Tak Berkategori

WHAT WE SAY – FABRICATED CITY

fc

Director: Park Kwang Hyun

Starring: Ji Chang Wook, Oh Jung Se, Shim Eun Kyung, Ahn Jae Hong, Kim Sang Ho

Score: 8/10

The K-2 (2016), drama terbaru Ji Chang Wook, baru aja selesai tayang di tvN bulan November lalu. Kemudian para penggemar aktor ganteng kelahiran 1987 ini dikejutkan dengan kemunculannya di web-series drama, 7 First Kisses (2016). Sekarang, tepatnya mulai Februari 2017, Ji Chang Wook tampil lagi sebagai Kwon Yoo di film kriminal, Fabricated City. Apakah aktingnya masih keren?

Ternyata iya! Justru Chang Wook keren banget di sini! Mungkin akan muncul pikiran skeptis mengenai kemonotonan peran yang diambil Chang Wook, tapi jujur sih dia memang jago banget main di film laga. Wajah rupawan, badan atletis, berantemnya pun keren. Nggak salah kalau Chang Wook jadi favorit baru para sutradara dan tentunya para penggemar film Korea.

fc-3

Filmnya kali ini bercerita tentang Kwon Yoo (Ji Chang Wook), mantan atlet nasional juga seorang pengangguran dituduh secara tidak adil sebagai pemerkosa dan pembunuh gadis di bawah umur. Suatu malam di warnet langganannya, Kwon Yoo terpaksa menerima telepon dari ponsel takbertuan di kubik sebelahnya. Wanita dari seberang saluran itu mengaku sebagai pemilik ponsel tersebut. Ia menjanjikan 300 won untuk Kwon Yoo jika bersedia mengantar ponsel itu ke tempatnya.

Karena iming-iming imbalan yang besar, Kwon Yoo masuk dalam jebakan. Pagi hari setelah mengembalikan ponsel itu ke sebuah motel, Kwon Yoo digrebek dan langsung diseret ke kantor polisi. Ternyata, wanita pemilik ponsel itu ditemukan tewas dengan bekas tusukan pisau di sekujur tubuh pada pagi yang sama. Anehnya, polisi menemukan jejak Kwon Yoo di dalam kamar motel dan sebilah pisau penuh darah di rumahnya. Bahkan, polisi berhasil menemukan sperma Kwon Yoo di kamar tersebut.

Kwon Yoo yang tidak tau apa-apa terpaksa mengikuti proses penyidikan hingga menerima hukuman penjara seumur hidup. Tidak tanggung-tanggung, hakim memutuskan Kwon Yoo harus dimasukkan ke dalam penjara dengan keamanan yang super ketat. Ia pun harus menjalani rehabilitasi untuk mengobati gangguan seksualnya.

fc-4

Ibu Kwon Yoo (Kim Ho Jung) yang bekerja sebagai perawat tidak sanggup melihat anaknya dituduh secara tidak adil. Sayang, ia hanya sanggup meminta bantuan kepada Pengacara Publik, Min Chun Sang (Oh Jung Se). Pengacara itu terlihat tidak tertarik pada kasus Kwon Yoo, tapi ia harus membantunya karena tuntutan pekerjaan. Ibu Kwon Yoo tetap tegar membela anaknya sampai suatu ketika ia tau kalau sudah tidak ada harapan lagi. Ia tidak sanggup lagi berdemo di depan pengadilan hanya seorang diri setiap hari. Ia sempat menerima telepon mengaku memiliki bukti bahwa Kwon Yoo tidak bersalah. Nasib, ternyata itu hanya telepon iseng. Akhirnya, Ibu Kwon Yoo memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Pertemuan pertama dan terakhir dengan ibunya membuat Kwon Yoo makin tegar dan berani hidup di dalam penjara. Ia mulai membangun kepercaysan diri dan fisiknya untuk bertahan hidup bersama para penjahat yang sesungguhnya. Kenyataan ibunya telah meninggal dan ia tidak bisa menghadiri pemakamannya pun tidak meruntuhkan semangat hidup. Justru, demi memenuhi janji bertahan hidup dan membersihkan namanya berserta ibunya, Kwon Yoo mulai merancang strategi balas dendam.

fabricated-city_press-still_14

Jika melihat posternya, ada 2 nama lagi yang dicetak besar selain Ji Chang Wook. Mereka adalah Shim Eun Kyung dan Ahn Jae Hong. Shim Eun Kyung yang terkenal dari Sunny (2011) dan Miss Granny (2014) memiliki peran yang unik di Fabricated City. Ia menyamar menjadi seorang hacker amatir, Mr. Hairy dan tidak bisa berkomunikasi langsung alias harus mengobrol lewat telepon. Sementara itu, Ahn Jae Hong yang terkenal dari drama Reply 1988 atau Answer Me 1988 (2015) berperan sebagai Demolition yang konyol dan diam-diam menyukai Mr. Hairy. Kenapa nama tokohnya aneh-aneh? Mr. Hairy dan Demolition sesungguhnya adalah nama akun mereka di permainan daring atau game online. Keduanya tergabung dalam tim Resurrection yang dipimpin oleh akun bernama Capt alias Kwon Yoo.

