ON TV

ON TV – First Season of SUPERGIRL! (review)

supergirl 1

Starring: Melissa Benoist, Mechad Brooks, Chyler Leigh, Jeremy Jordan,David Harewood, Calista Flockhart, Peter Facinelli, Jenna Dewan-Tatum

Original Air Date: 26 Oktober 2015 – 18 April 2016

Channel: CBS

Score: 8.5/10

Berbicara tentang tokoh heroine di serial TV, saya agak ragu ketika karakter Supergirl ini akan punya serialnya sendiri. Terlebih lagi, sosok Laura Vandervoort sebagai Kara Zor-El di serial Smallville masih melekat di ingatan sebagian penggemar. Ditambah lagi, masih jarangnya seorang tokoh pahalawan super perempuan yang menjadi sentral dari sebuah serial.

Namun, semua keraguan itu lenyap setelah menonton beberapa episode awal serial Supergirl. Serial ini benar-benar terasa asyik untuk dinikmati. Bahkan bagi para penonton yang tidak mengikuti mitologi Superman dari serial komiknya.

supergirl 4

Dikisahkan, bahwa ternyata selain Kal-El si “Man of Steel” yang dikirim keluar Planet Krypton, sepupunya, Kara Zor-El juga dikirim bersamanya untuk menjaga si adik sepupu ini. Malang nasibnya, ketika pesawat Kal-El berhasil mendarat di Bumi, pesawat milik Kara justru terjebak di Phantom Zone selama beberapa waktu. Alhasil, ketika pesawat Kara sampai ke Bumi, justru sepupunya Kal-el yang menjadi lebih dewasa dan sudah berubah menjadi Superman.

Dalam beberapa adegan flashback, diperlihatkan bahwa hidup Kara pada masa awal-awal dia berada di Bumi terasa sulit. Kita sudah sering melihat adegan seperti ini dalam berbagai cerita tentang alien yang berusaha hidup di Bumi dan bagaimana susahnya beradapatasi dengan lingkungan di Bumi.

supergirl 3

Cerita yang disajikan selama satu musim ini benar-benar dapat dinikmati secara umum. Jadi, untuk kalian yang tidak mengikuti cerita di serial komiknya tidak perlu khawatir. Selain dari sisi aliennya, serial ini juga menyajikan sisi kehidupan Kara sebagai seorang perempuan. Perempuan yang bisa jatuh hati pada seorang pria, perempuan yang bekerja demi karirnya dan perempuan yang menyayangi keluarga.

Dengan berbagai cerita tentang hidupnya, bagaimana dia menyadari bahwa dia menyukai Olsen (dan ternyata sama-sama suka) yang pada saat itu sudah mempunyai pacar, Lucy Lane (Ya. Dia adiknya Lois Lane), bagaimana kehidupan kerjanya di Cat Co dengan atasannya yang perfeksionis, Cat Grant dan juga hubungan kakak-adik dengan Alex Danvers, kakak tirinya. Konflik-konflik ini diceritakan dengan mudah dan greget sehingga penonton bisa menikmatinya. Walau terasa sedikit bernuansa sinetron (Mungkin karena banyaknya tokoh perempuan disini). 😀

supergirl 2

Para penjahat yang ditampilkan di serial ini (para penjahat mingguan, karena biasanya tampil setiap 1 episode saja) kebanyakan adalah para bekas tahanan Fort Rozz yang waktu itu ikut jatuh ke Bumi bersama pesawat milik Kara. Namun, penjahat utama dari musim ini adalah Astra (yang tidak lain adalah tantenya sendiri), Non (pamannya sendiri) dan Indigo (peranannya cukup besar dalam rencana pengambilalihan Bumi). Dengan Project Myriad-nya, mereka ingin mencoba menguasai Bumi agar semua penduduk Bumi dapat dikontrol dan Bumi tidak akan berakhir seperti Krypton.

j'onn j'onzz

Dan satu hal lagi yang menjadi daya tarik serial ini tidak lain adalah J’Onn J’Onzz atau Martian Manhunter yang disini mengambil sosok Hank Henshaw, direktur DEO. Para pemeran Supergirl terdahulu juga ikut menyumbang perannya dalam serial ini. Helen Slater dari film tahun 1984 berperan sebagai Eliza Danvers, ibu dari Alex dan Kara. Lalu, ada juga Laura Vandervoort yang menjadi Kara di serial Smallville yang disini berperan sebagai Indigo.

cw

Supergirl menjadi salah satu serial dengan tokoh pahlawan perempuan yang layak diperhitungkan. Mengingat selama ini, para tokoh superhero perempuan jarang sekali menjadi pemeran utama. Walaupun, Barry Allen sudah pernah “melancong”, masih banyak penggemar yang ingin agar Supergirl berada dalam satu universe bersama Arrow dan The Flash. Rumor paling baru yang beredar mengatakan bahwa dengan pemangkasan budget untuk musim kedua, beberapa pihak mempertimbangkan untuk memindahkan Supergirl ke stasiun TV The CW. Apakah ini akan benar-benar terjadi? Well, kita lihat saja nanti.

@akuluthfi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s