Tak Berkategori

FRESHMOVIE – SULLY

Director: Clint Eastwood
Starring: Tom Hanks, Aaron Eckhart, Laura Linney

Sebelum mengulik lebih jauh tentang film ini, camkan bahwa Sully (Hanks) adalah nama panggilan. Tepatnya bagi pilot Chesley Burnett Sullenberger. Pilot ini dianugerahi gelar pahlawan oleh pemerintah Amerika Serikat atas jasanya yang berhasil melakukan pendaratan pesawat secara dadakan di Sungai Hudson, Manhattan, New York tahun 2009. Sully berhasil mendaratkan pesawat US Airways penerbangan 1549 setelah dua mesinnya tidak berfungsi akibat sebuah insiden. Atas tindakannya itu, Kapten Sully berhasil menyelamatkan 155 penumpang plus seluruh awak kabin. Lebih jauh, kejadian ini dikenang sebagai “The Miracle of Hudson”.

sully-poster

Namun, kurang lengkap rasanya jika sutradara Clint Eastwood (American Sniper) hanya menyoroti bagian pendaratan mautnya saja. Tuan Eastwood menceritakan lebih dalam mengenai Sully, terlebih mengenai investigasi yang Ia jalani setelahnya. Walaupun publik kagum dengan keberanian yang ditunjukkan, pihak berwenang justru mempertanyakan keputusan cepat Sully. “Di sana lah kisah ini menemukan tensi nya sendiri”, ungkap Aaron Eckhart yang memerankan co-pilot Jeff Skiles.

sully-1

Untuk risetnya sendiri, baik Clint maupun Tom melakukannya dengan hati-hati. Clint dan seluruh kru-nya memberikan segala upaya mereka untuk membuat pendaratan pesawat ini sempurna di layar lebar. Salah satunya adalah memulai riset dengan cara yang sangat kekininan; cek YouTube. Ayah dari aktor Scott Eastwood ini memeriksa beberapa kecelakaan penerbangan yang berbeda-beda. “Ada satu di Amerika Selatan”, ungkapnya pada majalah EMPIRE edisi Oktober 2016. “Sayapnya masuk terlalu awal dan pesawat langsung terguling. Kecelakaan ini memakan sedikit korban, namun ketika kamu melihat hal-hal semacam ini, kamu akan berpikir bahwa apa yang dilakukan Sully itu sebuah keputusan hebat”.

sully-3

Tom Hanks (kiri) dan Kapten Chesley B “Sully” Sullenberger (kanan) – Variety.com

Berbeda dengan sutradaranya, Tom Hanks berlatih simulasi bersama Eckhart. Tujuannya jelas, agar mereka bisa merasakan bagaimana rasanya ketika kejadian naas itu terjadi. It’s about the exact reaction of Sully’s journey. Menurut Tom, apa yang terjadi di penerbangan 1549 dimainkan layaknya sebuah “akordion” di sepanjang film. Maksudnya, semakin lama semakin banyak hal yang terkuak sebelum akhirnya seluruh hal telah berada di luar konteks.

sully-2

Well, setidaknya pengorbanan dua pemenang Oscar ini tidak sia-sia. Setelah premiere di 43rd Telluride Film Festival 2 September lalu, film Sully mendapatkan respon yang positif. Kanal The Hollywood Reporter pun tak segan menulis bahwa Sully membuat Tom Hanks kembali dijagokan masuk nominasi Best Actor di Oscar tahun depan.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s