati.

Akting Finn Jones tidak begitu bagus. Mungkin karena Danny Rand yang nampak benar-benar naif. Kembali dari pegunungan terpencil, lalu menemui rekan bisnis keluarganya setelah dia diberitakan meninggal oleh seluruh media? Bukan keputusan yang baik. Ditambah, dia ikut-ikutan mengurusi bisnis Rand Enterprises yang membuat jalan cerita semakin buruk saja. Jessica Henwick sebagai Colleen Wing justru menjadi karakter paling menonjol. Selain karena penampilannya yang aduhai dan keren, karakter yang dia bawakan pun sangat pas. Sebagai seseorang yang ingin membawa kebaikan namun berlindung di bawah organisasi jahat yang menjadi lawan abadi kekasihnya. Ironis.

if 5

Dari sekian banyak peran antagonis yang ada, Madam Gao-lah yang paling berhasil bikin suasana semakin menarik. Masih menjadi misteri, ada hubungan apa antara Madam Gao dengan K’un L’un dan Order of The Crane Mother. Semoga semuanya bisa semakin jelas dan Madam Gao bisa beraksi kembali di musim selanjutnya. Sayang, di paruh kedua musim pertama ini, karakter Bokuto merusak semuanya. Muncul dengan peran faksi The Hand yang baik dan juga saingan Madam Gao, membuat serial ini jadi terasa agak aneh. Karakter Davos mengingatkan penonton pada karakter Baron Mordo karena nasibnya yang mirip. Di komik, Baron Mordo dan Davos dimunculkan sebagai penjahat murni. Tapi di adapatasinya, Baron Mordo diperlihatkan sebagai sahabat baik Strange yang kemudian berbeda jalan dan menjadi jahat. Semoga karakter Davos sebagai Steel Serpent juga akan dimunculkan di musim selanjutnya.

Kemunculan Rosario Dawson sebagai Claire di sini juga terasa ganjil. Dia yang selama ini selalu bisa menentang argumen Matt, Jess ataupun Luke, sekarang mau-mau saja saat ikut ke Cina saat Danny dan Colleen akan menangkap Madam Gao. Walaupun begitu, aksi-aksi yang ditujukkan Claire menimbulkan asumsi bahwa karakter Misty Knight akan disematkan pada dirinya juga.

claire

Beberapa hal yang jadi nilai plus untuk serial ini adalah keluarga Meachum dan ambisi bisnisnya. Karakter ambisius dari setiap anggota keluarga Meachum dibawakan dengan baik. Mau itu Harold yang keji, Ward yang tak punya pendirian, atau Joy yang terlihat manis, baik dan menyayangi Danny sekalipun bisa jadi jahat pada waktunya. Selain itu, banyak easter eggs yang muncul di sini. Semua nama Defenders disebutkan. Begitu juga dengan Hulk dan insiden New York. Tapi… yang paling menarik pastinya cameo Stan Lee yang melengkapi seluruh cameo dari tiga serial Marvel Nerflix sebelumnya.

Walaupun kurang oke, serial ini masih bisa dikembangkan. Semoga ada banyak perubahan dan perbaikan untuk musim selanjutnya.

@akuluthfi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s