Tak Berkategori

WHAT WE SAY – TRAIN TO BUSAN

train 1

Director : Yeon Sang Ho

Starring : Gong Yoo, Jung Yu Mi, Ma Dong Seok, Choi Woo Sik, Ahn So Hee

Score : 9/10

Sepertinya industri film Korea tahun ini sedang giat-giatnya mengeluarkan karya yang spektakuler. Setelah kehadiran film The Wailing dan The Handmaiden, hadir kembali film survival berjudul “Train To Busan”. Mengangkat genre action dan thriller, film ini menceritakan kisah survival para penumpang kereta menuju Busan. Setelah film ini rilis di Korea, jumlah penonton berhasil menembus angka 10 juta orang. Prestasi lain yang berhasil ditorehkan adalah “kereta” ini sampai mampir ke Festival Film Cannes, tepatnya di Midnight Screenings Section. Film ini rilis di Indonesia pada tanggal 31 Agustus 2016 dan berikut ulasannya.

seok woo

Diceritakan seorang pria bernama Seok Woo (Gong Yoo) pergi menuju Busan bersama anaknya yang bernama Soo An. Tujuan mereka pergi ke Busan adalah untuk menemui mantan istrinya. Seok Woo sendiri bekerja sebagai manajer keuangan. Itulah mengapa ia bersifat sedikit kaku dan egois. Sebelum menceritakan kisah Seok Woo, diceritakan terdapat kebocoran nuklir dan beberapa jalan harus diisolasi. Seorang pengendara yang keras kepala tetap lewat dan menabrak rusa. Ia pun melanjutkan perjalanan saat mengetahui rusa yang ditabraknya mati. Keadaan berbanding terbalik. Rusa yang mati tadi bangkit kembali dan pergi.

TRAIN-TO-BUSAN_YEON-SANG-HO_PHOTO4

Di perjalanan menuju stasiun, jalanan disibukkan dengan lewatnya pemadam kebakaran. Seok Woo tidak tahu bahwa kebakaran tersebut disebabkan oleh hal lain. Saat kereta hendak jalan, seorang wanita aneh masuk ke dalam kereta. Pelayan kereta yang melihat pun langsung menyelematkan wanita itu. Naasnya, ia justru tergigit dan terkena virus zombie. Seisi kereta pun langsung berhamburan menyelamatkan diri.

TRAIN-TO-BUSAN_YEON-SANG-HO_PHOTO11

Di gerbong lainnya ada beberapa orang yang selamat yaitu ibu hamil yang bernama Sung Kyung dan suaminya yang bernama Sang Hwa, seorang pemain baseball bernama Young Gook dan pacarnya yang bernama Jin Hee, seorang gelandangan yang mengetahui kedatangan virus zombie, seorang bos perusahaan besar yang egois, dan penumpang lainnya. Setelahnya, satu persatu penumpang terinfeksi. Kereta yang mereka tumpangi pun tidak dapat berhenti di Busan dan terpaksa berhenti di Daegu. Saat mengira stasiun Daegu baik-baik saja, mereka harus menelan kenyataan pahit. Segerombolan tentara yang sudah berubah menjadi zombie mulai mengejar mereka.

TRAIN-TO-BUSAN_YEON-SANG-HO_PHOTO8

Film Train To Busan mengangkat kisah yang cliché. Seperti yang telah diketahui, sebelumnya sudah ada film bertemakan zombie dan contoh yang paling terkenal adalah serial TV The Walking Dead. Namun, ada beberapa unsur cerita yang membuat film ini berbeda dengan lainnya.

  • Unsur moral yang kuat. Seluruh penumpang di kereta sibuk menyelamatkan diri sendiri. Di situlah hadir karakter Seok Woo yang sibuk menyelamatkan orang lain terlebih dahulu.

    Karakter Soo An digambarkan sebagai anak yang peduli dengan sesama. Sebelumnya Seok Woo memperingatkan Soo An untuk mementingkan diri sendiri, namun karena melihat ketulusan Soo An, ia pun ikut membantu orang lain.

  • Sisipan komedi. Karakter Sang Hwa dijelaskan sebagai pria yang besar dan jago berkelahi namun ia justru kalah di hadapan istrinya. Percakapannya dengan Sung Kyung berhasil mengocok perut penonton.
  • Ending yang tidak terduga dan adanya twist yang membuat penonton speechless.
  • Ketegangan yang ditambah efek suara maksimal.

TRAIN-TO-BUSAN_YEON-SANG-HO_PHOTO1

Performa pemain pun tak kalah bagusnya. Aksi Gong Yoo saat berusaha melewati gerbong berisi mayat hidup patut diacungi jempol. Ia berkali-kali memberikan ide sehingga penumpang yang selamat dapat melewati gerbong. Pemain lainnya juga memberikan performa terbaik. Sayangnya, Sohee yang merupakan mantan anggota girlband Wonder Girls, terkesan kurang mantap. Aktingnya kurang meyakinkan dan artikulasinya tidak terdengar jelas. Bagi para pemain pembantu yang memerankan zombie, mereka perlu diacungi jempol!. Akting mereka berhasil membuat penonton merinding.

TRAIN-TO-BUSAN_YEON-SANG-HO_PHOTO2

Overall, di antara film Korea yang rilis di Indonesia tahun ini, Train To Busan bisa menjadi pilihan kalau Kamu memang suka film bertema survival. Setelah film ini, sang sutradara, Yeon Sang Ho, mengeluarkan prekuel dengan tema yang sama berjudul Seoul Station. Mengambil latar yang berbeda, film Seoul Station juga diantisipasi oleh penonton, apalagi yang telah menonton Train To Busan. Seoul Station menceritakan seorang ayah yang mencari anak perempuannya saat virus zombie menyebar.

@ndptrhmn

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s