FRESHMOVIE

FRESHMOVIE – SURAT CINTA UNTUK KARTINI

Director: Azhar Kinoi Lubis

Starring: Chicco Jerikho, Rania Putri Sari, Ayu Dyah Pasha, Keke Harun, Ence Bagus

Tanggal 21 April sebagai hari Kartini rupanya menarik perhatian para sineas film untuk membuat film tentang perempuan yang memberikan pengaruh bagi kemajuan perempuan Indonesia, termasuk PH besar seperti MNC Pictures. Dengan mengusung titel Surat Cinta untuk Kartini, MNC Pictures mencoba  membeberkan kisah Kartini dari sudut pandang yang berbeda.

Awalnya saya mengira film ini merupakan proyek Hanung yang menempatkan Dian Sastro sebagai pemeran Kartini. Rupanya dugaan saya salah. Film ini disutradarai dan dibintangi oleh orang yang berbeda. Sedangkan Kartini ala Dian Sastro malah belum jelas jadwal rilisnya.

kar 1

Dalam Surat Cinta untuk Kartini, kisah perjuangan Kartini dituturkan oleh pengagum rahasianya yang berhubungan dengan Kartini melalui surat. Ya, seorang pengantar pos.

Pengantar pos itu bernama Sarwadi (Chicco Jerikho). Ia terpikat dengan perempuan ningrat tersebut karena sikapnya yang berbeda dengan para ndoro putri lainnya di daerah Jepara. Ia seolah tak berjarak dengan rakyat jelata, ringan tangan, dan ia memiliki cita-cita besar memajukan para perempuan Jawa.

Tindak-tanduk Kartini (Rania Putri Sari) dianggap aneh oleh lingkungan keluarga dan masyarakat di sekitar. Ia dianggap melawan adat-istiadat yang berlaku. Namun Kartini tak patah arang hingga ia kemudian dinikahkan dengan bupati yang telah beristri.

kar 6

Melihat jajaran pemerannya, tidak banyak pemain film terkenal yang bergabung dalam proyek ini. Pemeran Raden Ajeng Kartini, Rania Putri Sari, baru kali pertama bermain dalam film layar lebar dan ini kali pertamanya ia terjun di dunia akting setelah berhasil menjadi salah satu finalis gadis sampul. Tentang performanya saya tidak bisa memberikan nilai karena di teaser berdurasi satu menit tersebut sosoknya tidak begitu banyak ditampilkan.

kar 3

Tokoh utama dari film ini alias pengantar pos diperankan Chicco Jerikho. Mungkin banyak di antara Kalian yang menganggap Chicco itu Reza Rahardian baru. Sudah beberapa film yang ditayangkan tahun 2016 ini menjadikan Chicco sebagai pemeran utamanya.

Chicco mencoba menjadi pria Jawa yang tinggal di Jepara dengan rambut rapi berkumis. Jika melihat dialeknya di teaser, logat Jawa-nya kurang kental. Tapi Chicco sepertinya sudah berusaha keras mempelajari bahasa Jawa yang dalam film ini juga digunakan untuk memperkental suasana Jepara era tersebut.

kar 5

Secara keseluruhan film berlatar sejarah awal abad ke-20 ini sepertinya menarik untuk ditonton. Adanya kursi sutradara di tangan  Azhar Kinoi Lubis yang sering terlibat di film berbasis fiksi-sejarah  dan PH yang besar membuat saya menduga-duga film ini berbujet besar dan tentunya digarap dengan seksama. Rencananya film ini dirilis bertepatan dengan hari Kartini mendatang.

@dewi_puspa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s