Tak Berkategori

WHAT WE SAY – JILBAB TRAVELER

jilbab 1

Director: Guntur Soeharjanto

Starring: Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Giring Nidji, Ringgo Agus Rahman, Dewi Yull, Indra Bekti

Score: 7,2/10

Panorama Indah Korsel dan Baluran yang Berhasil Menawan

Apakah panorama-panorama indah dalam sebuah film menunjang penilaian penonton terhadap sebuah film? Kalau untuk film Indonesia sepertinya iya. Tak heran apabila banyak film-film Indonesia yang memanjakan mata penontonnya dengan gambar-gambar indah, tak terkecuali film Jilbab Traveler: Love in Sparks in Korea.

Film ini mengisahkan perjalanan cinta seorang gadis yang dijuluki “jilbab traveler” karena mengenakan jilbab dan gemar jalan-jalan. Ia rangkum pengalamannya menjelajah berbagai negara tersebut lewat artikel-artikelnya yang menarik minat pembaca.

bcl

Rania Timur Samudra (Bunga Citra Lestari), namanya. Sejak kecil Ia ingin melihat dunia. Ayahnya mendukung mimpinya dengan memberikan buku tentang perjalanan Ibnu Batutah berkeliling negara-negara di mana pada masa itu mode transportasi sangat terbatas. Sejak itu mulailah Rania memberanikan diri untuk menjelajah satu demi satu negara yang dikenalnya lewat globe.

Suatu saat ayahnya sakit dan Rania ingin merawatnya. Sang ayah menolak, malah justru memberikan misi agar Rania terus melangkahkan kakinya menuju Taman Nasional Baluran, tempat si ayah bertemu dengan cinta sejatinya. Dan di sanalah hidup Rania mulai berubah. Ia bertemu dengan pria asal Korea, Hyun Geun (Morgan Oey) yang kemudian membuat perasaannya campur aduk.

Di satu sisi ada Ilhan (Giring Ganesha) yang menunjukkan perhatian yang lebih dari seorang sahabat kepada Rania. Kakak-kakaknya juga menyukai Ilhan dan mencoba menjodohkan keduanya. Saat Rania mendapat undangan writing residence di Gangwon, Korea Selatan, ia pun bertemu kembali dengan Hyun Geun. Rania pun semakin gundah. Galau.

morgan

Jangan berpikir rumit tentang film yang diproduksi oleh Rapi Films ini. Film Jilbab Traveler merupakan film sederhana yang hanya bertujuan menghibur penontonnya dengan pemandangan indah dan sebuah kisah cinta. Alur ceritanya sih menurut saya tidak beda jauh-jauh dengan formula percintaan seperti kebanyakan sinetron atau FTV. Yaitu, sebuah kisah cinta segitiga.

Meski sebenarnya alur ceritanya sangat sederhana, film ini terbantu oleh akting para pemerannya yang cukup mampu menghidupkan cerita. Akting Morgan Oey yang berperan menjadi Hyun Geun semakin terasah. Sayangnya dialog Koreanya terbilang minim dan Morgan lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia sehingga ke-Korea-annya kurang terlihat kecuali dukungan wajah orientalnya. Penampilan Bunga Citra Lestari di sini beda-beda tipis dengan perannya di film-film lain. Yang membedakan hanya outfit-nya saja. Selebihnya? No comment.

jilbab 3

Yang malah mencuri perhatian dalam film ini adalah Giring sebagai Ilhan yang mampu menampilkan karakter sebagai sosok yang perhatian namun juga cemburuan. Saya salut terhadap upaya Giring untuk mengasah kualitas aktingnya, padahal Ia lebih dikenal sebagai vokalis band dibandingkan pemain film.

Selain Ilhan, adanya Alvin (Ringgo Agus) benar-benar membantu film ini menjadi cair dan makin enak dinikmati. Alvin sebagai sahabat Hyun Geun memang pandai membuat penonton tersenyum dan tertawa melihat celetukannya atau mimik wajahnya. Tanpa kehadiran Alvin saya rasa film ini bakal menjadi datar dan membosankan.

Saya harus akui bahwa film ini sangat terdongkrak oleh panorama-panorama indah yang disajikan dalam film, baik di Baluran, Kawah Ijen, maupun sudut-sudut cantik Korea Selatan. Memang kehadiran sejumlah panorama ini masih cocok dengan topiknya yaitu tentang Rania yang gemar berpetualang, sehingga film ini tidak bisa dikatakan hanya menjual pemandangan.

jilbab

Film yang diangkat dari novel besutan Asma Nadia ini diprediksi akan menyusul kesuksesan Assalammualaikum Beijing dan Surga yang Tak Dirindukan. Tapi pada liburan lebaran ini persaingan film nasional bakal ketat, ada Rudy Habibie dan Sabtu Bersama Bapak, juga Koala Kumal yang seluruhnya mengincar box office. Kita lihat saja nanti mana yang paling berhasil menarik perhatian penonton.

@dewi_puspa00

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s