Tak Berkategori

WHAT WE SAY – ONE WAY TRIP

fullsizephoto701808

Director : Choi Jong Yeol

Starring : Ji Soo, Ryu Jun Yeol, Kim Hee Chan, Suho, Kim Dong Wan, Moon Hee Kyung, Yoo Ha Bok

Score : 7/10

Akhinya film yang dinanti-nantikan oleh penggemar Korea tayang juga. Film apa tuh? Yup, One Way Trip! Wah, Kenapa ditunggu-tunggu ya? Check this out!

A simple but dark story. Ketika kamu mengira ini adalah film coming of age yang seru dan penuh petualangan, film ini berbeda jauh dari perkiraan kalian. Film ini bercerita tentang perjalanan 4 sahabat, Yong Bi (Ji Soo), Ji Gong (Ryu Jun Yeol), Sang Woo (Suho), dan Doo Man (Kim Hee Chan). Keempat sahabat ini melakukan perjalanan ke Pohang untuk merayakan perpisahan dengan Sung Woo yang akan melaksanakan wajib militer. Pada awalnya perjalanan begitu menyenangkan dan penuh dengan tawa. Namun, perjalanan berubah ketika mereka menyelamatkan seorang wanita yang sedang dipukuli. Niat baik mereka berujung dengan kantor polisi. Suami yang mereka lawan ternyata menghembuskan nafas terakhir. Tak disagka wanita yang mereka tolong adalah seorang pembawa acara yang bernama Park Eun Hye. Ia ketahuan berselingkuh dengan petinggi stasiun televisi oleh suaminya sehingga ia dipukuli. Mengingat karirnya dan nama baik selingkuhannya, Park memberikan pengakuan palsu dengan menyalahkan keempat sahabat tersebut. Polisi tidak mempercayai pengakuan Yong Bi dkk sehingga mereka harus mengalami waktu yang berat saat menjalani pemeriksaan dengan polisi. Dan nasib sial mereka tak berhenti sampai di situ.

One_Way_Trip-002

Kalau kamu mengira film ini happy ending, nope. Kamu salah! Film ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang bosan dengan cerita-cerita seperti itu. Cerita yang diangkat pun sangatlah sederhana dan hanya berputar pada kehidupan pemuda berusia 20-an. Di dalam film, karakter Ji Gong diceritakan sedang sibuk belajar untuk mengambil ujian ulang. Karakter Doo Man sendiri adalah seorang pemain baseball pemula yang hidup dalam tekanan ayahnya. Sedangkan Yong Bi sendiri adalah seorang pemuda yang baik namun memiliki hati yang keras karena trauma masa kecil. Kehidupan remaja yang ditampilkan pun dekat dengan karakteristik remaja sehingga penonton dapat mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Masalah yang diangkat pun juga sangatlah simple tetapi memiliki banyak pesan.

fullsizephoto705410

 Alur film yang digunakan juga cukup unik yaitu maju mundur. Walaupun sedikit membingungkan karena pemain hanya berbeda tempat, namun,  alur tersebut berhasil menunjukkan perbandingan cerita sesudah dan sebelum kejadian. Di awal film, didahului dengan adegan mereka sedang dikejar-kejar polisi. lalu adegan selanjutnya adalah saat mereka memulai perjalanan. Perbandingan perasaan bahagia dan perasaan sedih antar adegan ini berhasil membuat penonton terharu akan nasib yang menimpa mereka. Ciri khas film Korea juga tak luput dari film ini. Ekspresi para pemain banyak dimasukkan untuk menambah unsur dramatis.

photo693615

Latar di film ini… thumbs up!. Latar yang digunakan adalah pantai di daerah Pohang. Suasana malam pantai menjadi latar yang paling menarik. Selain itu, adegan bahagia film ini banyak menggunakan latar pantai pula. Di akhir film, terdapat adegan bahagia ketika mereka bermain kembang api di pantai. Di poster pun, latar yang digunakan adalah pantai. Pantai seakan-akan menjadi simbol kebahagiaan di One Way Trip.

Nilai tambah lainnya untuk film ini adalah para pemainnya. Bagi penggemar Korea, nama para pemain pastilah sudah tidak asing lagi. Suho adalah leader boyband naungan SM Entertaiment bernama EXO. Bagi suho, film ini adalah debut pertamanya di layar lebar. Untuk nama Ji Soo , Kim Hee Chan, dan Ryu Jun Yeol sendiri, namanya sudah banyak terkenal di kalangan penggemar K-drama. Drama yang berhasil membesarkan nama Ji Soo adalah Sassy Go Go. Sedangkan drama yang berhasil membesarkan nama Ryu Jun Yeol adalah Reply 1988. Untuk Kim Hee Chan, namanya melejit ketika membintangi drama Cheese in the Trap sebagai adik Hong Seol. Walaupun mereka artis pendatang baru, popularitas mereka sudah naik karena akting mereka yang brillian. Melalui film ini, mereka menunjukkan kembali performa akting yang bagus. Walaupun hanya dengan cerita yang sederhana, akting mereka yang nyata menambah kekuatan film dan menjelaskan cerita dengan lebih dramatis.

new-main-trailer-stills-and-press-photos-for-the-Korean-movie-One-Way-Trip

Film ini termasuk drama coming of age yang berbeda dengan lainnya. Menggunakan genre “road movie”, film ini berhasil menyampaikan berbagai makna. Salah satunya adalah ketidak berdayaan masyarakat biasa dengan kekuasaan uang. Saat menonton pun, saya berhasil merasakan ketidak adilan yang dirasakan oleh keempat sahabat tersebut. Makna lainnya adalah kesetiaan dan kepercayaan. Keempat sahabat tersebut merasakan dilema ketika dihadapkan dengan pilihan untuk menyelamatkan diri sendiri atau menyelamatkan persahabatan terlebih dahulu. Makna ini ditunjukkan dalam adegan ketika mereka saling menyalahkan lalu terjatuh bersama-sama di sungai. Ketika itulah mereka menyadari bahwa persahabatan lebih penting dibandingkan saling menyalahkan dan tidak percaya satu sama lain.

Overall, film ini memiliki unsur hiburan dan makna kehidupan yang layak disaksikan. Bagi kamu penggemar Korea ataupun tidak, tak ada salahnya untuk nonton film ini! Recommended!

@ndptrhmn

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s