Tak Berkategori

WHAT WE SAY – THE LEGO BATMAN MOVIE

1$_LEGO BATMAN_Final

Director: Chris McKay

Starring: Will Arnett, Michael Cera, Rosario Dawson, Zach Galifianakis, Ralph Fiennes

Score: 9/10

“Batman works alone. That’s my motto. Copyright Batman.” – Batman

Film-film DC mengecewakan? Lemesin aja, jangan dilawan! Awal tahun ini akhirnya mereka terselamatkan. Kerennya, bukan Wonder Woman atau Aquaman yang melakukannya, tapi para mainan LEGO yang kecil dan menggemaskan. The LEGO Batman Movie adalah proyek spin-off dari The LEGO Movie yang sukses di tahun 2014. Menjadi karakter yang menyita perhatian, Batman versi LEGO dinilai punya daya tarik tersendiri dan sayang kalau hanya dijadikan karakter pendukung saja. Maka dari itu, film ini segera dibuat dengan Will Arnett kembali menyuarakan Batman. LEGO Batman tetap menggali sisi lain dari hidup “The Caped Crusader” yaitu bisakah Batman mendapatkan sesuatu yang benar-benar membuatnya bahagia?

01the-lego-batman-movie

Berangkat dari sini, kita bisa melihat betapa bold-nya karakter Batman. Dia adalah pahlawan super yang sangat narsis tapi juga penyendiri. Batman tidak mempercayai orang lain dan ini membuat tingkat kepedeannya jauh di atas rata-rata orang biasa (karena dia luar biasa, tentunya). Rasa kesepian dan kesendirian ini berhasil dimanfaatkan sutradara Chris McKay dan dia men-direct nya dengan dua cara sekaligus. Pertama, dengan cara yang jenaka, which is dicerminkan dari tingkah laku Batman sehari-hari dan bagaimana caranya menumpas kejahatan. Kedua, dengan cara yang menyentuh, di mana akan berhubungan dengan nilai moril yang sangat berarti bagi penonton segala usia.

15the-lego-batman-movie

Wajib dicatat, jangan sampai telat menonton film ini! Kan biasanya ada tuh, penonton yang malas buat masuk studio duluan gara-gara tidak mau nungguin iklan yang kebanyakan. Jadi mereka masuk kalau ceritanya udah mulai aja. Nah, kalau Kamu termasuk penonton tipe begini, siap-siap nyesel karena Batman akan menghiburmu mulai dari DETIK PERTAMA! Cara ini mengingatkan Saya dengan film “Minions” (2015). Bedanya, Batman tidak segan untuk mengeluarkan kata-kata pedasnya di SETIAP logo perusahaan yang ada di awal film. Oh my gosh… itu lucunya setengah mati! Narasinya nonjok banget dan bikin penonton langsung “klik” sama filmnya. Sebuah pembuka yang penuh energi. Ngakak asli! 😀

05the-lego-batman-movie

A very effective spoof-comedy. Lelucon-lelucon khas Batman jadi jualan utama film ini. Bukannya ilfeel, kita malah kembali terpesona karena dia memang bisa melakukan banyak hal. Oh dia bisa begini, oh dia bisa begitu, and that’s cool! Mereka benar-benar menunjukkan Batman dengan cara mereka sendiri dan itu tidak norak sama sekali. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan properti Batman sebanyak mungkin, mulai dari komik dan film-film sebelumnya. Fans DC tentu akan mencintai film ini karena banyaknya karakter DC Universe yang hadir. Untuk penonton awam, Kamu bakal terkejut karena banyak pula karakter-karakter non DC yang ditampilkan. Bahkan beberapa dari mereka punya peran yang cukup signifikan. Ide cerita yang segar membuat LEGO Batman berbeda. Sebuah kesenangan pastinya untuk bisa menikmati film dengan punchline yang bertebaran di mana-mana.

11the-lego-batman-movie

Applause Saya berikan karena mereka tidak melupakan value. LEGO Batman juga diisi permasalahan pribadi yang cukup pelik dan membatin. Bagusnya, konflik ini diperkenalkan dengan cara yang perlahan, sehingga keasyikan kita di paruh pertama tidak tiba-tiba terbentur oleh drama. Film ini dengan cerdasnya memasukkan unsur The Joker (Galifianakis) sebagai musuh utama Batman yang tidak dianggap. Motif dari relasi yang retak antara pahlawan super dan penjahat super menjadi side story yang menarik dan berpengaruh pada kelangsungan Gotham City dan kehidupan pribadi Batman sendiri.

Semua masalah ini semakin jelas dan meledak di paruh kedua, yaitu saat Batman menghadapi ketakutan terbesarnya. Hal ini tak lepas dari gemilangnya penampilan Robin (Cera), Alfred (Fiennes) dan Barbara Gordon / Batgirl (Dawson). These guys not only know how to poke fun with Batman’s history, but also to play with it.

09the-lego-batman-movie

Animasinya sangat mempesona. Warna yang digunakan terkesan lebih gelap dari LEGO Movie, tapi ini sesuai dengan yang dibutuhkan. Skema warna yang digunakan terlihat sangat cantik dan pas untuk menggambarkan ‘final battle’ di Gotham yang sedang hancur lebur. Keistimewaan ini didukung teknik animasi “bricks’ effect”. Walaupun efek LEGO nya tidak terlalu menonjol dibanding LEGO Movie, tapi kita masih bisa menyaksikan kesaktiannya lewat adegan rangkai merangkai yang dikemas dengan lebih cepat. Bukan tidak mungkin adik-adik kecil akan tergoda untuk membeli mainan LEGO setelah melihat bagaimana Batmobile dan kendaraan Batman lainnya digambarkan di dalam film.

13the-lego-batman-movie

Satu-satunya masalah adalah, filmnya terlalu lucu! Laugh exhaustion. Humor yang bagus dan disajikan secara bertubi-tubi menjadi senjata makan tuan. Banyak sekali komedi-komedi sarkas yang keluar di setiap detik dan ini bikin capek. Efeknya adalah, ada momen di mana Saya mau ketawa, tapi malah jadi “kentang” karena sudah capek duluan orangnya. Belum selesai kita ngetawain sesuatu, ehh.. udah keburu dihajar sama lawakan berikutnya. It’s pretty hard to keep focus with that, but still, it’s a completely blast from start to finish. 🙂

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s