Tak Berkategori

WHAT WE SAY – BAD MOMS

bad-moms-poster

Director: Jon Lucas, Scott Moore

Starring: Mila Kunis, Kristen Bell, Kathryn Hahn, Annie Mumolo, Jada Pinkett Smith, Christina Applegate

Score: 6.0/10

Setelah ketiga film Hangover mereka, kali ini Jon Lucas dan Scott Moore beralih membuat geng pembuat onar baru, kali ini wanita… dan semuanya seorang ibu. Mereka adalah Amy (Mila Kunis), Carla (Kathryn Hahn), dan Kiki (Kristen Bell). Amy adalah seorang ibu yang melakukan segalanya dan berusaha menjadi ibu yang sempurna bagi anak-anaknya yang ambisius. Kiki adalah ibu yang terisolasi di rumah karena tidak hanya harus merawat empat anak-anak yang masih kecil, tetapi juga mengurus rumahnya. Kemudian, berbeda dengan Carla, seorang orangtua tunggal yang terlalu lepas tangan terhadap anaknya yang seorang penggila olahraga.

bad-momsKarakter tokoh-tokoh yang unik telah diperkenalkan sejak di awal cerita, sebuah opening yang menarik untuk meninggalkan rasa penasaran. Cerita diawali dengan pagi hari yang sibuk di mana para orangtua mengantar anak-anaknya ke sekolah. Mila Kunis menampilkan Amy yang workaholic, repot, dan sangat penyayang. Amy mengantar kedua anaknya ke sekolah, membawakan bekal, pergi bekerja, kemudian menjemput kembali anaknya dari sekolah.  Kemudian, Kiki datang ke sekolah dengan pemandangan yang menghiba, membawa banyak anaknya seorang diri. Belakangan diketahui bahwa Kiki yang pasif dan tidak bekerja terlalu didominasi oleh Ken, Sang Suami, sehingga ia harus mengurus semuanya sendirian. Sementara itu, setelah urusannya dengan anaknya selesai, Carla yang sangat sensual menggoda para ayah yang lewat di depannya. Kebayang kan, gimana serunya perbedaan karakter diantara mereka membuat suasana film ini ramai!

ne3ugagprwco74_3_bBad Moms lebih dari sekedar premisnya, film ini lebih dari sekedar “Para Ibu yang jenuh dan ingin bersenang-senang”. Dengan gaya satirnya, film ini menyindir keadaan sosial masa kini di mana para Ibu berusaha melakukan semuanya: bekerja, mengasuh anak, dan merawat rumah. Para ibu berusaha mewujudkan gambaran ibu ideal yang bisa segalanya, tanpa memperhatikan kesenangan dirinya sendiri. Banyaknya tuntutan dan kurangnya apresiasi terhadap para Ibu yang terus berusaha menjadi sempurna ini dapat menjadi pemicu yang dapat meledakkan bom kekecewaan mereka kapan saja. Saat hal itu terjadi, kamu akan menyesal. Mereka akan menampakkan kegilaan yang selama ini tertahan dan tampil dengan gaya yang baru berwujud ibu-ibu bandel!bad-mom-1

Konflik dalam film dimulai saat ketua PTA (Parent-Teacher Association) yang seorang penggila disiplin, Gwendolyn (Christina Applegate) ingin memperpanjang jam belajar di sekolah. Amy, Kiki, dan Carla tidak menyukainya.  Karena itu, trio ini berinisiatif membuat tandingan terhadap Gwendolyn, dengan cara mencalonkan Amy menjadi kandidat ketua PTA yang baru. Dengan begitu, dimulai lah perang diantara para Ibu yang sungguh absurd. Ya, para bad moms berperang demi sistem sekolah yang tidak terlalu ketat terhadap anak-anak mereka, yang membebaskan anak-anaknya untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Dibalik absurditas kelakuan trio Ibu bandel ini, ada kritik yang ditujukan kepada sistem sekolah yang memiliki jam belajar super padat, memberatkan anak-anak, dan mendikte apa yang harus mereka lakukan.31badmoms2-master768

Anyway, karakter cast-nya yang berkesan membuat film komedi ini layak untuk dinikmati. Apresiasi lebih patut ditujukan kepada Kathryn Hahn yang berhasil memerankan Carla, seorang ibu tunggal kelas menengah ke bawah yang binal! Meskipun disutradarai oleh kedua penulis skenario Hangover, Bad Moms lebih terasa seperti menonton film-film komedi Adam Sandler daripada menonton Hangover. Terakhir, hal yang mengganggu dalam film ini hanyalah porsi deskriptif yang terlalu banyak, sehingga mengurangi estetika dialognya. Diantaranya yaitu porsi ceramah mengenai betapa indahnya surga di mana para Ibu tidak usah berusaha keras untuk menjadi sempurna atau mengejar standar sosok seorang Ibu ideal dan mengakui bahwa mereka semua adalah bad moms.

@mutshiaa

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s