Tak Berkategori

WHAT WE SAY – ADA APA DENGAN CINTA? 2

Ada Apa Dengan Cinta 2

Sutradara: Riri Riza

Starring: Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Adinia Wirasti, Titi Kamal, Sisi Priscillia,

Score: 8.5/10

Ada Apa dengan Cinta? telah sukses besar pada empat belas tahun lalu, kini sekuelnya melebihi sukses film pertamanya. Menjadi film dalam negeri paling hits pada tahun 2002, film ini telah ditunggu-tunggu oleh semua khalayak.  Beberapa hari setelah tanggal perilisannya, antrean pembelian tiket tidak kunjung sepi.

Film ini juga menjadi incaran oleh para pecinta puisi dan sastra. Memang, film yang menghadirkan puisi yang tidak picisan sangat lah jarang. Setelah “Pecahkan saja gelasnya, biar ramai,” kalimat dalam puisi yang berkesan hingga menjadi “Obrolan latah” generasi 80-90an, apakah ada kalimat lainnya? Kali ini, AADC 2 menggunakan empat buah puisi karangan penyair Aan Mansyur.

rangga Addition lainnya yang tidak bisa kita lupakan dari AADC yaitu, soundtrack-soundtrack-nya, bukan? Tenang saja, dalam film ini, Melly Goeslaw tetap menyanyikan lagu-lagu yang membuatmu baper seketika. Terlebih saat Cinta (Dian Sastrowardoyo) teringat kembali pada Rangga, soundtrack “Ada Apa dengan Cinta (Melly ft. Eric)” membuat kita teringat pada masa-masa SMA di film pertama AADC. Seperti saat kita sedang teringat orang yang pernah disukai di masa lalu, sekelibat memori hadir beserta lagu kesukaan yang kita dengarkan kala itu. Ya, saya sangat mengapresiasi ketelitian filmmaker terhadap detail film ini yang kembali menyisipkan soundtrack di film pertama.

cinta-sebut-rangga-jahat-di-trailer-ada-apa-dengan-cinta-aadc-2-65c0

Menonton film yang dibintangi oleh aktor berbakat yang menghiasi layar lebar pada jamannya, Nicholas Saputra, memang tak pernah mengecewakan. Rasanya, suatu karakter yang khas telah lekat pada bintang yang satu ini. Menonton film ini, karakter-karakter Nicsap dari film-filmnya yang lain beserta dirinya seperti tercampur jadi satu: perenung, puitis, suka keadilan dan hobi travelling.

Ngomong-ngomong soal travelling, dalam film ini Rangga (Nicholas Saputra) memberi kuliah singkat pada kita mengenai perbedaan antara liburan dan travelling. Hayoo, siapa yang suka ngaku-ngaku seorang traveller? Kalau begitu, kamu harus hadir di kuliah Rangga dengan menonton film ini.

Trailer-AADC-2-3

Bicara mengenai romansa antara Cinta dan Rangga, film ini dapat dibilang memenuhi ekspektasi penonton. AADC 2 menyuguhkan permainan perasaan. Cara mereka berhubungan  berdua juga memiliki deskripsi yang tetap. Jika dulu hubungan mereka “Benci tapi suka”, kalau pada hubungan yang lebih lanjut ini kira-kira “Kesal tapi rindu”. Keadaan latar ekonomi keluarga yang berbeda juga menjadikan film ini menarik, Cinta yang mapan dan Rangga yang biasa saja. Keduanya disatukan dengan gaya hidup yang sama: menyukai sastra dan seni, sehingga obrolan mereka nyambung. Hanya Rangga yang bisa mengimbangi Cinta yang menyukai seni dan hanya Cinta yang menunggu puisi-puisi Rangga. Mereka memiliki bahasa sendiri.

083879700_1457508805-Adegan_di_Ada_Apa_dengan_Cinta_2 Cinta dan Rangga seperti teman yang kita kenal sendiri, tumbuh rasa penasaran tentang kabar mereka kini. “Pemain yang sama” membuat penantian akan seperti apa rupa mereka sekarang, berbeda-kah dari sosok-sosok di balutan seragam SMA yang pernah kita lihat? Rangga masih seorang perenung, misterius, dan masih suka menulis meskipun berada sendirian di negeri orang yang dinamis. Perbedaannya terletak pada perawakannya yang kini lebih liar, tubuhnya yang dulu jangkung kurus kini kuat dan liat. Berbeda dengan Rangga, Cinta tampak banyak berubah. Ia menjadi lebih anggun, tapi juga galak karena lebih berprinsip. Satu yang tidak berubah dari dirinya adalah senyumannya yang manis.

096748200_1459166155-AADC__39_of_263_

Sementara itu, Carmen (Adinia Wirasti), perempuan yang memiliki tubuh paling atletis di antara mereka, tetap menjadi pelindung para gadis dengan intuisinya yang kuat. Milly (Sisi Priscillia) sedang mengandung anak pertamanya. Maura (Titi Kamal), yang memiliki penampilan paling glamor, menjadi yang paling berpengalaman dalam berkeluarga! Mereka berempat liburan ke Jogja. Wah, liburan dengan seluruh anggota geng perempuanmu memang wajib masuk dalam bucket list! Film ini cocok buat kamu tonton bersama sahabat, apalagi yang ingin bernostalgia.

020684200_1459167162-PP__840_of_952___Large_Ada Apa dengan Cinta? 2 ini terasa dekat, karena pergerakan kamera yang maksimal. Seluruh momen tertangkap dengan sempurna. Sinematografinya juga membuat visual indah. Suasana-suasana sangat terasa. Pemandangan bersalju di jalanan Kota New York, suasana tradisional dan mistis di Jogja, juga rumah tua sederhana di mana Ibu Rangga tinggal.

Tak lupa, dalam film banyak terdapat product placement dan seperti “merekomendasikan” apa yang harus kita lihat dan kunjungi. Saya curiga tempat-tempat yang ada dalam film ini akan menjadi hits nantinya. Seperti acara pameran dari seniman yang sedang naik daun dengan seni instalasinya yang tidak biasa, Eko Nugroho, kemudian pertunjukan Paper Puppet Show yang menyentuh, diskotik dengan rapper berbahasa Jawa medhok, café dan  warung satai, dan bekas reruntuhan candi-candi yang saya tidak tahu namanya di Jogja.

Sang-Surya-Dulu-Ada-Apa-Dengan-Cinta-2-Take-di-Jogja.jpg Di samping seluruh keunggulan film di atas, ada satu hal yang sedikit mengganggu, yaitu dubbing film. Dubbing pada film membuat film kurang natural. Mendengarkan perasaan yang diutarakan dan puisi-puisi, lebih menyentuh jika bukan diucapkan dengan hanya gerakan bibir.

Ratusan purnama berlalu, tapi cinta tak pernah berlalu.

@mutshiaa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s