Tak Berkategori

WHAT WE SAY – ARRIVAL

arr-7

Director: Dennis Villeneuve

Starring: Amy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker

Score: 9/10

Kisah Keteguhan Hati Berbalut Misteri Lima Dimensi

Oke, Saya harus berhati-hati menulis ulasan film yang satu ini. Sebelum rilis di Indonesia, Arrival sudah mendapatkan review yang sangat positif di Amerika Serikat. Berbagai prestasi juga berhasil diraih seperti mendapatkan “Best Sci-Fi / Horror Movie” di Critics’ Choice Awards 2016 dan nominasi “Best Actress (Drama)” untuk Amy Adams dan “Best Original Score” untuk Johann Johansson di ajang Golden Globe 2017. Tidak hanya itu, film ini juga masuk di setiap daftar “10 Film Terbaik 2016” yang dibuat oleh media-media ternama Amerika. Dengan raport bagus seperti ini, sayang rasanya jika Kamu melewatkan apa yang akhirnya datang di bisokop favoritmu sekarang.

arr-4

Arrival bercerita saat spacecraft asing datang ke Bumi secara tiba-tiba. Tidak tanggung-tanggung, ada 12 pesawat berbentuk cangkang raksasa yang mendarat di 12 tempat berbeda. Guna mengetahui maksud dan tujuan mereka, pemerintah menunjuk Professor Louise Banks (Adams), seorang linguist Universitas Berkeley, untuk berinteraksi dengan alien yang ada di dalam pesawat tersebut. Bersama dengan seorang fisikawan bernama Ian Donelly (Renner), Louise berusaha untuk menerjemahkan misteri di balik kedatangan makhluk yang kemudian mereka sebut sebagai Heptapod.

arr-1

Buat Kamu yang menganggap Arrival adalah film semacam Independence Day, uh oh, kamu salah besar! Dennis Villeneuve mengemas film ini sebagai slow-burn mystery drama. Karakter Louise dan Ian akan langsung diajak bertemu dan berinteraksi diengan Heptapod. Usaha mereka berinteraksi melalui bahasa juga tidak langsung sukses. Mereka naik ke kapal, berinteraksi, lalu turun ke basecamp dan mempelajari maksudnya. 18 jam kemudian mereka melakukan hal yang sama, dan begitu seterusnya.

arr-2

Membosankan? Tidak juga. Dennis berhasil mengatasi kebosanan penonton dengan gaya penyutradaraannya yang cantik, dan score yang bikin bergidik dari Johann Johansson. Bagaimana Dennis bisa menggambarkan tempat-tempat spacecraft itu mendarat secara long take di berbagai negara sangat mengagumkan. Belum lagi ke-kepo-an kita akan kecanggihan desain, teknologi dan bentuk asli dari Heptapod yang diberi nama Costello dan Abbott. Terakhir, misteri dari “Why Are They Here” terus menimbulkan dugaan tentang apa yang akan terjadi berikutnya.

arr-3

Unsur kemanusiaan dan bagaimana mereka bercerita menjadi highlight sesungguhnya. Ketakutan dunia yang timbul, berita-berita aktual yang muncul, dan bagaimana para pemimpin dunia mengatasi masalah dan meredakan situasi sukses membangun tensi film ini. Desakan Pentagon kepada tim elit yang berada di lapangan membuat Arrival semakin menarik diikuti. Dan saat manusia berhasil menerjemahkan arti, mereka sudah kalah lebih dulu dengan ketakutan mereka sendiri.

arr-5

Lebih dari itu, kedatangan alien-alien ini memberikan pengalaman yang tidak terduga untuk karakter Louise Banks, dan Dennis Villeneuve berhasil menceritakannya secara personal dengan cara yang tidak terduga. Arrival di satu sisi adalah film tentang keteguhan hati seorang ibu. Bagaimana dia berjuang dan betapa besar kasih sayangnya terhadap anak. Kerennya, Dennis berhasil mencampur-adukkan momen perjalanan hidup Louise dengan bingkai science-fiction. Mungkin kamu awalnya menganggap kalau sisipan-sisipan memori Louise dan anaknya adalah pengganggu, tapi percayalah, waktumu tidak akan habis sia-sia karena semuanya dibayar lunas di akhir cerita!

arr-6

Amy Adams adalah inti dari film ini dan dia berhasil membawa beban tersebut dengan baik. She’s just amazing. Banyak rumor yang bilang kalau Amy akan menjadi salah satu nominee “Best Actress” di Oscar nanti, dan anggapan tersebut tidak salah sama sekali. Amy sukses memerankan Professor Louise Banks dan seiring berjalannya waktu kita semakin percaya dengan apa yang dikerjakannya. Hebatnya, Amy juga sukses mengeluarkan sisi humanis dengan cara menceritakan kisah hidup Louise yang tidak biasa. In other way, we can say that ‘Arrival’ is a mom telling the story about her life.

This movie is so special. Highly recommended.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s