Tak Berkategori

WHAT WE SAY – DORAEMON: NOBITA AND THE BIRTH OF JAPAN

dora-poster-fix

Director : Shinnosuke Yakuwa

Starring : Wasabi Mizuta, Megumi Ohara, Yumi Kakazu, Subaru Kimura

Score : 7,5/10

Doraemon kembali hadir di bioskop! Setelah sukses muncul di tahun 2014 dengan film Stand by Me, robot lucu penyuka Dorayaki ini kembali menyapa kita dalam petualangan terbaru!

Di awal film, diceritakan Nobita sedang kesal dengan ibunya karena nilai ujiannya mendapat nilai nol. Begitu pula teman-temannya, Suneo, Giant dan Shizuka yang kesal dengan ibu masing-masing karena alasan yang beragam. Mereka pun memutuskan untuk memulai hidup baru dengan kembali ke 70.000 tahun yang lalu dengan mesin waktu milik Doraemon. Di tengah perjalanan mereka mengalami turbulensi ruang dan waktu yang membuat Kukuru, laki-laki dari zaman itu, terdampar ke masa depan. Ketika Nobita dan kawan-kawan kembali ke masa depan, mereka bertemu dengan Kukuru.

doraemon_the_movie_nobita_and_the_birth_of_japan-1

Kukuru pun menceritakan bagaimana ia kehilangan orang tuanya. Mereka pun bersama-sama kembali ke masa lalu dan membantu Kukuru mencari orang tuanya. Dengan berbagai bantuan alat ajaib milik Doraemon, mereka mulai menemukan jejak-jejak orang tua Kukuru. Ternyata, orang tuanya hendak dijadikan budak oleh Gigazombie untuk mempercepat pembangunan Kastil Koiyama. Pada akhirnya, Doraemon mengetahui akal busuk Gigazombie yaitu untuk menghancurkan ruang dan waktu. Bagaimanakah kelanjutan petulangan doraemon dan kawan-kawan? Tonton filmnya, ya!

2

Film ini adalah film remake dari film aslinya yang pernah ditayangkan di tahun 1989.  Dari segi cerita, Birth of Japan memiliki kisah yang unik. Cerita di film ini lebih menekankan pada petualangan Doraemon dan teman-teman saja. Masalah yang ditampilkan pun tampaknya remeh-temeh dan mudah ditebak. Mungkin karena sasaran film ini anak-anak, cerita yang ditampilkan begitu ringan. Penonton dewasa tidak perlu berpikir lebih keras. Walaupun begitu, cerita petualangan yang disuguhkan berhasil membuat penonton ikut penasaran dengan apa yang akan terjadi. Selain itu, latar yang ada di zaman batu dapat membantu penonton anak-anak untuk menambah pengetahuan mereka.

dora

Latar belakang konflik yang diangkat berawal dari masalah keluarga yang dihadapi oleh Nobita dan kawan-kawan. Nobita merasa tidak puas dengan keluarga yang dimilikinya. Ibunya selalu memarahi dia karena mendapat nilai nol di ujian. Hal ini berimbas pada kaburnya Nobita dari rumah. Sebagai film anak-anak, latar belakang seperti ini sangat mengkhawatirkan karena memberi contoh yang kurang baik bagi anak-anak. Tapi di sisi lain, bagi penonton yang lebih tua, film ini memberikan saran bahwa anak-anak lebih suka bermain di umur yang masih kecil. Jadi, sebaiknya penonton anak-anak didampingi oleh orang tuanya agar dapat mengetahui manfaat yang terkandung dalam film.

dora-2

Karakter yang banyak berkembang di film ini hanyalah Nobita dan Doraemon. Shizuka dan Suneo tidak banyak mengalami perkembangan. Kehadiran Kukuru pun hanya terasa seperti pelengkap untuk menambah konflik dalam film.

Kelebihan lainnya dari film ini adalah, Birth of Japan merupakan film yang berbentuk animasi lama seperti yang sering kita tonton di TV. Mereka tidak menggunakan inovasi dan teknologi grafis terbaru seperti Stand By Me. Tapi, bukannya memberi efek negatif, justru dengan ini Doraemon berhasil mengobati rasa rindu kita pada petualangannya, yang biasa ditonton dalam versi animasi klasik (ketahuan umurnya ya, hehehe). Well, meski memiliki beberapa kekurangan, film ini tetap bisa jadi pilihan tontonan bersama keluarga di akhir pekan. Ajak keluargamu untuk menonton, ya!

@ndptrhmn

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s