Tak Berkategori / What We Say

WHAT WE SAY – CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR

civil 4

Director: Anthony Russo & Joe Russo

Starring: Chris Evans, Robert Downey Jr., Scarlett Johansson, Elizabeth Olsen, Don Cheadle, Sebastian Stan, Paul Bettany, Paul Rudd, Jeremy Renner, Chadwick Boseman, Tom Holland, Anthony Mackie

Spoiler alert! Kamu sudah diperingatkan!!

Choose Your Side Wisely ! Film Captain America: Civil War telah dirilis di Indonesia pada tanggal 27 April 2016. Kali ini kita kembali berjumpa dengan film jebolan Marvel Studios setelah hampir setahun lamanya. Seperti yang bisa kita duga, film ini bercerita tentang konflik antara kubu Captain America dengan Iron Man yang didukung oleh dunia Internasional. Masih ingat dengan post credit scene yang terdapat di film Ant-Man? Rupanya scene tersebut memang menjadi salah satu adegan yang terdapat di dalam film, bukan sekedar easter egg yang biasa muncul di film-film Marvel. Lebih lengkapnya, kami sajikan review dari Captain America: Civil War!

crossbones

Intro film memperlihatkan sosok karakter Winter Soldier (Sebastian Stan) yang sedang melancarkan aksinya di malam hari. Adegan ini dilanjutkan dengan munculnya 4 karakter Avengers yaitu Cap (Chris Evans), Falcon (Anthony Mackie), Black Widow (Scarlett Johansson) dan Scarlet Witch (Elizebeth Olsen) yang sedang berusaha menangkap Crossbones (Frank Grillo) beserta gerombolannya. Latar tempat pengejaran Crossbones berada di Lagos, Nigeria. Pertempuran yang terjadi di wilayah kumuh nan sempit ini terlihat seru! Cap melawan Crossbones yang sedang membawa sebuah bahan peledak dan ini menjadi titik awal konflik film. Dalam keadaan terdesak, Crossbones berusaha untuk meledakkan diri. Melihat hal tersebut, Scarlet Witch menggunakan kemampuannya untuk meredam ledakan, namun sayang ledakan terlalu kuat sehingga menimbulkan banyak korban jiwa.

black

Sepulangnya dari Nigeria, markas Avengers didatangi oleh Menteri Luar Negeri AS, yaitu Thaddeus Ross (William Hurt). Kedatangan Ross di sini adalah untuk membahas kekacauan yang disebabkan oleh Cap dkk di berbagai lokasi dan mengharuskan para anggota Avengers untuk menandatangani Perjanjian Sokovia. Isi perjanjian tersebut adalah pengelolaan tim Avengers berada di bawah kendali PBB. Selisih paham mulai terlihat saat Tony Stark (Robert Downey Jr.), James Rhodes (Don Cheadle), Vision (Paul Bettany) dan Black Widow (Scarlett Johansson) setuju untuk menandatangani The Sokovia Accord. Perjanjiannya sendiri diselenggarakan di Winna, Austria. Nah, disinilah T’Challa (Chadwick Boseman) alias Black Panther muncul di hadapan audiens untuk pertama kalinya, Pangeran Wakanda ini hadir untuk mendampingi ayahnya Raja T’Chaka yang akan melakukan konferensi pers atas insiden Lagos yang turut menewaskan warga Wakanda.

buck

Di tengah berjalannya perjanjian, tiba-tiba terjadi ledakan yang menewaskan Raja T’Chaka. Rekaman CCTV memperlihatkan sosok misterius yang terlihat seperti Bucky, alias Winter Soldier. Pengejaran terhadapnya pun dilakukan. Cap yang memimpin operasi pengejaran memilih untuk tidak melukai Bucky. Dengan status Bucky sebagai buronan Mancanegara, Cap pada akhirnya juga menjadi buronan setelah berusaha melindungi Bucky. T’Challa yang menganggap Bucky bertanggung jawab atas kematian ayahnya akhirnya memutuskan bergabung dengan tim Iron Man sebagai Black Panther.

baton zemo

Satu hal yang mempersulit konflik di antara Avengers adalah kehadiran karakter villain bernama Zemo (Daniel Bruhl) yang menyamar sebagai seorang dokter. Zemo mendapatkan kode khusus yang membuat Bucky lepas kendali. Kode ini didapat dari catatan rahasia tanggal 16 Desember 1991 milik HYDRA. Dengan status buron yang disandang oleh timnya, maka Cap dan kawan-kawan berusaha untuk membongkar kebusukan yang dilakukan oleh Zemo dan memberitahu kebenarannya. Scarlet Witch menjadi tahanan rumah setelah dianggap membahayakan publik, ia berada di markas Avengers dengan Vision yang mengawasi gerak-geriknya sebelum Hawkeye (Jeremy Renner) menerobos masuk untuk membawa Wanda menjadi bagian dari tim Cap.

spidey

Tony Stark sadar bahwa diperlukan personil tambahan untuk menangkap tim Cap. Ia kemudian pergi ke Queens, New York guna mendatangi Peter Parker (Tom Holland). Pada akhirnya terjawab sudah misteri kemunculan Spider-Man di MCU. Tony merekrut Peter Parker sebagai personil tim Iron Man untuk menghadapi tim Captain America. Tim Cap sendiri yang semakin terdesak akhirnya mendapat satu personil tambahan yaitu Scott Lang aka Ant-Man (Paul Rudd). Di satu sisi, tim Iron Man berusaha untuk menangkap satu persatu personil tim Cap dan di sisi lain tim Cap berusaha untuk mencari keberadaan Zemo yang telah mengacaukan keadaaan. Dalam sebuah briefing singkat, tim Cap berupaya untuk mencuri pesawat yang akan digunakan untuk mencari keberadaan Zemo. Pertempuran dahsyat antara tim Cap dan tim Iron Man pun terjadi di bandar udara Leipzig, Jerman.

all cast civil war

Secara keseluruhan, film ini menjadi dobrakan baru MCU. Dengan menerapkan kisah Civil War dan menghadirkan karakter Spider-Man, juga Black Panther membuat film ini menjadi segar. Sayangnya banyak adegan yang dipotong, salah satunya adalah kehadiran Ray Sahetapy. Selain itu, karakter Zemo di film ini belum mampu menghadirkan sosok Baron Zemo seperti di komik. Karakter Zemo di film ini adalah seorang agen militer Sokovia yang ingin balas dendam kepada para Avengers yang dianggap telah bertanggung jawab atas kematian keluarganya. Meski memiliki tujuan yang sama seperti di komik, sayangnya karakter Zemo versi film tidak diceritakan menggunakan senjata ciri khasnya yaitu pedang. Kembalinya Ant-Man yang memiliki kemampuan baru juga menjadi nilai plus. Film ini terasa menyenangkan dengan guyonan-guyonan khas Scott Lang dan Peter Parker. Meski begitu, bagi anak-anak film ini juga harus di bawah pengawasan orang tua karena Captain America: Civil War mengandung banyak adegan baku hantam yang kurang pantas dilihat oleh mereka. Akhir kata, sampai jumpa di film selanjutnya !

Skor: 8.5/10

@D_Sdw

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s