Tak Berkategori

WHAT WE SAY – RINGS

rings-1

Director: F. Javier Gutierrez

Starring: Matilda Anna Ingrid Lutz, Alex Roe, Johnny Galecki, Vincent D’Onofrio, Aimee Teegarden, Bonnie Morgan

Score: 6.5/10

Film ber-genre horor yang satu ini merupakan bagian dari sekuel The Rings yang rilis beberapa tahun lalu. Film ini berkisah tentang video terlarang yang bertuliskan ‘watch me’. Video ini membuat siapa saja yang melihatnya jadi penasaran, kemudian ingin menonton isi dari rekaman kaset tersebut. Namun, yang kemudian terjadi tidak lebih buruk daripada sebuah malapetaka. Mereka yang menonton rekaman berdurasi dua menit itu akan mendapat telepon yang berbunyi tidak lama setelah video selesai diputar. Isi dari suara telepon tersebut adalah pesan kalau si penonton akan mati dalam kurun waktu tujuh hari. Adapun cara untuk bisa lolos dari maut adalah dengan meng-copy file dari video itu dan meminta orang lain untuk menontonnya, sehingga takdir kemudian dapat diubah.

rings-2

Fenomena yang jauh berbeda terjadi pada Julia (Ingrid Lutz), yang awalnya berniat menyelamatkan sang kekasih, Holt (Roe). Holt hanya memiliki waktu kurang dari 12 jam untuk mencari ‘ekor’ (istilah dari tumbal yang harus ditemukan) untuk meneruskan takdir kematian video tersebut. Kehidupan romantis mereka yang semula berjalan indah perlahan berubah setelah Holt mengikuti sebuah klub berbau mistis dan supranatural yang membahas tentang kebebasan jiwa pada alam baka. Klub ini diimami oleh dosen biologi Holt yang bernama Gabriel (Galecki). Julia yang khawatir karena komunikasi LDR mereka terputus, ditambah sebuah peringatan dari asisten Gabriel yang bernama Skye (Aimee Teegarden) membuatnya menelusuri apa yang sebenarnya terjadi.

rings-3

Skye kemudian berusaha menjebak Julia untuk dijadikan ‘ekor’. Naas, dia malah tewas di apartemennya karena waktu yang dimiliki telah habis. Julia dan Holt kemudian menemui sang profesor untuk mencari solusinya, namun sang profesor tidak dapat menuntaskannya secara langsung. Ia hanya mampu memberikan petunjuk-petunjuk yang harus diikuti oleh sepasang kekasih itu.

Setelahnya, hal-hal aneh terus terjadi pada Julia. Ia seperti memiliki kemampuan cenayang yang seolah-olah memberi pesan untuk diikuti. Apa yang kemudian terjadi malah bermuara pada tokoh yang tidak disangka-sangka, yaitu seorang pendeta gereja tua yang telah lama beralih fungsi menjadi tempat rehabilitasi pecandu alkohol. Sang profesor yang kemudian menyadari petunjuk pun mengalami kecelakaan dan wafat. Apa yang kemudian terjadi sangat menyeramkan.

julia

Film yang berdurasi kurang lebih 100-110 menit ini punya cerita yang agak tricky. Sulit-sulit gampang lah untuk ditebak. Sayangnya, dilihat dari segi teknis, cara pengambilan gambar dan efek lighting-nya masih terasa kasar dan kurang natural. Nuansa horror dari film ini lebih mengedepankan efek kejut (jumpscares) untuk disajikan kepada penonton. Tapi ternyata masih terdapat kekentalan akan horor rasa Hollywood yang menayangkan nuansa-nuansa kotor dan menjijikan.

Secara keseluruhan, Rings cukup menarik untuk ditonton sampai akhir karena jalan ceritanya yang tidak terlalu mudah untuk ditebak. Saya pribadi cukup heran mengapa situs-situs ternama Amerika memberikan rating yang rendah untuk film ini, seakan-akan sama sekali tidak ada yang menarik di dalamnya. Kisah tentang Samara tentu masih bisa menjadi tontonan yang menantang dan cukup menegangkan.

@Ariqjr

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s