Tak Berkategori

WHAT WE SAY – TAKE ME HOME

CehKXpdWAAAURiv

Director: Kongkiat Khomsiri

Starring: Mario Maurer, Wannarot Sonthichai, Peter Noppachai, Nabhada Sukhakrit

Score: 8/10

Another Thailand horror movie is come!. Film horor Thailand yang berjudul Take Me Home mengangkat tema rumah dan keluarga sebagai cerita utama film. Sebelumnya, film The Conjuring dan film Amytiville Series mengangkat tema yang sama. Perbedaan film Take Me Home dengan film yang lain adalah cerita mengenai masa lalu yang kelam dari rumah yang ditempati. Seperti apa perbedaanya? Check it out!

645x430-take-me-home-sisi-lain-rumah-dan-keluarga-160511g-rev1

Tan (Mario Maurer) kehilangan ingatannya akibat kecelakaan. Ia sama sekali tidak dapat mengingat apapun kecuali namanya sendiri. Untuk menemukan identitasnya, Tan mencari berbagai petunjuk. Ia menemukan alamat rumah dan berita mengenai keluarganya. Saat sampai di rumah, Dia disambut oleh pembantunya yang bernama Waw  (Nabhada Sukhakrit). Di situlah Tan mulai mengetahui bahwa Ia memiliki saudara kembar perempuan yang bernama Tubtim (Wannarot Sonthichai). Tubtim tinggal di rumah tersebut bersama suaminya yang bernama Chiwin (Peter Noppachai) dan anak tirinya, Jan dan Jun.

Take_Me_Home_(Thai_Movie)-001

Kedatangan Tan malam itu mulai memunculkan berbagai hal aneh. Jun tiba-tiba kerasukan dan Jan melihat setan yang menari. Waw sempat mengingatkan untuk berhati-hati namun semuanya terlambat. Kejadian aneh semakin berlanjut. Anak dan suami Tubtim pun ditemukan bunuh diri. Tan mulai mencari jalan keluar dari rumah tersebut. Ia menemukan pintu loteng yang tersembunyi di balik lukisan. Saat membongkar isi loteng, Tan menemukan berbagai VHS dan barang asing lainnya. Isi VHS tersebut adalah video pemilik rumah sebelum keluarga Tan yang bernama Chompana. Berdasarkan video, Chompana adalah seorang wanita yang aneh dan suka dengan hal mistis. Mengetahui rumahnya akan dijual ke keluarga Tan dengan harga murah, Chompana pun marah dan berjanji untuk membalas dendam dengan keluarga Tan. Lalu lahirlah Tan dan kembarannya, Tubtim. Naasnya, Tubtim lahir dalam keadaan cacat di bagian mulut sehingga membutuhkan alat bantu. Tan yang merasa sedih pun menemukan lukisan yang dianggapnya seorang malaikat. Tan kecil pun berdoa meminta kesembuhan Tubtim. Tanda janjinya kepada arwah Chompana adalah goresan di dadanya.

Take_Me_Home_(Thai_Movie)-002

Waktu pun berlalu dan Tubtim semakin cantik. Kejadian aneh pun mulai terjadi. Ibu mereka mati dan ayah mereka memilih bunuh diri setelah mengetahui rumah mereka berhantu. Tan pun berusaha melarikan diri bersama Tubtim. Chompana yang tidak suka dengan kepergian mereka kemudian mengutuk Tubtim dengan mengucurkan darah di bagian kemaluannya. Tan pun terpaksa meninggalkan Tubtim sendiri lalu tertabrak. Setelah mengingat hal tersebut, Tan memilih untuk menyelamatkan nyawa Tubtim dari cengkraman Chompana. Ia menyerahkan dirinya untuk memenuhi janjinya dengan syarat untuk melepaskan Tubtim.

CiJIbPwVAAAUq_b

Berdasarkan segi cerita, film Take Me Home memiliki alur cerita yang maju mundur sehingga penonton harus berpikir keras untuk mengerti cerita film. Walaupun inti ceritanya berkisar antara keluarga dan rumah Tan, cerita penyebab di balik adanya kejadian itulah yang berhasil membawa penonton larut ke dalam cerita.

Rumah Tan yang dijadikan latar pun terkesan sengaja dibuat terpinggirkan dan besar untuk menambahkan kesan keangkeran. Di bagian depan rumah terdapat hutan yang dipenuhi pohon-pohon dan semak belukar. Adanya dua latar tersebut berpengaruh besar terhadap visualisasi penonton. Terdapat salah satu adegan yaitu adegan Tan yang berusaha kabur dari hutan namun Tan kembali ke depan rumah sehingga tidak bisa keluar. Keberadaan hutan menggambarkan betapa susahnya Tan untuk keluar dari rumah tersebut.

Latar isi rumah juga diatur sedemikian rupa agar terlihat angker. Terdapat beberapa lukisan yang seram dan perabotan yang terlihat aneh. Salah satu perabotan yang menjadi awal berbagai adegan menyeramkan adalah meja makan. Di meja makan itulah Tubtim pertama kali menunjukkan sifat buruknya. Selain itu Jan dan Jun mati ketika memakan kue yang telah diracuni oleh Tubtim.

take

Selain latar, ada tambahan nilai plus untuk Make up. Tubtim digambarkan sebagai gabungan Chompana dan Tubtim dengan adanya make up bergambar wajah di wajah Tubtim. Selain itu kelainan wajah yang dimiliki oleh Tubtim terlihat nyata sehingga meyakinkan penonton mengenai kutukan yang dimiliki Tubtim.

Setiap adegan memiliki pengaruh yang besar terhadap jalannya cerita terutama adegan diputarnya rekaman VHS milik Chompana. Adegan tersebut sangatlah tidak disangka mengingat adegan sebelumnya hanya berputar pada Tubtim dan setan yang merasukinya. Selain itu adegan Tan yang berusaha menyelamatkan Tubtim dari cengkraman Chompana berhasil menggugah hati penonton. Pengorbanan Tan yang merelakan dirinya untuk dijadikan jaminan cukup menambah keharuan dengan adegan flashback.

Take_Me_Home_(Thai_Movie)-004

Akting Mario Maurer sebagai Tan dan Wannarot Sonthichai sebagai Tubtim patut diacungi jempol. Ekspresi Mario sebagai Tan mampu menggambarkan keputus asaan Tan mencari jalan keluar. Pengalaman Mario membintangi film horor pun sudah tidak diragukan lagi. Film sebelumnya, Pee Mak yang berhasil menampilkan performa baik, mampu meyakinkan penonton dengan akting Mario. Untuk Wannarot Sonthichai, meskipun terhitung sebagai artis pendatang baru di layar lebar, Ia dapat membuktikan kualitas aktingnya melalui film ini.

Overall, film ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan film horor Thailand lainnya. Kelebihan itulah yang menambahkan nilai plus untuk film ini. This movie should be in your list!

@ndptrhmn

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s