Tak Berkategori

WHAT WE SAY – TIME RENEGADES

fullsizephoto697316

Director: Kwak Jae Young

Starring: Lim Soo Jung, Lee Jin Wook, Jo Jung Suk

Score : 7,5/10

Another Korean movie is on board!. Time Renegades merupakan film yang berhasil menjadi Box Office nomor satu di Korea. Finally, film ini tayang juga di Indonesia. Wah, apa saja kelebihan film ini? Check this out!

Film ini menceritakan kehidupan dua pria yang berbeda. Di tahun 1983, hiduplah seorang pria bernama Baek Ji Hwan (Jo Jung Suk) yang berprofesi menjadi guru musik. Ia memiliki kekasih yang bernama Seo Yoon Jung (Lim Soo Jung) yang juga berprofesi menjadi guru kimia. Pada malam tahun baru, Ji Hwan melamar Yoon Jung. Di tempat yang sama dengan tahun yang berbeda, tahun 2015, Gun Woo (Lee Jin Wook), adalah seorang polisi yang sedang mengejar buronan. Di tempat yang sama pula, Gun Woo dan Ji Hwan terbunuh. Mereka segera dibawa ke rumah sakit sehingga dapat diselamatkan. Setelah kejadian tersebut, Gun Woo dan Ji Hwan sama-sama terhubung melalui mimpi.

photo699720

Ji Hwan mengetahui kejadian yang akan terjadi melalui kasus yang ditangani Gun Woo. Suatu ketika, Ji Hwan mengetahui melalui mimpi bahwa Yoon Jung mati dibunuh oleh Kang Hyeon Cheol. Ji Hwan pun berusaha mencegah namun terlambat. Yoon Jung telah ditemukan tewas. Murid Ji Hwan yang bernama Kang Seung Beom pun turut terseret karena ia adalah anak dari Kang Hyeon Cheol. Seung Beom percaya bahwa ayahnya tidak membunuh Yoon Jung. Ji Hwan mempercayai Seung Beom dan berusaha untuk menemukan pelaku sebenarnya. Selanjutnya, berbagai kejadian aneh pun terjadi.

photo699728

Di tahun 2015, Gun Woo pun ditugaskan oleh pimpinannya untuk menyelesaikan kasus pembunuhan yang belum terselesaikan sejak 30 tahun yang lalu. Saat sedang memeriksa CCTV, Gun Woo bertemu dengan So Eun, seorang wanita yang mirip dengan Yoon Jung. Setelah itu So Eun pun ikut membantu Gun Woo menangani kasus kematian Yoon Jung. Tak disangka, seluruh korban pembunuhan adalah murid kelas Yoon Jung. Gun Woo pun mulai menyelidiki kasus tersebut dengan bantuan Ji Hwan melalui mimpi. Gun Woo baru menyadari bahwa Kang Seung Beom, murid Ji Hwan, menjadi pimpinannya yang menyuruhnya menyelidiki kasus yang sama. Ia pun berusaha menguak motif Kang Seung Beom untuk menyelidiki kembali. Ketika sedang mengawasi So Eun, Seung Beom tiba-tiba menculik So Eun. Gun Woo berhasil menemukan So Eun namun So Eun telah tertabrak truk dari belakang. Gun Woo yang marah pun langsung mengancam Seung Beom untuk mengakui akar masalahnya. Setelah menjelaskan alasannya, Seung Beom mati bunuh diri dengan menembak kepalanya sendiri.