Selain 2 orang itu, ada 4 orang lainnya yang juga tergabung dalam Resurrection. Tapi, hanya Mr. Hairy, Demolition, Young Guru (Kim Min Ki), dan Beauty of Space (Kim Ki Cheon) yang menemani Kwon Yoo berjuang mengungkap kebenaran dari awal hingga akhir. Mereka percaya pada Kwon Yoo yang sangat bermoral bahkan ketika memimpin pasukannya di dunia maya. Tapi, gara-gara itu, nyawa mereka juga ikut terancam.

fc-2

Di awal film, penonton diperkenalkan dengan dunia permainan daring seperti CGI, sudut kamera dan ketegangannya yang khas. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan Ahn Jae Hong di sebuah wawancara. Sayang, karena sudut kamera diambil dari mata pemain, gambar yang ditampilkan terlalu shaky. Untuk beberapa orang, gambar yang tidak stabil akan mengganggu kenyamanan menonton.

Sutradara Park Kwang Hyun sudah memberi hint kepada penggemar kalau film ini akan heboh dengan aksi mobilnya. Benar saja, walaupun hanya dengan mobil kecil rongsokan, adegan kejar-kejaran Kwon Yoo dan lawannya sangat seru. Bahkan, Kwon Yoo berani menerjunkan mobil kecilnya itu dari gedung tinggi ke jalanan demi menyelamatkan Mr. Hairy. Tenang, ada juga mobil keren yang sering “mejeng” di film-film balap. Bahkan, mereka juga memasukkan truk-truk besar untuk ditabrakan ke sederetan mobil bagus. Mereka gak segan-segan untuk menyangkutkan Mercedes di tengah gang sempit, loh.

Park Kwang Hyun dan Ji Chang Wook juga sempat menegaskan bahwa Fabricated City itu beda dengan film kriminal lainnya. Pertama, dari pencampuran sudut pandang permainan daring. Kedua, dari alur ceritanya yang menengangkan. Ketiga, ada adegan unik yang “menampilkan” Kwon Yoo bertarung dalam ruang gelap total.

fabricated-city_press-still_03

Tak ketinggalan juga kecanggihan teknologi yang ditampilkan di dalam film. Karakter antagonis utama punya ruangan yang benar-benar hi-tech. Teknologi yang ditampilkan tidak pernah terlintas dalam bayangan Saya sebelumnya. Selain itu, teknologi Mr. Hairy juga cukup mengagetkan untuk seorang hacker yang hidup pas-pasan. Dengan munculnya teknologi tersebut, berarti CGI yang digunakan dalam film ini sangat keren. Alat-alat yang muncul terlihat nyata dan menambah kekayaan cerita.

Tidak muluk kalau mereka menggaungkan karyanya sebagai film kriminal yang segar. Kasus Kwon Yoo bahkan bisa membuat saya teringat pada kasus di Jakarta yang ramai diperbincangkan sejak tahun 2014. Betapa menyeramkannya para penguasa dengan segala uang dan politiknya dapat menerkam siapapun dan kapanpun. Demi keselematannya sendiri, mereka bisa memenjarakan masa depan orang yang tidak berdaya. Walaupun Park Kwang Hyun dan Oh Sang Ho sebagai penulis belum mencetak banyak karya, setidaknya lewat film ini mereka telah membuktikan kualitas baik yang dimiliki.

fc-5

Bagi yang berharap bisa menyaksikan adegan romantis Ji Chang Wook dan Shim Eun Kyung, simpan harapan itu baik-baik untuk lain waktu. Film ini benar-benar bercerita tentang perjuangan pembersihan nama baik. Kamu akan bertemu dengan perasaan-perasaan aneh seperti bahagia sekaligus sedih hanya karena melihat Kwon Yoo bisa makan nasi secara layak. Atau perasaan ngeri ketika melihat Kwon Yoo mengigit-gigit tangannya sendiri sambil berharap segera mati di dalam penjara. Meskipun terkesan menegangkan, ceritanya juga diselipi juga dengan komedi. Keluguan para anggota Resurrection berhasil mengocok perut penonton.

Tidak ada ekspektasi dan harapan apapun sebelum menonton Fabricated City. Saya hanya tidak sabar ingin menyaksikan laga terbaru Ji Chang Wook dan mencoba studio Starium pertama CGV di Jakarta. Tapi, ternyata Saya pulang dengan bahagia! Rasanya sungguh puas nonton film aksi di layar yang super lebar.

@rainadellanij

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s