Tak Berkategori

FRESHMOVIE – CAPTAIN FANTASTIC

Director: Matt Ross

Starring: Viggo Mortensen, Frank Langella, George McKay, Kathryn Hahn, Steve Zahn, Trin Miller

Captain Fantastic adalah sebuah film yang segar, sekaligus mengharukan. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Matt Ross dan berhasil diputar di dua festival besar tahun ini; Sundance Film Festival dan Cannes Film Festival. Jujur, saya sendiri kaget ketika mengetahui bahwa “Keluarga Fantastis” ini turut singgah ke bioskop lokal. Maklum, gaungnya kuang terdengar dan nama aktor dan aktrisnya pun kurang terkenal. Namun, dengan prestasi dan cerita yang mereka bawa, Viggo Mortensen dkk akan memberi warna dan alternatif tontonan baru bagi penonton Indonesia.

CFday25-580.jpg

Captain Fantastic menceritakan tentang Ben Cash (Mortensen) dan seluruh anggota keluarganya yang terdiri dari istrinya yang bernama Leslie (Miller), dan enam orang anak – Bo, Kielyr, Vespyr, Rellian, Zaja, dan Naj. Apa yang membuat keluarga ini berbeda adalah cara hidup mereka yang terisolir dari dunia luar. Ben membuat “surga” untuk mereka sendiri, di mana keluarga ini hidup di pedalaman hutan Pacific Northwest. Ben kemudian menanamkan idealismenya kepada anak-anak yang diberi nama socialism dan survivalism. Inti dari pemikiran tersebut adalah; dunia luar berbahaya untukmu, jadi kamu harus bisa belajar bagaimana mengurus diri sendiri dalam berbagai aspek.

cap-fan-3

Jadi, jangan heran jika anak-anak Ben sangat mandiri. Mereka bisa bertahan hidup karena memiliki banyak keterampilan. Mulai dari menangani luka (dari yang ringan, hingga patah tulang), berburu, berternak, dan menanam bahan makanan sendiri. Seluruh anak Ben juga tidak bersekolah formal, yang berarti mereka tidak memiliki ijazah. Ben dan Leslie mendidik mereka berenam secara langsung dan menjadikan mereka anak-anak yang berpikiran kritis, dalam koridor idealisme Keluarga Cash.

cap-fan-4

Keadaan berubah ketika Leslie wafat. Kesedihan yang melanda keluarga Cash dan keluarga Leslie memunculkan pertikaian antara Ben dan Jack Bertrang, mertuanya yang juga seorang Krsiten. Jack menyalahkan Ben atas semua yang terjadi dan mengancam akan memanggil polisi jika Ben muncul di hari pemakaman. Namun Ben tidak takut. Didorong oleh keenam anaknya, mereka akhirnya keluar dari pedalaman dan menuju New Mexico demi sebuah misi terakhir bagi Leslie. Hanya saja, perjalanan mereka sangat menantang di mana keenam anak Cash akhirnya bertemu langsung dengan dunia luar, dan Bo, yang telah memasuki masa “manhood” mulai memiliki pemikirannya sendiri.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s