Tak Berkategori

WHAT WE SAY – DEATH NOTE: LIGHT UP THE NEW WORLD

dn-poster

Director: Shinsuke Sato.

Starring: Masahiro Higashide, Sosuke Ikematsu, Masaki Suda, Erika Toda, Mina Fujii, Nakamura Shido II, Sota Aoyama, Miyuki Sawashiro, Rina Kawaei.

Score: 7.9 / 10

“Siapapun yang namanya tertulis dalam buku ini. Akan Mati. – Death Note page 1

Kalimat di atas terlihat seperti becandaan biasa bukan? Namun, justru sebuah inilah yang berhasil membuat buku milik shinigami jadi mendunia. Dua film live-action nya pertama kali dirilis pada tahun 2006. Saat itu, film tersebut masih berupa serial drama yang dijadikan satu menjadi sebuah film. Siapa sangka, meski live-action nya saat itu sempat dicerca karena memiliki akhir yang berbeda dengan versi Manga-nya, Takeshi Obata dan Tsugumi Ohba memutuskan kembali menerangi dunia ini dengan Death Note: Light Up The New World.

Shinsuke Sato terpilih sebagai pengarah film, tak lupa pula ia menarik kembali Erika Toda untuk kembali memerankan Misa Amane, Sota Aoyama sebagai Matsuda, Nakamura Shido II sebagai Ryuk, serta memasukkan beberapa footage Light Yagami / Kira (Tatsuya Fujiwara) dan L (Ken’ichi Matsuyama) kedalam saga generasi barunya ini.

dn-2

10 tahun pasca perseteruan L vs Kira yang menyebabkan dunia bergejolak karena adanya buku tersebut, kini beberapa shinigami kembali menurunkan buku mereka ke Bumi dengan maksud tertentu. Tersebutlah 6 Death Note yang tersebar di Dunia. 1 diantaranya dimiliki Tim Penanganan Kasus Kira yang dipimpin oleh Tsukuru Mishima (Higashide), 1 lagi dimiliki secara sembunyi-sembunyi oleh penerus L, Ryuzaki (Ikematsu) dan 3 sisanya telah dipegang oleh penerus Kira, Yugi Shion (Suda) sementara salah satunya dipegang kembali oleh Misa Amane (Toda).

Shion percaya bahwa dengan mengumpulkan keenam Death Note tersebut, maka ia sudah bisa mewarisi nama Kira sekaligus dapat bertemu kembali dengan penerus Light Yagami / Kira sesungguhnya. Sementara Ryuzaki sebagai penerus L (Matsuyama) percaya bahwa dirinya bisa lebih baik menangani kasus ini daripada L, tanpa menggunakan Death Note yang ada di genggamannya. Ditambah lagi dengan Mishima yang juga memimpin kasus Kira dari kubu pemerintah, Mishima dan Ryuzaki harus bekerjasama menangkap para penerus Kira tersebut dan mengungkap identitas asli Kira utama yang mereka kejar meskipun mereka berdua sendiri masih dalam krisis kepercayaan.

dn-5

Dibuka dengan adegan seorang dokter, Roger Irving (Kuvaev) menemukan Death Note tepat di depan rumah pasiennya. Adegan tersebut memulai film ini dengan sangat baik tanpa harus menjelaskan lagi bagaimana cara kerja buku tersebut. Berikutnya, salah satu penerus Kira yang menginginkan dirinya melebihi Kira sebelumnya, Sakura Aoi (Kawaei) berhasil membuka adegan aksi dengan membunuh massa secara acak di tempat terbuka, yang malah membuat pemegang Death Note tersebut terasa begitu menyeramkan.

Berlanjut pada info penting tentang tersebar nya 6 buku, juga tidak akan berlakunya buku ketujuh jika keenam Death Note sebelumnya masih eksis. Singkat kata, Jumlah maksimal Death Note yang dapat turun ke Bumi hanya 6. Sekuens pembuka tersebut berhasil memperkenalkan kembali beberapa aturan buku kematian ini dengan cemerlang dan tanpa harus lama berbasa-basi, termasuk efek melihat shinigami bila seseorang menyentuh buku tersebut.

dn-4

Beberapa footage Kira dan L mungkin akan membuat penggemar sedikit rindu dengan performa kedua aktor tersebut, apalagi Ken’ichi Matsuyama yang disebut-sebut oleh fans telah berhasil membangunkan karakter L dengan sempurna. Namun, jika dilihat dari segi akting, Sosuke Ikematsu sebagai Ryuzaki atau penerus L? saya pikir tidak cukup buruk.

Ryuzaki tentu saja dibuat berbeda dengan L. Pakaiannya yang hitam saja sudah bertentangan dengan T-Shirt yang dikenakan L. Otomatis, karakter Ryuzaki dibuat benar-benar berbeda dengan L, namun tanpa menghilangkan beberapa sifat aneh kedetektifannya. Jika L kurang aktif bergerak, maka Ryuzaki justru sangat suka untuk turun ke kelapangan. Ibarat karakter dalam Manga-nya, mungkin Ryuzaki ini adalah salah satu perwujudan penyatuan karakter Near dan Mello (Death Note buku 8-12).

dn-1

Beberapa shinigami kembali, termasuk shinigami ikoniknya, Ryuk. Sayang sekali hanya ada 3 shinigami yang muncul. Itupun hanya 2 yang berperan besar dalam keseluruhan jalan cerita. Arma (Sawashiro) digambarkan sebagai Shinigami perempuan yang cocok sekali menjadi pasangan kepribadian Ryuzaki. Mengingatkan para penggemar akan Rem yang juga dulu melindungi Misa hingga mengorbankan dirinya seperti Jealous.

dn-3

Plot story? sungguh keterlaluan. Meski belum bisa dikatakan mengalahkan serunya perseteruan antara Light vs L, Tsugumi dan Takeshi menyajikan aksi yang lebih tak terduga, beserta dengan plot twist nya yang benar-benar mencengangkan. Siapa Kira sesungguhnya? Untuk apa ia mengumpulkan kembali keenam Death Note? Apa tujuan Ryuk sebenarnya dalam menyebarkan Death Note pada umat manusia? Jawaban tersebut hanya dapat terjawab jika anda menonton film ini.

dn-hol

At last, hanya sebagai informasi saja, Death Note juga telah diadaptasi oleh Hollywood dalam film layar lebar. Nat Wolff akan memerankan Light / Kira, dan filmnya sendiri direncanakan akan rilis di tahun 2017 nanti. Mari berharap film Death Note garapan Hollywood ini tidak mengecewakan seperti adaptasi manga yang pernah mereka buat sebelumnya.

@arifrubbiyanto

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s