Tak Berkategori

WHAT WE SAY – JOURNEY TO THE WEST 2: THE DEMONS STRIKES BACK

journey

Director : Tsui Hark

Starring : Bei-er Bao, Kenny Lin, Yun Lin, Chen Yao

Score: 7.5/10

Setelah sukses di film pertamanya, (Journey To the West : Conquiring the Demons), Journey To The West 2: The Demons Strike Back adalah sebuah film ber-genre adventure, komedi, dan juga fantasi yang rilis di Februari 2017. Kisahnya menceritakan seorang Biksu Tang (Kris Wu) yang melakukan perjalanan ke Barat bersama tiga muridnya: Sha Wujing (Mengke Bateer), Zhu Bajie (Yang Yiwei), dan Sun Wukong (Kenny Lin).

Pada awal perjalanan, mereka berempat tampak harmonis. Namun, di tengah perjalanan berbagai godaan mulai menghantui yang membuat adanya ketegangan di antara mereka. Setelah melewati serangkaian peristiwa pembasmian iblis dan siluman, murid-muridnya mulai saling mengerti satu dengan yang lainnya. Pada akhirnya mereka dapat menyelesaikan konflik batin dan dapat bekerja sama untuk menaklukkan dan mengusir iblis siluman dengan jurus Telapak Kuda oleh Biksu Tang.

%e5%94%90%e5%83%a7%e5%81%9a%e5%ae%a2%e6%b0%91%e5%ae%b6

Film yang yang didistributori oleh Sony Pictures ID  ini sangat menarik. Di sini kita bisa melihat adanya perubahan gaya film Cina. Tidak hanya soal silat seperti film Cina dulu namun juga terdapat beberapa unsur lainnya. Mulai dari efek gambar animasi yang cukup luar biasa, sound yang juga beragam, perpaduan lagu modern dan juga tradisional, serta tetap memadukan unsur budaya Cina seperti kostum, gaya bahasa dan juga background khas Cina seperti Gunung dan danau. Kenny Lin sebagai Sun Wukong berperan aktif menjaga keutuhan kelompok mereka. Ia berperan banyak dalam pengusiran siluman dan iblis. Tak kalah penting juga peran Zhu Bajie yang lucu, serta Biksu Tang yang dapat memainkan berbagai macam perasaan.

%e5%ad%99%e6%82%9f%e7%a9%ba%e7%97%9e%e6%b0%94%e5%8d%81%e8%b6%b3

Setelah menjelaskan beberapa nilai positif, ada juga beberapa hal negatif dalam film ini. Pertama adalah nuansa komedinya. Berbeda dengan film Hollywood yang selera humornya telah dikenal oleh mayoritas penonton seluruh dunia, beberapa dialog atau percakapan “lokal” yang ada di film ini terkadang sulit dimengerti. Hal itu dikarenakan penonton harus mengetahui selera humor, dan budaya mayoritas orang Cina yang belum umum. Kedua adalah efek animasi yang belum sebaik film Hollywood. Masih ada beberapa efek yang sedikit kasar dan sangat terlihat animasi.

Ketiga adalah alur cerita. Sebagai film adaptasi dari kisah cerita rakyat Cina tentang perjalanan pendeta ke barat, seharusnya Journey To The West 2 dapat menjelaskan dalam filmnya secara rinci mengenai apa yang menjadi tujuan mereka sebenarnya. Lalu mengapa mereka harus melakukan hal tersebut? Sayangnya, terlihat sutradara Tsui Hark terlalu ingin menonjolkan sisi fantasi dan komedi dalam film ini.

小善纯真善良.jpg

Secara keseluruhan, Journey To The West 2 cukup baik untuk ditonton. Selain dapat ditonton oleh semua umur, sebenarnya film ini juga memiliki nilai sejarah tentang seorang biksu beserta tiga muridnya yang menuju barat untuk menyebarkan agama. Selain itu, sangat terlihat bahwa perfilman Cina kini sedang mengalami perkembangan dalam hal mengembangkan cerita tradisional yang diimprovisasi dengan unsur fantasi dan komedi.

Andrew Jonathan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s