Tak Berkategori

WHAT WE SAY – KEEPING UP WITH THE JONESES

kuwtj-1

Director: Greg Mottola

Starring: Zach Galifianakis, Isla Fisher, Jon Hamm, Gal Gadot, Maribeth Monroe, Matt Walsh, Patton Oswalt

Score: 6/10

Ini pertama kalinya saya menonton film di bioskop tanpa melihat trailer-nya terlebih dahulu. Cemas karena jangan-jangan filmnya tidak seru atau membosankan. Saya menonton film ini karena di posternya terpampang wajah ayu nan seksinya Gal Gadot. Dengan asumsi asal “Ah, film yang ada Gal Gadotnya biasanya nggak jelek”, saya pun memutuskan untuk film ini.

Keeping Up with The Joneses bercerita tentang Jeff (Zach Galifianakis) dan Karen Gaffney (Isla Fisher), sepasang suami istri normal pada umumnya yang baru saja ditinggal kedua anaknya pergi berkemah. Mereka berencana untuk memperintim hubungan mereka di rumah dengan melakukan hal-hal yang tidak biasa mereka lakukan. Di saat itu, datanglah tetangga baru, Tim (Jon Hamm) dan Natalie Jones (Gal Gadot), yang tidak disangka-sangka akan merubah hidup Jeff dan Karen.

KEEPING UP WITH THE JONESES

Keluarga Jones sangatlah sempurna. Tim adalah seorang traveler, fasih berbicara banyak bahasa dan juga tampan. Natalie sendiri adalah seorang food blogger dan juga dermawan yang membantu anak-anak miskin di Sri Lanka, dan tentunya, sangat cantik. Mereka berdua sangat ramah pada tetangga-tetangga sekitar. Jeff melihat adanya kedekatan yang bisa dijalin antara dia dengan Tim. Sedangkan Karen, dia terus merasa bahwa ada yang aneh dengan keluarga Jones. Sampai akhirnya terungkap bahwa Kelurga Jones adalah mata-mata.

kuwtj-3

Alur cerita film ini termasuk yang gampang ditebak. Jeff dan Karen pasti akan terlibat di dalam kegiatan spionase Keluarga Jones. Itu pula yang saya pikirkan. Apalagi dengan sifat kepo-nya Karen yang sangat ingin tahu apa yang keluarga Jones sembunyikan. Humor yang muncul dalam dialog-dialognya saya rasa masih dapat diterima oleh penonton. Akting dari para pemainnya pun saya rasa cukup untuk kategori film sejenis ini. Untuk ukuran film yang berkonsep spionase dan aksi, film ini sangat kurang dari dua unsur tersebut. Terlalu banyak unsur komedi yang diberikan, yang kadang juga “kentang”, alias kena tanggung.

KEEPING UP WITH THE JONESES

Yang menarik dari film ini adalah bagaimana hubungan bromance Jeff dan Tim yang dibangun selama cerita berlangsung. Dengan latar belakang seorang HRD, Jeff yang mengandalkan kemampuan komunikasinya dapat mendekati Tim, yang tentu saja hal ini menguntungkan Tim karena ini adalah bagian dari tugasnya. Di balik itu, penonton akhirnya tahu bahwa Keluarga Jones yang terlihat sempurna pun ternyata punya masalahnya sendiri, khususnya Tim. Karakter Karen yang sangat ingin tahu berhasil dibawakan oleh Isla dengan baik. Yang saya rasa kurang hanyalah karakter Natalie yang diperankan oleh Gal Gadot. Keeping Up with The Joneses terkesan hanya menempatkan Gal Gadot karena nama besar dan kecantikannya saja.

kuwtj-6

Well setidaknya, ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari film ini. Yang pertama, jangan jadi orang yang kelewat kepo. Kedua, semua hal (mungkin) bisa diselesaikan dengan berbicara, dengan berkomunikasi dari hati ke hati. Ketiga, selalu coba hal-hal baru bersama pasangan anda, gaya-gaya baru dalam bercinta, misalnya. Terakhir, jangan lihat film dari posternya.

@akuluthfi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s