Ji Hwan pun terbantu dengan bantuan Gun Woo yang menguak motif pembunuhan. Identitas pelaku mulai terkuak. Pelaku kerap memakai masker oksigen untuk menyembunyikan identitasnya. Ji Hwan berhasil mencegah kematian murid-murid Yoon Jung dengan mengejar pelaku melalui bantuan catatan kriminal kepolisian milik Gun Woo. Diketahui pelakunya adalah guru biologi yang kesal dengan Yoon Jung. Pada akhir adegan, Gun Woo berreinkarnasi menjadi Ji Hwan dan So Eun menjadi Yoon Jung.

cj_time-renegades_still_07-res

Dengan dua latar tahun yang berbeda, film ini menggunakan beberapa bantuan yang digunakan sebagai pembeda. Pembeda pertama adalah lighting. Untuk tahun 80-an, lighting yang digunakan lebih terlihat kuning dan lawas. Sedangkan untuk tahun 2015, lighting yang digunakan lebih terang dan modern. Pencahayaan ditonjolkan dalam setiap adegan untuk membedakan latar. Pembeda yang kedua adalah properti. Properti yang digunakan juga tentu saja berbeda. Properti tahun 80-an disesuaikan dengan keadaan saat itu. Barang yang digunakan masih terlihat antik seperti jalanan dan bangunan sekolah. Sedangkan untuk tahun 2015, latar yang banyak digunakan adalah kantor polisi. Properti yang digunakan pun disesuaikan. Terdapat adegan saat Ji Hwan menceritakan mimpinya yang berisi kehidupan Gun Woo dengan handphone. Saat ia menceritakan bahwa di masa depan telepon dapat dibawa ke mana saja, teman dan muridnya tidak percaya karena hanya ada telepon umum pada saat itu.

photo709950

Alur film ini sangat complicated. Butuh konsentrasi dua kali lipat untuk mengerti jalan cerita yang dimaksud. Dalam satu adegan, kadang terdapat dua adegan yaitu pada tahun 1983 dan 2015. Terdapat adegan ketika Gun Woo tertidur dan ia mendapatkan mimpi bahwa Ji Hwan sedang mengejar pelaku. Adegan pun langsung dimunculkan begitu saja. Bahkan ada adegan antara tahun 1983 dan 2015 yang langsung dipindah begitu saja dan berbeda. Penonton pun harus mengingat kembali kejadian di alur sebelumnya.

photo706791

Cerita film ini memiliki twist yang berhasil membawa penonton masuk ke dalam film. Penonton diajak untuk menebak siapakah pelaku pembunuhan. Selain itu, ending film ini yaitu reinkarnasi Ji Hwan menjadi Gun Woo menjadi ending yang menarik. Film ini telah memberikan petunjuk reinkarnasi yaitu kemiripan Yoon Jung dengan So Eun. Selain itu, di awal film, terdapat adegan ketika Yoon Jung dan Ji Hwan sedang melihat-lihat rumah baru. Di dalam adegan itu terdapat kutipan perkataan Yoon Jung yaitu:

Katanya di saat menjelang kematian, orang bisa melihat dirinya di kehidupan yang akan datang. Namun, setelah melewati jembatan neraka, ia akan melupakan semuanya. Setelah melupakan semuanya, ia akan terlahir kembali. Lalu ia akan mengembara untuk mencari jati dirinya. Jika aku bisa terlahir kembali, aku ingin terlahir kembali seperti diriku yang seperti ini sehingga kau akan bisa mengenaliku, Ji Hwan”.

Kutipan perkataan Yoon Jung menjadi petunjuk bagi penonton bahwa akan ada reinkarnasi di dalam film. Tak disangka, Gun Woo merupakan reinkarnasi Ji Hwan dan So Eun merupakan reinkarnasi Yoon Jung. Jika sebelum menjadi guru musik, Ji Hwan ingin menjadi polisi, Gun Woo pun menjadi polisi dalam waktu singkat. Selanjutnya setelah reinkarnasi, Gun Woo berprofesi sama dengan Ji Hwan yaitu menjadi guru musik.

time

Untuk akting para pemain dalam film ini sudah tidak diragukan lagi. dengan akting yang outstanding dan arahan sutradara yang mumpui, film ini berhasil menyampaikan pesan dan emosi kepada penonton.

Overall, film ini recommended buat kalian yang lagi ingin nonton melodrama dengan tambahan thriller di dalamnya!

@ndptrhmn

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s