Tak Berkategori

FRESHMOVIE – GENIUS

Director: Michael Grandage

Starring: Colin Forth, Jude Law, Nicole Kidman, Laura Linney, Vanessa Kirby, Guy Pearce, Dominic West

Jujur, Genius adalah film yang memiliki cast factor yang tinggi jika dilihat dari prestasi-prestasi yang sudah dicapai oleh keempat pemeran utamanya; Jude Law, Colin Firth, Nicole Kidman, dan Laura Linney. Belum lagi, film ini ditulis oleh John Logan, yang merupakan three times Oscar nominees! Kisahnya sendiri diadaptasi dari buku biografi yang ditulis oleh peraih Pulitzer, Scott Berg. Melihat tiga trivia tersebut, tidak salah jika film ini masuk ke dalam daftar film wajib tonton. This is a story about the great unsung hero of American’s literature.

Genius_5

Thomas Wolfe (Law) adalah seorang penulis yang ingin menerbitkan novel debutnya. Novel ini menceritakan tentang Amerika, and all of it. Tuan Wolfe kemudian bertemu dengan editor terkenal dari Charles Scribner’s Sons, Maxwell Perkins (Firth), yang mana menjadi kunci sukses dalam karir beberapa penulis ternama seperti Ernest Hemingway (pengarang The Sun Also Rises) dan F. Scott Fitzegarld (pengarang The Great Gatsby). Film ini kemudian mengikuti kisah persahabatan dan hubungan kerja yang tak biasa dari mereka berdua, seperti yang digambarkan oleh dialog ini; “Every son of a bitch publisher in New York hates my book!”. “Mr. Wolfe, we intend to publish your book.”

7X2A4831.cr2

Apa yang terjadi setelahnya adalah sebuah drill gila yang berlangsung sangat lama. Ini karena draft pertama dari novel Thomas berjumlah lebih dari 1.100 halaman dan terus menerus bertambah. Totalitas mereka berdua akan hal ini tentu berbuntut panjang. Hubungan keluarga masing-masing menjadi terancam. Tuan Wolfe dengan pasangannya yang juga seorang perancang Amerika, Aline Bernstein (Kidman), sedangkan Tuan Perkins dengan isterinya, Louise Saunders (Linney). Pekerjaan dan ambisi mulai mendominasi hidup mereka berdua. Tensi pun mulai meninggi saat Thomas merasa gerah dengan sikap Max yang seakan-akan mencacati kata-katanya. Coret, coret, dan coret lagi tanpa ampun!!

max

Berkat ceritanya yang berdasarkan kisah nyata dan tidak biasa, Genius mencoba untuk menunjukkan pada kita sesuatu yang berbeda. Mereka kembali mengangkat peran orang di balik layardengan menampilkan potret seorang editor buku yang kerap dilupakan. Scott Berg mengungkapkan bahwa Max Perkins, dengan teknik editing -nya yang unorthodox dan kreatif, adalah orang yang hebat. “Jika kamu kembali ke masa Fiztgerald, Hemingway, dan Wolfe, tiga orang ini aslinya adalah penulis-penulis yang ditolak”, ungkap Scott. “Faktanya, Fitzgerald sudah tiga kali ditolak oleh Scribner’s sebelum Max Perkins datang. Hemingway hendak dijatuhkan oleh penerbitnya sendiri, sedangkan karya Wolfe ditolak di seluruh penjuru kota. Max adalah orang yang melihat potensi dan kejeniusan dari tiga orang ini. Ia lalu bekerja bersama mereka, bahkan seringkali mengorbankan waktunya sendiri.”

Well, that’s why He looks sleepless. He really making the books better, or just making them different.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s