Tak Berkategori

WHAT WE SAY – SABTU BERSAMA BAPAK

sabtu poste

Director: Monty Tiwa
Starring: Abimana Aryasatya, Ira Wibowo, Deva Mahenra, Acha Septriasa, Arifin Putra, Sheila Dara Aisha
Score : 7,6/10

“Kita akan bertemu hari Sabtu, hari biasa belajar yang rajin ya!”

Setiap Sabtu sepulang sekolah, Satya, Cakra dan ibunya (Ira Wibowo) bertemu dengan bapak (Abimana Aryasatya) lewat tayangan video. Sebelum meninggal, sang bapak, Gunawan Garnida, telah membuat rekaman yang berisi pesan-pesan kepada kedua putranya dan istrinya. Ia ingin kehadirannya dikenang keluarganya dan ia berharap rekaman video tersebut dapat membantu istrinya, Itje, mendidik kedua putranya.

sbb 3

Keduanya menyerap pesan-pesan sang Bapak dan tumbuh menjadi pria dewasa yang sukses. Satya (Arifin Putra) setelah lulus dari teknik perminyakan Bandung bekerja di perusahaan minyak di luar negeri. Ia menikah dengan Risa (Acha Septiasa) dan memiliki dua putra. Sedangkan Cakra (Deva Mahenra) memiliki karier cemerlang di perbankan dan sedang mencari wanita untuk menjadi pendamping hidupnya.

Konflik mulai terjadi pada tiap tokoh ketika masing-masing berupaya menerapkan pesan sang bapak secara bulat-bulat. Risa merasa terlalu dikekang akan pengaturan tugas istri dan suami oleh Satya. Cakra heran mengapa upayanya mendekati wanita selalu gagal. Dan ibunya berupaya menyembunyikan sesuatu agar kedua anaknya tidak direpotkan.

sbb 7

Film yang diproduksi Monty Tiwa ini sudah ditunggu-tunggu oleh penggemar novel karya Adhitya Mulya yang berjudul sama. Novel sebelumnya karya Adhitya Mulya, Jomblo, juga laris dan berhasil diadaptasi dalam format film layar lebar.

Memang saat ini semakin banyak novel laris yang diadaptasi ke dalam bentuk film. Dua hal yang sama-sama menguntungkan dunia sinema dan bisnis perbukuan. Namun, sebenarnya juga bisa dipandang sebagai alarm bagi dunia sinema karena bisa berarti sinema Indonesia sedang miskin ide atau darurat naskah original.

sbb 2

Film Sabtu Bersama Bapak menurut saya memiliki unsur-unsur yang lengkap bagi sebuah drama. Ada pesan-pesan yang kuat tentang pentingnya sebuah keluarga, cerita cinta yang dialami masing-masing tokoh, juga unsur komedi yang bisa memancing penonton tertawa.

Akting para tokoh utamanya, Abimana, Ira Wibowo, Acha, dan Arifin juga terliht natural. Akan tetapi yang paling mencuri perhatian di sini adalah Deva Mahenra yang mampu memerankan Cakra yang kikuk setiap bertemu dengan wanita yang diincarnya. Bukannya membuat wanita yang diincarnya, Ayu (Sheila Dara Aisha) kagum, Cakra malah membuat Ayu menghindarinya. Tanpa tokoh Cakra yang memiliki karakter kikuk, mungkin film ini bakalan datar dan agak membosankan.

sbb 4

Sayangnya, meskipun tema yang dibidik dalam film ini merupakan kisah yang dekat dengan keseharian dan bersifat emosional. Film ini tidak sampai menguras air mata. Saya awalnya berpikiran bakal sedih ketika menonton film ini dengan menyiapkan tisu di dalam tas, tapi ternyata saya tak memerlukannya. Para remaja yang duduk sebaris dengan saya juga tidak nampak sedih melainkan asyik tertawa setiap Cakra berbuat konyol di depan Ayu atau ketika berinteraksi dengan anak buahnya. Reaksi penonton saat menonton film ini memang berbeda-beda sih, oleh karena seperti yang saya sebutkan di atas ramuan filmnya memang komplit untuk paket drama, unsur keluarga-romansa-komedi.

sbb 6

Memang ada momen yang  terkesan agak dipaksakan untuk memperuncing masalah pada hubungan Risa-Satya, namun secara keseluruhan film ini asyik dinikmati baik oleh penonton dewasa maupun mereka yang masih remaja. Nah, bagi Kalian yang ingin menonton film spesial lebaran, Sabtu Bersama Bapak bisa menjadi salah satu pilihan.

@dewi_puspa00

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s