Tak Berkategori

WHAT WE SAY – HEADSHOT

hs-1

Director: Timo Tjahjanto, Kimo Stamboel
Starring : Iko Uwais, Chelsea Islan, Julie Estelle, Zack Lee, Sunny Pang, Ganindra Bimo
Score : 7,8/10

Sejak membintangi The Raid, Iko Uwais seolah menjadi jaminan mutu sebuah film laga. Tak heran apabila film Headshot juga begitu ditunggu-tunggu jadwal penayangannya. Dan hasilnya, sebuah film yang alur ceritanya  mudah ditebak tapi adegan laganya yang beruntun seolah-olah menutupi kekurangan film ini.

hs-3

Film dibuka dengan bentrokan antara sipir dan tahanan di penjara. Di sinilah sosok Lee (Sunny Pang) yang kejam diperkenalkan.

Adegan kemudian beralih pada mahasiswi kedokteran bernama Ailin (Chelsea Islan) yang sedang magang di sebuah rumah sakit di Sumatera. Ia selama dua bulan merawat pasien yang sedang koma (Iko Uwais). Tubuh pasien itu penuh bekas luka, membuat Ailin prihatin. Ia memberi nama pasien tersebut Ishmael. Nama yang diambil dari sebuah tokoh di novel Moby-Dick.

hs-2

Saat Ishmael akhirnya siuman, ia tak ingat asal usulnya, juga namanya. Ailin mengajaknya menemui Pak Romli (Epy Sukandar) yang menemukannya dan menyelamatkannya. Ia tinggal di sana sambil berusaha mengembalikan ingatannya.

Namun jejaknya ternyata terendus oleh kelompok kriminal penjual narkoba dan senjata gelap. Mereka memberitahukan Lee jika bekas anak buahnya itu dirawat oleh seorang dokter. Maka Lee memerintahkan anak buahnya untuk menghabisi Ishmael. Tapi saat itu Ailin tidak bersama Ishmael, sehingga Ailin pun diculik dan ditawan.

hs-6

Dari segi alur cerita bisa dibilang plotnya biasa saja. Malah kurang tergarap dengan baik. Alurnya sederhana dan mudah ditebak. Ala-ala Jason Bourne dan Unleashed-nya Jet Lee yang tokoh utamanya sama-sama pernah mengalami amnesia kemudian diburu. Bedanya, film ini menambahkan unsur romantis, antara Ailin dan Ishmael, meskipun tanggung.

Sedangkan dari sisi dialog, inilah kelemahan terbesarnya. Dialognya sarat makian juga terkesan kaku, seperti bukan bahasa percakapan sehari-hari. 😦

hs-4

Dari jajaran akting, saya menyukai performa Chelsea Islan di sini yang tidak berlebihan dalam memerankan mahasiswi kedokteran yang kemudian terlibat dalam urusan para gangster. Iko Uwais meskipun agak lemah dari sisi pengucapan dialog dan emosi, namun kualitas aktingnya semakin berkembang dibandingkan film-filmnya sebelumnya.

Ganindra Bimo sebagai salah satu kriminal cukup mencuri perhatian. Duo Julie Estelle-Very yang berperan sebagai kakak beradik pembunuh di The Raid kembali berduet sebagai pembunuh mematikan. Julie memerankan Rika, yang ahli menembak dan Very Tri Yulisman didaulat sebagai Besi yang memiliki senjata ampuh berupa stik. Julie semakin pas menjadi aktris laga. Bisa jadi suatu saat ia menjadi jagoan wanita seperti Angelina Jolie dan Kate Beckinsale.

Tetap yang paling beringas adalah bosnya, Lee yang misterius dan brutal. Aktor asal Singapura ini di negerinya dikenal sebagai aktor laga. Kemampuan bela dirinya di film ini memiliki unsur bela diri Cina.

hs-5

Yang paling menarik dari film ini adalah adegan laganya yang benar-benar penuh. Rasanya Iko Uwais tak pernah lelah untuk terus bertarung dan bertarung. Penonton seperti tak dibiarkan mengambil nafas.

Saya sependapat dengan komentar seorang pengamat di Toronto bahwa menonton film Headshot itu seperti bermain video games di mana pemainnya terus melawan musuh dengan level kesulitan yang semakin meninggi. Saya juga merasakan seperti itu di mana level ketegangan semakin bertambah ketika menghadapi musuh pamungkas.

Film ini penuh pertarungan yang bersimbah darah. Yang dijual adalah adegan pertarungannya, jadi jangan kaget di adegan pembuka sudah disuguhi adegan yang bisa membuat mual bagi yang belum pernah menonton The Raid.

@dewi_puspa00

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s