Tak Berkategori

FRESHMOVIE – RUDY HABIBIE

rudy 1Director: Hanung Bramantyo

Starring: Reza Rahardian, Chelsea Islan, Dian Nitami, Indah Permatasari, Ernest Prakasa, Donny Damara, Boris Bokir, Cornelio Sunny, Pandji Pragiwaksono

Apakah “Rudy Habibie” Bakal Menyusul Kesuksesan “Habibie dan Ainun”?

Meskipun sudah empat tahun silam, mungkin ada dari pemerhati film nasional yang belum bisa lepas dari catatan kesuksesan film Habibie dan Ainun yang dibintangi Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari. Bukan hanya ceritanya yang menarik, namun pencapaian penontonnya sangat luar biasa, yakni mencapai 4,49 juta. Catatan ini membuat Habibie & Ainun nomor dua terlaris sepanjang masa setelah Laskar Pelangi. Ya, dengan pencapaian angka seperti itu, siapa sih yang tak tertarik untuk membuat lagi cerita tentang Habibie? Namun kali ini, film yang diangkat mengupas masa-masa ia sedang menimba ilmu di Jerman.

Film Rudy Habibie merupakan film prekuel, alias film yang latar waktu nya berada sebelum film Habibie dan Ainun. Oleh karenanya di sini tidak ada Ainun. Yang ada adalah perempuan lain yang pernah singgah di hati Habibie yaitu Ilona (Chelsea Islan).

rudy 2

Bacharuddin Jusuf Habibie yang pada masa mudanya akrab disapa Rudy, meneruskan pendidikannya di Rhenisch Wesfalishe Tehnische Hochscule, Aachen, Jerman, untuk menguasai ilmu teknologi dirgantara. Di sana ia bertemu dengan mahasiswa Indonesia yang juga sedang menimba ilmu di Jerman, seperti Liem Keng Kie (Ernest Prakasa), Poltak (Boris Bokir), Ayu (Indah Permatasari), dan Peter (Pandji Pragiwaksono).

Ia mengungkapkan niatnya untuk membuat pesawat bagi Indonesia. Mimpinya ini dianggap bercanda oleh sebagian kawan-kawannya, namun ada gadis Jerman keturunan Polandia, Illona Ianovska yang percaya kepada mimpi-mimpinya. Sayang, hubungan keduanya ini banyak mendapat tentangan. Ibu Rudy, RA Tuti Marini Puspowardojo (Dian Nitami) mempertanyakan kesungguhan Illona mencintai putranya.

rudy 3

Melihat film produksi MD Pictures ini yang terbesit di benak saya adalah anime karya studio Ghibli bertajuk The Wind Rises yang terkenal. Tema ceritanya mirip, yaitu tentang hubungan cinta seorang insinyur pesawat bernama Jiro Horikoshi. Jiro adalah sosok yang sangat berpengaruh di perkembangan dirgantara negara matahari terbit, bahkan kini menjadi legenda. Saya kemudian bertanya-tanya, apakah cerita ini terinspirasi dari anime yang pernah meraih nominasi Oscar tersebut?

Kalau melihat dari trailer-nya, Rudy Habibie tidak jauh-jauh dari tema percintaan oleh karena drama romantis memang paling banyak penggemarnya untuk film nasional. Film ini menunjukkan tentang bagaimana Rudy dan Illona mencoba mempertahankan dan memperjuangkan hubungan mereka. Mudah-mudahan filmnya seapik, atau malah melebihi film pendahulunya.

Tertarik untuk menyaksikan Habibie masa muda? Filmnya bakal diputar seminggu sebelum lebaran, yakni tanggal 30 Juni 2016.

@Dewi_Puspa00

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s