Tak Berkategori

WHAT WE SAY – DEEPWATER HORIZON

deep-1

Director: Peter Berg

Starring: Mark Wahlberg, Kurt Russell, Gina Rodriguez, John Malkovich, Dylan O’Brien, Kate Hudson

Score: 8 / 10

Selalu menarik untuk menyaksikan kisah nyata yang difilmkan. Apalagi kisah tersebut menimbulkan kontroversi yang rumit dan melibatkan pemain besar. Mewujudkan Deepwater Horizon tentu bukan perkara mudah. Film ini berangkat dari sebuah environmental disaster terbesar dan paling merusak dalam sejarah drilling Amerika. BP Oil, sebagai pihak yang paling bertanggung jawab, tidak menyambut baik proses produksi Deepwater mulai dari detik awal. “Mereka melakukan apapun yang mereka bisa untuk menggagalkan kami”, ujar sutradara Peter Berg di Entertainment Weekly edisi Agustus 2016. “Mereka mengintimidasi pihak-pihak lainnya yang terlibat dengan film ini agar membatalkan kontraknya dengan kami hingga menit terakhir. Mereka sedapat mungkin mengganggu, mengacaukan, dan memecah belah semuanya”.

deep-2

Padahal, film ini tidak berfokus pada “betapa jahatnya” BP Oil. Peter tidak ingin menceritakan hal tersebut di layar lebar. Seperti yang telah Ia lakukan di Lone Survivor, Peter (bersama dengan aktor Mark Wahlberg) berfokus pada tindak keberanian yang luar biasa, yang muncul saat bencana hebat itu terjadi. Pada tahun 2010, Peter menonton sebuah acara di televisi dan dari sana lah semuanya bermula. “60 Minutes [nama acara tersebut] berbicara langsung pada Mike Williams (Wahlberg), orang terakhir yang keluar dari rig, dan apa yang diutarakan oleh Mike sungguh menyedihkan. Kisah mereka untuk bisa selamat dari bencana sangat luar biasa”. “Keluarga korban akan meminta pertanggung jawaban, jadi kami harus bisa memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik”, imbuh Wahlberg.

deep-5

Peter menceritakan paruh pertama film layaknya sebuah science puzzle yang membuat penasaran. Di sini kita akan bertemu dengan kru, belajar mengenai kehidupan di dalam rig, dan menentukan titik-titik yang nantinya menjadi kesalahan fatal. Takut gak ngerti dengan istilah-istilah dan tetek bengek dunia pengeboran lepas pantai? Tenang, itu tidak akan terjadi karena Peter dengan cerdas menjabarkan semuanya dengan jelas dan sederhana di salah satu scene di awal film. Kuncinya ada di sana. Jika kamu memperhatikan dan faham tentang apa yang dijelaskan sesaat sebelum karakter Mike berpamitan dengan keluarganya, sisanya tinggal mengikuti saja.

deep-3

Satu hal yang luar biasa dari Deepwater adalah set-nya. Ditulis oleh EMPIRE edisi 238, kru film tidak diizinkan untk mengambil gambar di rig sungguhan. Jadi, Peter dan seluruh tim membuat rig mereka sendiri dengan menggunakan baja seberat dua juta pounds, dan dibuat di dalam hutan kawasan New Orleans. Rig buatan ini harus cukup kuat untuk menjadi tempat mendaratnya helikopter, dan untuk menahan kobaran api yang dibuat oleh kru. “Bagiku, hal pertama yang harus diperhatikan adalah keselamatan” ujar Peter tentang rig buatannya ini. “Ini adalah film yang besar, rumit dan tantangannya juga cukup berat”. Dan ketika melihat rig tersebut meledak dan terbakar habis, rasanya seperti melihat monster yang mengamuk di tengah lautan.

kurt

Well, maksudnya “mengamuk” di sini bukannya sekedar, “oh sh*t, the rig is on fire really bad“. Let me tell you, it’s not just on fireDeepwater Horizon, yang sejatinya benda mati, terlihat seperti hidup dan memberontak sendiri. Pertamadari keganjilan-keganjilan yang ditimbulkan sebelum ledakan terjadi, kedua adalah dari hasil ledakan itu sendiri. Puing-puing yang terlontar kesana kemari, crane yang tak terkendali. Semuanya ditampilkan dengan cara yang mengerikan dan memberi impact mendalam. Bagaimana jika Kamu berada di situasi tersebut? Mungkin kamu sudah pasrah, dan tidak tahu apakah masih ada orang yang hidup di sana atau tidak.

mark

Kekacauan Deepwater juga didukung oleh akting dari aktor-aktornya. Mark Wahlberg terlihat cukup solid memerankan Mike Williams yang aslinya sudah negative thinking duluan dengan para petinggi karena Deepwater banyak mengalami kerusakan. Mark berhasil menjadi pusat perhatian film ini dan bagusnya, dia tidak terlihat heroik walaupun berjasa menyelamatkan teman-temannya. Mark juga memberikan insight lain untuk karakter Mike di mana Mika juga seorang manusia biasa yang memiliki rasa takut dan juga merasakan trauma jika mengalami peristiwa yang menakutkan seperti itu.

john

Kemudian ada John Malkovich, who plays the nowadays evil person. Donald Vidrine adalah salah satu petinggi BP Oil yang maruk, tertekan dan ketika uangnya terancam pergi, ia menghalakan segala cara. Keangkuhan dan kebodohan Vidrine membuat saya jengkel di sepanjang film. Namun apa mau dikata, Vidrine adalah karakter penting karena lewat dia lah kritik sosial film ini tersampaikan dengan baik dan dengan cara yang tak menggurui. Sayangnya, apa yang ditampilkan Vidrine di sini tidak bisa menggaransi orang-orang untuk tidak menganggap BP Oil itu jahat. They are d*cks, and Vidrine show it alongside his friends who sucks as hell.

deep-4

Pada akhirnya film ini tidak hanya mengandalkan hancur-hancurannya saja. Deepwater Horizon juga memberikan intensitas dan hati pada setiap penontonnya. “Duet Bergs” membuat kita bisa melihat dengan jelas apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang sebetulnya perlu kita ketahui di tahun 2010. Impact nya? It’s more like ‘Deepwater Disaster’, when hell is actually exist and freak the people out.

@adam_sarga

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s