What We Say

WHAT WE SAY – GENIUS

MV5BNDVkNDI0MWYtNjY2Zi00YzU2LWE0YzYtMDY4MzM5M2I3YzlhXkEyXkFqcGdeQXVyMjcyNjEzNDk@._V1_

Director          : Michael Grandage

Starring          : Colin Firth, Jude Law, Nicole Kidman, Laura Linney, Guy Pearce, Dominic West

Score               : 7 / 10

Bagi saya, film bukan hanya melulu tentang cerita, kepandaian sang aktor/aktris dalam mengejawantahkan peran, ataupun adegan-adegan seru. Namun lebih dari itu, film juga harus memperhatikan detail-detail penunjang seperti kostum, soundtrack, atau bahkan para figuran sekalipun. Hal ini memang jarang diperhatikan oleh para penonton, namun menurut saya hal itu adalah faktor yang penting dalam pembuatan film yang baik.

max

Tidak banyak film drama yang mampu menampilkan cerita tentang seorang penulis dengan menarik. Sejauh ini hanya ada 2 film yang menurut saya secara keseluruhan mampu melakukan hal tersebut, yakni The Girls With The Dragon Tattoo arahan David Fincher dan Ghost Writer  karya Roman Polanski. Keduanya saya anggap mampu menceritakan perjuangan seorang penulis dalam proses penulisan sebuah buku, mulai dari intrik, persoalan sehari-hari, sampai kepada kehidupan personal sang penulis sebagai latar belakang cerita film tersebut.

Genius_5

Dalam film Genius, Michael Grandage saya anggap secara teliti mampu mengisahkan intrik antara penulis dan juga editor. Grandage menyajikan pengetahuan baru khususnya bagi saya sendiri bagaimana seorang editor sangat berpengaruh besar terhadap proses penulisan sebuah buku yang baik.

7X2A4831.cr2

Film Genius mengisahkan seorang editor bernama Maxwell Perkins yang sedang mengerjakan buku bersama seorang penulis bernama Thomas Wolfe. Intrik dimulai ketika Buku karangan Thomas Wolfe mulai meledak di pasaran dan bahkan mampu menjadi buku terbaik pada saat itu. Terlena akan kesuksesan buku tersebut, Perkins dan Wolfe memulai penulisan buku yang baru. Namun di tengah-tengah proses penulisan buku tersebut, Wolfe bertingkah aneh dan sembarangan. Pada suatu malam, Perkins tengah mengadakan makan malam dengan salah satu penulisnya di rumahnya. Wolfe tiba-tiba datang, dan megatakan bahwa sang penulis tersebut seharusnya mampu menjadi penulis seperti dirinya. Seorang penulis yang hebat, dan mampu menulsikan buku yang disukai banyak orang. Padahal, penulis yang tengah diundang makan malam oleh Perkins baru saja keluar dari rumah sakit jiwa. Perkins kecewa dan marah dengan perlakuan Wolfe terhadap penulisnya. Keduanya pun tidak bertemu dalam jangka waktu yang cukup lama, hingga akhirnya Wolfe ditemukan sekarat di rumah sakit dengan vonis tumor otak.

MV5BMjI4NTQyOTE0MV5BMl5BanBnXkFtZTgwMDk1OTExOTE@._V1_SX1777_CR0,0,1777,998_AL_

Tak lama setelah kejadian tersebut, Wolfe meninggal. Buku yang sempat ditulis Wolfe pun diterbitkan, dan kembali menjadi buku terbaik pada waktu itu.

Yang menarik bagi saya dari film Genius adalah detail-detail penunjang dari film tersebut. Pada suatu adegan yang berlatarkan rumah Perkins, film tersebut menampilkan figuran seorang wanita berkulit hitam yang berprofesi sebagai pengurus rumah. Orang kulit hitam pada zaman itu memang identik dengan profesi budak, dan rata-rata setiap orang kulit putih kaya memiliki budak kulit hitam. Dan salah satu adegan lainnya adalah pada saat Wolfe mengajak Perkins untuk pergi ke klab malam. Di klab tersebut menampilkan musisi jazz dengan pemain-pemain kulit hitam. Pada faktanya, sejarah musik jazz memang dimainkan oleh para kulit hitam yang bermukin di Amerika.

Film Genius memang tidak terlalu spektakuler dalam sebuah ukuran film drama, namun penyajian latar belakang musik, nuansa, figuran, dan tentunya penampilan para aktor dan aktris Hollywood yang memiliki standar tinggi dalam seni peran sudah cukup untuk memberi tontonan yang cukup berkualitas.

 

@Oky_Irawan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s