Tak Berkategori

WHAT WE SAY – SULLY

 

sully-2

Director: Clint Eastwood

Starring: Tom Hanks, Aaron Eckhart, Laura Linney, Mike O’Malley

Score: 8/10

“It’s been awhile since New York has any news this good. Especially with an airplane…”

Film ini membuktikan bahwa cerita apapun bisa menjadi sebuah film yang baik, termasuk cerita yang sudah jelas happy ending. Apa resepnya? Benturkan fenomena masa kini dengan unsur manusiawi.

Sully berasal dari sebuah kisah nyata tentang “forced water landing” yang dilakukan oleh Kapten Chesley B Sullenberger (Hanks), pilot dari maskapai US Airways yang sudah makan asam garam dunia penerbangan selama 40 tahun. Suatu ketika Sully, dan co-pilot nya, Jeff Skiles (Eckhart), dihadapkan pada situasi berbahaya dan super genting. Baru lepas landas dari bandara La Guardia – New York, pesawat mereka mengalami kerusakan mesin. Alih-alih kembali mendarat di La Guardia, Sully justru membuat keputusan ekstrim; mendarat di Sungai Hudson. Dengan matinya kedua mesin, dan temperatur kota yang sedang dingin-dinginnya, keputusan ini adalah pilihan paling sulit dan berbahaya yang dapat mengancam nyawa seluruh penumpang yang ada.

sully

Bagi Kamu yang berpikir film ini hanya berfokus pada kejadian Hari H, kamu salah besar. Hal tersebut memang jadi salah satu kunci, namun konflik sesungguhnya terjadi pasca pendaratan Sungai Hudosn. Tindakan Sully dianggap keliru, apalagi ketika ditemukan data komputer bahwa mesin pesawat sebelah kiri masih berfungsi. Data ini jelas memojokkan Sully, namun ada satu hal yang tidak diketahui para hakim; apa yang dirasakan langsung di kokpit oleh manusia yang menerbangkan pesawat akan berbeda dengan apa yang didapatkan oleh data komputer. Inilah yang coba dikuak oleh sutradara Clint Eastwood, yang mana Ia sebut sebagai “The Untold Story Behind The Miracle of The Hudson”.

sully-1

Ada banyak hal yang membuat saya jatuh cinta pada film ini. Pertama adalah alurnya, kemudian editing-nya, naskahnya, dan last but not least; aktingnya. Untuk alurnya, Tuan Eastwood membuat film ini tidak monoton. Ia sangat ahli dalam mengaduk-aduk cerita dengan alur campuran. Penonton tidak ujug-ujug langsung disuguhkan dengan aksi pendaratan Sully. Mereka justru akan dibawa pada permasalahan mental yang dialami Sully, yang saat itu sudah masuk tahap persidangan. Editing yang rapih pada saat-saat flashback, kemudian kembali maju ke depan membuat film ini sangat berirama dan memunculkan tanda tanya yang membuat kita tidak beranjak dari tempat duduk. It’s just wonderful and very enjoyable to watch.

sully-3

Masuk ke naskahnya, di sini Sully benar-benar menyampaikan kritiknya dengan tepat dan tajam. Gong dari cerita ini adalah di babak akhir film, di mana Kapten Sully dengan berani melawan hakim dan dengan cerdas menyerang balik dengan pertanyaan jitu. Jujur, ini adalah saat-saat yang paling keren di mana saya berkali-kali kelepasan bilang “Nah lo”, “Hmm.. kena lu!”, bahkan sampai “Mamp*s lu! Makan tuh simulasi!!”. Reaksi yang benar-benar natural ini membuktikan bahwa ceita di balik Keajaiban Sungai Hudson ternyata tidak kalah seru dan breath-taking. Jadi, tidak heran jika efek setelah Sully diputar tidak main-main. American Airlines memberikan statement bahwa mereka tidak akan memutar film ini di seluruh pesawat mereka, sedangkan investigator NTSB (National Transportation Safety Board) menganggap film ini telah menggambarkan pihaknya sebagai penjahat secara tidak adil.

hanks

Nah, jika Clint Eastwood sukses mengacak-acak cerita dengan gaya bertuturnya, Tom Hanks berhasil mengobrak-abrik emosi penonton lewat karakter yang Ia mainkan. Sully merasa bahwa karirnya akan tamat akibat insiden ini. Namun, di sisi lain Ia sadar bahwa apa yang dilakukan saat itu adalah yang terbaik. Orang-orang pun menganggap dirinya sebagai pahlawan. Pengalamannya selama berpuluh-puluh tahun dalam dunia penerbangan membuat instingnya tajam dan Sully sangat yakin data yang diberikan oleh komputer itu salah dan jauh berbeda dengan yang dirasakan di kokpit.

jeff

Satu karakter lagi yang menonjol di sini adalah Jeff Skiles. Pilot yang satu ini adalah scene stealer yang tak terduga. Berbeda dengan Sully yang tertekan habis-habisan, Jeff terlihat santai karena Ia yakin apa yang dilakukan kaptennya sudah benar. Alih-alih berpikir yang negatif, Jeff justru lebih bisa mengendalikan diri dengan kerap mengeluarkan guyonan. Jokes yang keluar darinya pun tepat sasaran sehingga dapat mencairkan suasana walaupun sesaat. Lelucon paling lucu? Tunggu hingga film ini habis. 🙂

Walaupun ada sedikit kebingungan ketika mencoba untuk menerjemahkan cerita yang “maju-mundur cantik”, satu poin penting yang bisa kita petik dari sini adalah faktor manusia. Sully mengangkat hal yang seringkali terabaikan, apalagi dengan semakin berkembangnya kecanggihan teknologi saat ini. Mau saat di kokpit, ataupun setelah pesawat mendarat di air, Clint Eastwood secara cerdas menggambarkan semangat pilot Sullenberger dan penduduk terbaik kota New York untuk bahu-membahu menyelamatkan 155 penumpang dan kru yang terancam mati membeku.

So here’s your captain speaking. Sully is a good movie to start the fall season.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s