Tak Berkategori

WHAT WE SAY – FREE STATE OF JONES

e-POSTER-FINAL

Director: Gary Ross

Starring: Matthew McConaughey, Gugu Mbatha-Raw, Mahersala Ali, Kerri Russel, Christopher Berry

Score: 7.8/10

Jika melihat trailer resmi film Free State of Jones, ekspektasi yang muncul untuk film ini yaitu nantinya akan penuh pertumpahan darah karena terdapat banyak baku tembak. Tetapi nyatanya, salah besar! Film ini lebih cocok dikatakan sebagai film drama-sejarah daripada film drama-perang karena porsi “ngeri” di medan peperangan yang lebih sedikit. Film yang diangkat dari buku The State of Jones oleh Sally Jenkins dan John Stauffer, juga The Free State of Jones oleh Victoria E. Bynum ini menceritakan tentang sejarah Jones County, berlatar pada masa perang sipil Amerika. Tenang, Kamu tidak akan dikhianati oleh promosinya, kok. Tetap banyak adegan perang pada film ini. Namun, perangnya adalah perang gerilya alias perang kecil-kecilan. Kata kunci pada trailer-nya yang menunjukkan inti dari film ini adalah ujaran dari Newton Knight (Matthew McCounaghey) yang mengatakan, I’m tired of helpin’ ‘em fight for their damn cotton.

THE FREE STATE OF JONES

Ujaran Newt itu merujuk kepada Twenty Negro Law yang dikeluarkan oleh pihak Konfederasi. Hukum tersebut membebaskan setiap satu anak dari petani kaya untuk wajib militer, jika memiliki minimal dua puluh budak kulit hitam dan berlaku kelipatannya. Hal itu dimaksudkan agar sumber daya kapas sebagai devisa utama Konfederasi tetap diproduksi dengan baik, meskipun dalam situasi perang. Hukum itu mengecewakan Newton, seorang petani miskin kulit putih sekaligus tenaga medis yang telah berhasil bertahan dalam Battle of Corinth.

FREE STATE OF JONES

Tertembaknya keponakan Newt dalam sebuah perang, membuat Newt pulang ke kampung halamannya di Soso. Sesampainya di sana, ia menyaksikan pemungut pajak merampas semua hak milik petani dan peternak kecil termasuk hasil ladang dan ternak, juga barang-barang miliknya dan keluarganya. Geram dengan hal itu, ia menghalangi pemungut pajak, dan kemudian dicap sebagai pembelot. Terluka karena digigit oleh anjing yang biasa mengejar budak yang kabur, Newt kemudian diantar ke sebuah rawa oleh seorang budak milik abolisianis yang bernama Sully. Di sana, Newton bertemu dengan budak-budak yang kabur. Setelah perang sipil usai, jumlah desertir bertambah banyak. Mereka menemukan jalan sendiri ke rawa tersebut di mana para prajurit dan budak yang kabur berkumpul. Dipimpin oleh Newt, komunitas itu kemudian menyusun pemberontakan terhadap Konfederasi.

FREE STATE OF JONES

Menonton film ini, membuat kita turut berempati terhadap orang-orang kulit hitam pada masa perbudakan. Kita ikut merasakan bagaimana rasanya diburu terus-menerus. Menontonnya sedikit melelahkan karena film ini ber-tone gelap dengan kemalangan yang mengikuti. Kanal Variety memberikan deskripsi yang bagus. Kita akan merasa menjadi seorang ‘liberal yang baik’. Hal tersebut paling pas ditunjukkan dengan jawaban Moses “Why you ain’t?” Atas hinaan yang dilontarkan oleh seorang desertir kulit putih yang memanggilnya budak N****. Newt kemudian memperjelas hal itu dengan mengatakan para budak kulit hitam hanya mengambilkan kapas demi petani kaya, sementara orang kulit putih rela mati demi mereka. Menontonnya membuat kita sadar bahwa yang dulu diperjuangkan seperti persamaan ras kini dapat kita nikmati. Suasana pada jaman itu makin terasa dengan dilengkapi foto-foto perang sipil Amerika sungguhan. Selain itu, film ini membuat kita mengerti bahwa perlunya belajar dari sejarah agar tindakan bodoh seperti diskriminasi ras pada jaman dulu tidak terjadi lagi.

fsj 4

Hal lain yang patut diapresiasi yaitu akting dari Matthew McCounaghey. McCounaghey memerankan Newton Knight yang sangat praktikal dan tanpa keraguan sedikit pun. Tindakan impulsifnya yang emosional suksesmembuahkan kontroversi dalam kenyataan; apakah ia layak disebut pahlawan atau hanya seorang preman yang merampok ladang-ladang milik orang kaya. Ya, Newton Knight digambarkan sebagai seseorang yang meninggalkan ambiguitas moral demi mencapai tujuannya. Wah, jika ia adalah pembuat komunitas interrasial pertama dan mematangkan Union dalam memenangkan perang demi menghapuskan perbudakan, so, he’s the man!

free 1

Meskipun begitu, Free State of Jones tidak luput dari kekurangan. Yang pertama, emosi dalam film ini cenderung kaku. Baik emosi kesedihan ketika Konfederasi dengan semena-mena membunuh para desertir dan budak, maupun emosi percintaan yang tertahan antara Newton Knight dan Rachel, kekasih Newt yang seorang mantan budak. Kemudian, selipan-selipan dalam film mengenai kisah cucu laki-laki Newt yang tidak bisa menikahi pacarnya karena seorang ras campuran atas peraturan di Missisipi pada saat itu sedikit mengganggu.

@mutshiaa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s