Tak Berkategori

HYPE – Kenapa Kamu Harus Nonton ROGUE ONE: A STAR WARS STORY?

rogue 2

Film antologi Star Wars yang terbaru, Rogue One, mulai rilis di Indonesia dari tanggal 14 Desember. Nah, biar kamu gak ketinggalan hype-nya nih, berikut 7 alasan dari kami mengapa film Rogue One sangat memancing perhatian dan worth to watch. Kalau kamu punya alasan yang lain, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Kami akan sangat senang kalau pembaca kami tidak hanya aktif membaca, namun juga bisa berpartisipasi positif. So, here we go!

vader

DARTH VADER – Karakter ini sudah jadi tuhan dari film-film Star Wars, jadi kembalinya dia di film ini sangat diantisipasi para penggemar dan moviegoers di seluruh dunia. Saking penting dan sakralnya Vader, menurut penuturan sutradara Gareth Edwards di Empire Magazine, saat syuting “Rogue One” berlangsung tidak boleh ada satu karakter-pun yang memandang lebih tinggi darinya. Vader is always the tallest person on scene. Note that!

ge

DIRECTORIAL STYLE – Sutradara Gareth Edwards punya gaya penyutradaraan yang cukup berani. Selain tidak memakai green screen dan lebih banyak memanfaatkan practical effects layaknya film-film Star Wars sebelumnya, teknik penyutradaraan Edwards lebih grounded, shaky, dan terekesan sangat nyata bagi penontonnya. Kamu bisa cek itu di filmnya yang berjudul “Monsters” (2010).

Meskipun begitu, Edwards tetap memasukkan unsur-unsur lama. Dia akan mencampur gaya handheld-nya dengan gaya klasik dan stabil a la Star Wars. Buat dia, jika dia men-direct film ini terlalu ke “kiri”, maka filmnya akan nampak bukan seperti film Star Wars. Tapi, jika dia mengarahkannya terlalu ke “kanan”, rasanya hanya seperti berkaraoke dengan lagu-lagu George Lucas yang sudah nge-hits.

rogue 1

THE FILM – Sangat menarik untuk mengetahui bagaimana jadinya jika sebuah film Star Wars ditampilkan tanpa penampakan jedi, C3PO, R2-D2, Chewbacca, dan sabetan Lightsaber. Rogue One akan menjadi “the first stand-alone movie” dalam dunia Star Wars, jadi saya pribadi sangat penasaran terhadap apa yang akan mereka tonjolkan sebagai pembeda, dan bagaimana film ini bisa “nyambung” ke film-film lainnya.

rogue-one-cast-photo-d23

THE REBELSRogue One menjadi film kedua secara berturut-turut yang menampilkan karakter wanita sebagai jagoan utamanya. Jyn Erso (Felicity Jones) akan memimpin kelompok pemberontak yang kerennya diisi oleh orang-orang dari berbagai macam ras. Ada Kapten Cassian Andor yang diperankan oleh aktor hispanik, Diego Luna. Lalu Jiang Wen dan Donnie Yen yang menjadi wakil Asia sebagai Baze Malbus dan Chirrut Imwe. Terakhir, ada Riz Ahmed yang berperan sebagai Bodhi Rook, pilot imperial yang membelot.

fw

Belum cukup? Forest Whitaker meramaikan keberagaman cast ini sebagai Saw Gerrera. Diversity ini diyakini akan membuat Rogue One sukses di berbagai balahan dunia karena berpotensi membuat keterkaitan antara penonton dan karakter-karakter yang ada di dalam film. Seakan-akan film ini berkata, ‘gak peduli lo orang mana, lo bisa jadi bagian dari kita dan melawan musuh bersama-sama’.

ks20

OTHER REBELS – Tentu tidak lengkap jika sebuah film yang ada sangkut pautnya dengan Star Wars tidak menyertakan robot dan makhluk-makhluk lain di dalamnya. Untuk Rogue One, ada 3 karakter yang memancing perhatian.

Pertama adalah K-2SO (Alan Tudyk), robot imperial setinggi 7 kaki yang diprogram oleh kaum pemberontak. Robot ini merupakan antitesis dari robot C3PO dan akan lebih terlihat seperti Chewbacca, namun dalam tubuh droid. Jangan heran jika dia berani menentang apa yang tidak dia suka, because he’s not the kinda droid that follows every order.

bistan

Kedua adalah seekor space monkey bernama Bistan. Apa perannya untuk kaum pemberontak masih belum dijelaskan secara rinci, namun yang pasti Bistan adalah door gunner dari pesawat pemberontak yang berbentuk U-Wing dan partner in crime dari Pao yang merupakan makhluk alien lainnya di tim pemberontak. Bistan termasuk dalam spesies Lakaru, spesies yang belum pernah di-mention sebelumnya di Star Wars Universe. Dan yah, dia adalah salah satu practical effects.

c2b5Terakhir, ada C2-B5, yang katanya merupakan versi jahat dari RD-D2. Robot ini mempunyai desain yang sama persis dengan R2-D2, bedanya adalah C2-B5 berwarna hitam. Perannya di kubu imperial adalah menjadi astromech droid, atau robot yang mengururs mesin-mesin imperial. Cuman, teknisi-teknisi imperial tidak memberi kemerdekaan bagi droid-droid nya. Mereka menghapus ingatan para droid secara berkala (frequent memory wipes) agar mereka tetap tunduk pada penguasa.

TERRIFIC PLACES – Buat para penyuka traveling, Rogue One bisa jadi film yang tepat untuk dijadikan referensi berlibur mengingat film ini syuting di beberapa negara yang terkenal dengan keindahan alamnya: Yordania, Islandia, dan Maldives.

NEW TROOPS – Terakhir, ada stormtrooper baru bernama Death Troopers. Pasukan ini ternyata mendapat perhatian khusus dari Edwards. Awalnya Edwards menginginkan potret Stormtroopers ideal yang terlihat tinggi, keren, dan atletis. Namun dia malah kecewa saat orang-orang seperti ini dipakaikan armor stormtroopers malah jadi terlihat gemuk, dan agak chunky seperti pemain NFL. Jadi, Edwards memutuskan untuk memanggil orang-orang yang tinggi dan kurus untuk kemudian dibuatkan baju stormtroopers khusus. Setelah dicat hitam, mereka dinamakan Death Troopers, pasukan khusus imperial dan bawahan dari musuh utama film ini, Director Orson Krennic (Ben Mendelsohn).

dt

Jadi, sudah siap bertempur dengan para pemberontak, Cinefellas? May the force be with you!

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s