Tak Berkategori

WHAT WE SAY – A DOG’S PURPOSE

dog-poster

Director: Lasse Halstrom

Starring: Josh Gad, Dennis Quaid, Britt Robertson, KJ Apa, Bryce Gheisar, John Ortiz, Luke Kirby, Juliet Rylance, Kirby Howell-Baptiste, Peggy Lipton

Score: 6.5/10

Hal pertama yang membuat film ini menarik jutsru adalah kontroversinya, bukan anjing-anjingnya. Mengawali perilisannya di Amerika, A Dog’s Purpose mendapat perhatian khusus akibat sebuah video yang memperlihatkan animal abuse terhadap seekor anjing German Shepherd. Dirilis oleh TMZ, anjing bernama Hercules ini dipaksa untuk melakukan adegan di permukaan air, padahal dia tidak ingin melakukannya. Setelah video tersebar dan menuai protes, pihak Amblin Entertainment dan Universal langsung mengklarifikasi bahwa tidak ada satu pun anjing yang diperlakukan dengan tidak layak atau kasar saat syuting berlangsung. Meski penyelidikan masih terus dilakukan, kejadian ini tentu akan berdampak negatif, apalagi Purpose secara khusus ditujukan kepada dog owners dan dog lovers.

Diadaptasi dari novel best seller karya W. Bruce Cameron, A Dog’s Purpose bercerita tentang jiwa dari seekor anjing yang disuarakan oleh Josh Gad. Dia seperti kebingungan akan perannya di dunia. Apakah ia diciptakan untuk bermain-main saja, atau ada hal lain yang lebih penting? Suatu ketika karakter anjing ini tertangkap dan dibawa ke penampungan. Setelah itu ia terbangun sebagai anjing berjenis Golden Retriever. Perkenalan dengan jiwa dari anjing ini cukup singkat dan kemungkinan besar akan cepat dilupakan.

dog-4

Si Golden Retriever kemudian diadopsi oleh seorang anak bernama Ethan (Gheisar). Setelah menamainya Bailey, mereka menjadi sahabat yang tak terpisahkan lagi. Bailey bukanlah anjing peliharaan biasa. Beberapa kejadian penting dialami “kawanan” Ethan dan anjing ini punya peran penting di sana. Mulai dari gagalnya sang ayah (Kirby) mendapatkan promosi, Ethan yang akhirnya dapat pacar sampai kejadian tragis yang menjadi titik balik hidupnya. Semua berkat Bailey. Di sini kita bisa melihat kalau anjing punya makna yang lebih besar dari sekedar peliharaan. Mereka adalah pelindung, sekaligus partner hidup yang ceria dan sangat setia. Di sisi lain, ada satu hal yang tidak mereka pahami dari manusia. Kenapa manusia itu mau untuk meninggalkan sesuatu yang sudah dijalin sebelumnya?

dog-5

Setelah kematian Bailey, jiwa si anjing bereinkarnasi menjadi beberapa anjing lainnya. Pertama, dia menjadi seekor anjing pelacak bernama Ellie (yap, Josh Gad menjadi seekor betina). Lalu berubah lagi menjadi anjing Corgi yang makmur karena kerjanya cuman makan melulu. Kemudian berubah lagi menjadi anjing yang menyedihkan karena dirantai pemiliknya di luar rumah.

Sutradara Hallstrom berhasil menceritakan setiap kisah dengan gaya visual yang berbeda-beda. Mulai dari yang ber-tone cerah dan inspiratif layaknya film keluarga, sampai yang dinamis dan action-packed. Setiap kisah memiliki pesan moralnya sendiri. Mulai dari yang berhubungan dengan pekerjaan sampai cinta sejati. Semua berjalan dengan cara masing-masing untuk bermuara kembali pada makna eksistensi.

dog

Untuk Kamu yang bukan pet owner, film ini menampilkan apa yang kita tunggu-tunggu yaitu ekspresi dan tingkah laku anjing yang lucu, menggemaskan dan kadang bikin kasihan. Lawakan yang dikeluarkan Josh cukup berhasil berhasil membuat tawa seperti “wrestle and licking each other” dan “that sweaty smell”.

Sayangnya, Purpose tidak mengharukan. Tisu terbuang percuma karena tertutupi oleh pesan yang ingin disampaikan. Hanya ada satu saat ketika Saya merasa sedih kepada si anjing selain scene kematiannya. Well, kematian para anjing juga adalah cara yang paling mendasar untuk membuat penonton menangis. Cerita tentang keluarga Ethan juga kena tanggung. Tidak ada yang membekas selain masalah personal Ethan dan relasinya dengan Bailey. Ayahnya yang pemabuk dan konflik keluarga ditampilkan begitu saja. Hanya numpang lewat. Selebihnya adalah bagaimana Ethan dan Bailey bermain-main di halaman dan itu membosankan.

dog-3

Kecewa dengan penampilan para aktor senior. Dennis Quaid menjadi Ethan dewasa yang tidak mengesankan. Aneh rasanya melihat seseorang yang sudah lama ditinggalkan, tapi saat dia menemukan sesuatu yang mengingatkannya kembali reaksi yang ditunjukkan jauh dari rasa tidak percaya. There’s no emotional residence at all! Masih di saat yang sama, Ethan benar-benar meninggalkan anjingnya saat dia kembali bertemu dengan orang yang sangat spesial untuknya dulu. Dua orang dewasa ini langsung ngobrol bareng, kemudian saling mengutarakan perasaan masing-masing tanpa menyadari kalau itu adalah perbuatan anjingnya sendiri. Mereka tidak ikut menyertakan anjingnya dalam pengalaman ajaib ini dan itu sakit. 😦

dog-2

A Dog’s Purpose adalah film yang dibuat untuk memperingati hubungan antara manusia dan anjing peliharaannya. Standing ovation untuk para anjing sebagai bintang utama dengan performa luar biasa. Sayang ceritanya yang corny dan terlalu drama mengacaukan nilai-nilainya yang penting untuk kita.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s