Tak Berkategori

WHAT WE SAY – FANTASTIC BEASTS AND WHERE TO FIND THEM

fb-poster

Director: David Yates.

Starring: Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Alison Sudol, Dan Fogler, Colin Farrell, Samantha Morton, Ezra Miller, Carmen Ejogo.

Score: 7.7 / 10

“There is no reason to worry about. – Newt Scamander.

The Magical World of Harry Potter is back! Kali ini, David Yates tidak menunggu J.K Rowling untuk membuat sebuah buku yang lantas mengadaptasinya menjadi film layar lebar. Namun penulis yang dikenal dengan nama panjang Joanne Kathleen ini langsung mendedikasikan dirinya untuk menulis keseluruhan naskah dari film yang mengangkat hewan-hewan fantastis dalam saga Harry Potter. Terus terang, judul film ini memang sudah tidak asing lagi bagi Pottermore (Sebutan bagi para penggemar Harry Potter) karena Fantastic Beasts and Where To Find Them tidak lain adalah sebuah buku pelajaran para murid Hogwarts. Singkat kata, Pottermore akan menonton sebuah film yang sebagian besar jalan ceritanya tidak bisa mereka tebak seperti sebagian besar film Harry Potter yang nyatanya memang diangkat dari novel.

fb-1

Newt Scamander (Redmayne) adalah seorang Magizoologist yang datang ke New York untuk mengembalikan salah satu piaraannya ke alam bebas. Kurang beruntungnya ia ketika salah satu hewannya, Niffler (hewan yang suka dengan benda berkelip) lepas dan meneror bank. Saat mengejar Niffler, Newt berpapasan dengan seorang No-Maj (sebutan Muggle/manusia biasa di Amerika), Jacob Kowalski (Fogler) yang secara tidak sengaja membawa koper Newt karena tertukar. Seorang Auror bernama Tina Goldstein (Waterston) menangkapnya karena pelanggaran membawa hewan berbahaya di New York dan segera membawa Newt ke MACUSA (Magical Congress of The United State of America) untuk diadili. Namun karena koper sebagai barang bukti tertukar, Tina tidak bisa menghakiminya.

fb-5

Newt mengikuti jejak hewannya yang lepas agar menuntunnya pada kediaman Kowalski. Tanpa sepengetahuan Tina, beberapa hewan telah terlepas secara tidak sengaja. Di lain tempat, sebuah bahaya menuntun seorang Magical Security, Percival Graves (Farrell), dalam mengejar materi kegelapan yang disebut sebagai Obscurial. Obscurial akan menjadi ganas apabila ia menemukan inang yang cukup sedih dan menderita. Mendengar akan adanya bahaya tersebut di New York, Newt mau tak mau harus turun tangan karena sebelumnya dia juga pernah menangani Obscurial yang mengamuk.

fb-6

Diperankan oleh aktor-aktor berkualitas, Fantastic Beasts terasa cukup memuaskan untuk mengenang kembali dunia sihir Harry Potter yang telah usai pada 2011 lalu. Meskipun belum ada yang bisa menandingi trio Harry-Ron-Hermione, namun chemistry antara Eddie-Katherine-Fogler dan Sudol cukup bagus. Ditambah lagi Rowling memunculkan karakter Muggle sebagai salah satu peran utama. Hal ini adalah sebuah terobosan karena untuk pertama kalinya dalam dunia sihir Harry Potter, seorang Muggle dapat memiliki peran cukup besar dalam alur cerita.

fb-4

Di lain hal, banyak juga istilah baru yang ternyata adalah hasil konversi perbedaan budaya sihir Inggris dan Amerika. Contohnya seperti penyebutan ‘Muggles‘ yang diganti menjadi ‘No-Maj‘, serta adanya sekolah sihir terbaik di Amerika Ilvermorny yang sempat disebut dalam film. Hal ini tentu saja membuat Pottermore maupun penikmat baru saga ini akan sedikit bingung. Untungnya, dalam situs fantasticbeasts.com, mereka merilis beberapa video yang didalamnya termasuk History of Magic in North America, Ilvermorny School of Witchcraft and Wizardy dan The Magical Congress of The United State of America. Ketiga video penjelasan tersebut terangkum juga dalam naskah yang ditulis J.K. Rowling dalam situs pottermore.com. Gunanya adalah untuk melengkapi pengetahuan penonton tentang dunia sihir di Amerika yang agak berbeda dengan dunia sihir di Inggris.

fb-7

Special Effect dan CGI-nya tak perlu diragukan lagi. Terasa dan terlihat cukup menyatu dengan environment yang ada, terutama saat Newt memperkenalkan semua peliharaannya pada Jacob. Detail masing-masing monster terlihat cukup menarik di scene tersebut. Bahhkan menurut beberapa sumber, Bowtruckle (monster tanaman kecil) kesayangan Newt yang ia namai Picket ini termasuk dalam makhluk yang paling sulit dirancang oleh tim visual. Setidaknya, ada 200 versi yang dibuat sebelum akhirnya mencapai bentuk yang memuaskan.

grindelwals

Berikutnya dari gosip karakter yang muncul. Dalam beberapa sumber Harry Potter memang diceritakan bahwa Tina akan menjadi istri Newt nantinya. Namun siapa sangka bila Newt sebelumnya pernah punya wanita yang ia sukai di Hogwarts, dan itu berhubungan dengan nama keluarga Lestrange. Yup, Zoe Kravitz hadir dalam bentuk foto sebagai Leta Lestrange. Tidak hanya itu, Johnny Depp yang telah dikonfirmasi akan hadir dalam sekuelnya malah sempat muncul dalam film ini sebagai Gellert Grindelwald, sahabat sekaligus musuh berat Albus Dumbledore. Akan lebih menarik jika nantinya akan muncul Albus Dumbledore versi dewasa pada sekuelnya, dan memicu perang besar antar mereka berdua sebagai salah satu kisah ‘The Greater Good’. Well, entah bagaimana nanti sekuelnya karena meskipun Grindelwald akan menjadi ‘Voldemort’nya saga Fantastic Beasts, tokoh utamanya pasti masih dipegang Newt Scamander, meskipun karakter utama yang seharusnya mengalahkan Grindelwald adalah Dumbledore.

fb-8

Sebelum filmnya rilis, Studio sudah mengkonfirmasi akan ada 4 sekuel bagi Fantastic Beasts. Dua diantaranya telah mendapatkan tahun rilis (2018 dan 2020). Apa yang akan Newt lakukan di film berikutnya sangat patut ditunggu. Karena Rowling sepertinya tidak menjadikan Fantastic Beasts ini sebuah novel panjang seperti Harry Potter. Bahkan, tersebar rumor bahwa The Cursed Child akan digarap dengan mengangkat kembali beberapa aktor lama Harry Potter (Daniel, Rupert dan Emma) setelah studio berhasil menyelesaikan saga Fantastic Beasts ini.

Finally, tidak seperti akhir saga Harry Potter yang sedikit gelap, Fantastic Beasts and Where to Find Them sepenuhnya bernuansa film keluarga layaknya 2 film pertama Harry Potter garapan Chris Columbus dulu.

@arifrubbiyanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s