Tak Berkategori

FRESHMOVIE – SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS

Director: Naya Anindita

Starring: Dion Wiyoko, Albert Halim, Baim Wong, Afgan Syahreza, Ernest Prakasa, Indra Birowo, Masayu Anastasia, Pamela Bowie, Tanta Ginting

Dari Nol Hingga Menjadi Forum Komunitas Maya Terbesar

Kabar Kaskus akan dibuat versi layar lebarnya sudah santer terdengar tahun lalu. Ada yang kontra karena menganggap belum waktunya untuk difilmkan, namun banyak pula yang mendukungnya. Jika ada Social Network di Hollywood yang mengisahkan tentang awal mula berdirinya Facebook, mengapa Kaskus tidak dilayarlebarkan? Toh Kaskus hingga saat ini masih berada di peringkat nomor satu untuk forum online di Indonesia.

sundul

Sundul Gan: The Story of Kaskus mengisahkan lahirnya forum Kasak-Kusuk alias Kaskus daritangan Andrew Darwis (Albert Halim) dan Ken Dean Lawadinata (Dion Wiyoko) saat masih berkuliah di Art and Institute of Seattle tahun 1999. Proses pendirian forum online tersebut tidak mudah.Mereka melalui berbagai hal seperti pengalaman ditipu saat membeli perangkat TI, persahabatan yang makin diuji, serta bagaimana strategi keduanya agar forum mereka dilirik oleh netizen.

sundul 5

Dibuat dengan genre drama komedi, film ini diharapkan bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia terutama usia remaja. Apalagi di masa ini, banyak anak muda yang sedang merintis usahanya sendiri, alias start-up business. Selain itu, film produksi Kaskus dan 700 Pictures ini juga cocok ditonton oleh generasi muda karena memiliki pesan moral agar para remaja tidak takut untuk bermimpi. Dengan perkembangan teknologi digital saat ini, mimpi apa saja bisa diwujudkan. Siapa saja bisa jadi jutawan dengan gagasan-gagasan mereka.

sundul 3

Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata mungkin tidak menyangka forum buatannya sekarang disimak oleh 900 ribu pengunjung tiap harinya. Istilah-istilah dalam kaskus pun populer di kalangan anak muda, seperti “sundul” agar artikelnya tidak tenggelam, serta “cendol” dan “bata” yang masing-masing merupakan istilah untuk pujian dan  kontra untuk sebuah artikel. Oleh karena film ini inspiratif, Naya Anindita sangat bersemangat menyutradarainya.  Film ini juga menjadi kado ulang tahun Kaskus yang ke-17.

sundul 4

Film yang naskahnya ditulis oleh Ilya Sigma dan Priesnanda Dwisatria ini bisa disaksikan di bioskop tanah air sejak 2 Juni 2016. Hemmmm…. apakah filmnya bakal sefenomenal Social Network?  Hayoo bagi yang tiap hari selalu mampir ke Kaskus, jangan lewatkan film ini karena film ini juga dibuat sebagai penghargaan terhadap Kaskuser.

@dewi_puspa

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s