Tak Berkategori / What We Say

WHAT WE SAY – MIDNIGHT SPECIAL

ms

Director: Jeff Nichols

Starring: Michael Shannon, Jaeden Lieberher, Kirsten Dunst, Joel Edgerton, Adam Driver, Sam Shepard

Score: 8/10

Ada apa dengan film-film sci-fi? Mereka minim promosi akhir-akhir ini. Padahal, film-film ini sangat berpotensi. Awal Maret lalu ada 10 Cloverfield Lane yang menghentak bioskop Indonesia dengan teror psikologisnya. Film yang dibintangi oleh aktris cantik Marry Elizabeth Winstead ini masuk daftar favorit saya. Namun entah mengapa gaungnya baru terdengar jelas mendekati tanggal perilisannya. Andai saja pihak distributor lebih gercep, akan berbeda hasilnya. Kini, satu film berunsur sama juga mengulang formula serupa. Minim iklan. Siapa yang tahu tentang film Midnight Special? Sedikit. Mungkin hanya movie freaks saja yang sudah menyadari sepak terjang film ini karena sudah masuk beberapa festival film internasional. Selain itu, tingkat antusiasme semakin tinggi melihat filmnya sendiri memiliki rating yang bagus.

ms 1

Alton adalah karakter sentral yang spesial. Diperankan oleh aktor cilik Jaeden Lieberher, Alton digambarkan sebagai seorang bocah yang memiliki kekuatan hebat: possessed by otherworldly powers! Can you imagine that?? Kekuatan tersebut dianggap luar biasa (atau berbahaya) sehingga Alton diburu oleh dua pihak berbeda; pemerintah Amerika, dan sebuah kultus terisolir bernama “Ranch” yang bertekad untuk mendapatkannya kembali dengan berbagai cara. Mengapa Alton tiba-tiba diburu seperti itu? Well, jawabannya ada di dua karakter ini; Roy (Shannon) dan Lucas (Edgerton). Roy adalah ayah Alton yang membawa anak laki-lakinya kabur dari kultus tersebut di tengah malam. Ranch lambat laun diketahui telah memuja Alton. Bagaimana dengan Lucas? Ia adalah sahabat kecil Roy, yang bersedia untuk membantu dan membawa mereka berdua ke tempat yang aman.

MIDNIGHT SPECIAL

Upaya Roy dan Lucas inilah yang membuat Midnight Special menjadi semakin seru. Walaupun dengan tempo yang lambat, film ini tetaplah sebuah chase movie dan memang di sana letak pondasi utamanya. Roy dan Lucas harus membawa Alton dari satu kota ke kota lain yang mana sangat sangat jauh jaraknya. Mereka harus menginap di satu tempat, kemudian berpindah ke tempat lain. Berganti mobil dari yang satu ke yang lain. Intensitas kejar-kejaran ini semakin lama semakin terasa karena belum tentu juga tempat yang mereka singgahi adalah tempat yang aman mengingat Roy telah menjadi buruan nasional. Tapi sebenarnya bukan itu inti dari keseluruhan perjalanan, Cinefellas. Roy dan Lucas ingin membawa Alton menuju sebuah takdir yang dapat mengubah kehidupan Alton selamanya.

ms 1

Jika kejar-kejaran tadi menjadi jangkarnya, elemen-elemen sains-fiksi menjadi rudal film ini. Kekuatan Alton Meyer benar-benar tak dapat ditebak! Selain itu, kekuatannya bisa muncul kapan saja alias mengagetkan, dan memang betul-betul sebuah kekuatan yang tidak pernah dapat kita pikirkan. Bagusnya adalah, walaupun anak ini spesial, secara fisik Alton terhitung lemah. Mungkin hal ini disebabkan karena efek kekuatan yang dia miliki, dan umurnya yang masih berusia delapan tahun. Sayang, kemisteriusan Alton yang sudah dibangun sedemikian rupa dari awal film justru diakhiri dengan takdir yang kurang menonjok. Cara Alton mengakhiri semuanya tidak dapat membuat kita terpana layaknya ketika Dia menunjukkan kekuatannya. Semua seperti selesai begitu saja. Ini seperti, “gitu doang nih?”, tidak lebih.

MIDNIGHT SPECIAL

Meskipun begitu, sepertinya memang bukan ini yang diincar oleh seorang Jeff Nichols. Yang membuat Midnight Special berbeda dengan film-film sains-fiksi dan kejar-kejaran lainnya adalah relasi yang terkandung di dalamnya. Nilai kekeluargaan sangat kuat di sini mengingat Tuan Nichols mendapatkan inspirasi dari kehidupannya sebagai seorang ayah. Bagaimana struggling-nya seorang single father dalam mengasuh anaknya tercermin dengan baik berkat akting Michael Shannon yang luar biasa. Roy adalah ayah yang tangguh dan sangat mencintai Alton. Walaupun Ia mengetahui anaknya tidak normal, Roy tetap yakin bahwa ada jalan untuk menyelsaikan semuanya. Di akhir film, saya merasa terharu melihat Roy yang akhirnya menghadapi fase yang dialami oleh setiap orang tua di dunia. Saat mereka harus melepaskan. Harus menyadari bahwa anak adalah titipan Tuhan yang berbeda. Mereka akan meninggalkan orang tuanya, cepat atau lambat dan memilih jalan kehidupannya sendiri. :’)

MIDNIGHT SPECIAL

Midnight Special sekali lagi membuktikan bahwa Jeff Nichols adalah seorang sineas yang berbakat. Ia sangat terampil mencampur adukkan banyak hal. Mulai dari drama keluarga, aksi, sains-fiksi, semua lengkap tersaji sesuai porsi. Cerita yang ditulis juga membuat kita penasaran dan merangsang pikiran. Jeff juga tidak meninggalkan akar indie-nya, dan sukses membuat semua elemen terlihat sederhana.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s