Tak Berkategori

WHAT WE SAY – POWER RANGERS

power poster

Director: Dean Isrealite

Starring: Dacre Montgomery, Naomi Scott, RJ Cyler, Ludi Lin, Becky G, Elizabeth Banks, Bryan Cranston, Bill Hader

Score: 7/10

– Spoiler alert! Kamu sudah diperingatkan –

It’s morphin time!

Go go Power Rangers! Akhirnya, Power Rangers muncul lagi di layar lebar! Setelah menjadi misteri, kelima jagoan masa kecil kembali beraksi. Film ini bercerita tentang lima pemuda “bermasalah” yang berusaha mencari jati diri dan mendapatkan kekuatan super secara dadakan. Intro membawa penonton kembali ke era dinosaurus di mana Zordon (Bryan Cranston) dan timnya mati-matian bertahan dari serangan Rita Repulsa (Elizabeth Banks). Dari adegan ini lah kita bisa memahami dari mana datangnya kelima power coin. Beranjak ke zaman modern, kita diperkenalkan dengan Jason (Dacre Montgomery), Kimberly (Naomi Scott), Billy (RJ Cyler), Zack (Ludi Lin), Trini (Becky G).

pr

Kelima remaja ini awalnya tidak saling kenal dan sebagian besar dari mereka berada di kelas detensi. Jason adalah mantan atlet football yang karirnya rusak gara-gara ulah nakalnya. Lalu ada Kimberly yang punya masalah hubungan pertemanan atau geng. Kita juga akan kembali berjumpa dengan karakter Billy yang tidak hanya kikuk, namun juga mengidap autisme. Kemudian Zack, pemuda kesepian yang berusaha menutupi kesedihannya dengan berlagak keren. Terakhir adalah Trini, seorang gadis penyuka sesama yang sering pindah sekolah karena orientasi seksualnya. Dean Israelite sepertinya sudah menemukan pakem sebagai penggarap film yang bercerita tentang kehidupan seputar remaja. Sebelumnya dia pernah menggarap Project Almanac (2015) yang juga memiliki tema yang sama.

pr-3

Karena digarap oleh sutradara yang sama, Power Rangers memiliki kemiripan konflik dengan Project Almanac. Hal ini bisa dilihat melalui realitas yang terjadi pada dunia para karakter utamanya. Di Project Almanac, konflik dimulai ketika para pemuda yang menjadi karakter utama bermain dengan mesin waktu dan menyebabkan kekacauan realitas. Sedangkan di Power Rangers, realitas menjadi kacau saat para rangers diperlihatkan kepada masa depan yang dikuasai Rita Repulsa. So, untuk mencegah hal tersebut, mereka harus bertindak sebelum Rita berhasil menguasai dunia

power 1

Konflik yang disajikan dalam film cukup menarik. Kehidupan para rangers muda yang bermasalah dan tidak saling mengenal diekspos habis-habisan. Baik konflik internal maupun konflik antar karakter menjadi bumbu manis di film ini. Selain itu, Power Rangers juga memiliki pesan moral bagi generasi masa kini. Pesan tersebut disampaikan dengan hancurnya kehidupan pribadi para rangers yang hebatnya tidak membuat mereka merasa terasingkan. Kebersamaan yang mereka jalani secara perlahan membuat hidup menjadi lebih bermakna.

power 5

Selama film berlangsung, soundtrack yang ada juga enak didengar. Beberapa lagu akan terdengar familiar di antaranya adalah “I’ve Got The Power” yang dibawakan oleh Snap. Lagu ini menjadi salah satu soundtrack film Mighty Morphin Power Rangers: The Movie tahun 1995. Untuk peremajaan, penonton disajikan versi yang lebih baru dari lagu tersebut. Selain itu ada lagu tema yang fenomenal juga kembali hadir. Jika menunggu sampai credit scene, kita juga bisa mendengar lagu tema versi instrumentalnya.

alpha

Aye yi yi! Jangan lupa sama Alpha 5! Power Rangers me-remake karakter yang menjadi asisten Zordon tersebut dengan tampilan yang lebih baru. Diperankan oleh Bill Hader, Alpha 5 digambarkan sebagai robot alien yang melatih para rangers bela diri. Hal ini menjadi salah satu keunggulannya di balik tampilannya yang aneh. Sedikit kejutan dimunculkan dengan kehadiran dua karakter klasik dari serial Mighty Morphin Power Rangers (1993) yang tampil sebagai cameo.

power 2

Well, meskipun cukup memberi dampak nostalgia kepada generasi 90an, bukan berarti film ini perfect. Cukup disayangkan melihat adegan demi adegan berlalu dengan sangat cepat seperti rangers yang turun ke jalan dengan mengendarai zords-nya masing-masing. Selain itu, adegan pertempuran melawan Goldar juga kurang heroik dengan penampilan rangers yang tidak mengenakan helm secara full face. Ini seolah-olah menjadi konsep pertempuran yang tidak serius. Bakal beda rasanya kalau helm mereka terbuka akibat kerusakan saat bertarung mati-matian.

power 4

Meskipun banyak kritik dan pesimisme sebelum filmnya tayang, Power Rangers berhasil menyampaikan pesannya kepada generasi muda melalui para karakternya. Suka tidak suka, yang jelas film ini akan terus berlanjut sesuai dengan petunjuk yang ada di mid-credit scene. Iya, Kamu jangan pulang dulu.

@D_Sdw

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s