Tak Berkategori

WHAT WE SAY – BOBOIBOY THE MOVIE

bob

Director: Nizam Razak

Starring: Nur Fathiah Diaz, Mohd Fathi Diaz, Usamah Widiatmoko, Azman Zulkiply, Anas Abdul Azis.

Score: 7.7/10

“Terbaik!” – Boboiboy

Sukses dengan penayangannya sebagai serial tv anak-anak selama 3 season yang bermula pada tahun 2011 lalu, Animonsta studios dan Primeworks dari Malaysia ini tidak tanggung-tanggung untuk langsung membuat film layar lebar Bobiboy yang telah terdengar kabarnya sejak 2014 lalu. Memenangkan penghargaan dalam Anugerah Karyawan Animasi pada tahun 2013 dengan kategori ‘Skrip Animasi Terbaik’, ‘Tema Musik Terbaik’, dan ‘Pengisi Suara Terbaik’ membuat Nizam Razak dengan teguh hati menyutradarai proyek besar ini. Meski sempat memundurkan jadwal perilisannya, Animonsta Studios akhirnya merilis Boboiboy The Movie yang mungkin mengambil setting waktu setelah season 3 (meski season 3 nya sendiri belum selesai hingga saat ini).

boboiboyy
Pasukan Tengkotak adalah pasukan yang sangat ahli menangkap Sfera Kuasa. Klamkabot (Usamah Widiatmoko) adalah salah satu Sfera Kuasa generasi pertama yang berkekuatan teleportasi yang berhasil kabur dari kejaran Tengkotak. Ia kemudian datang ke bumi untuk meminta pertolongan Ochobot (Mohd Fathi Diaz). Bentrok antara pemimpin pasukan Tengkotak, Bora Ra (Azman Zulkiply) dengan Boboiboy (Nur Fathiah Diaz) untuk melindungi Ochobot pun tak terelakkan. Boboiboy bersama kawan-kawan pun segera menuju pulau mengapung untuk menyelamatkan Ochobot. Dalam perjalanan, mereka dihadang berbagai tantangan mulai dari robot gurita raksasa, hiu berkaki, sampai dengan Klamkabot yang menginginkan Ochobot agar segera di-upgrade demi menyelesaikan misi untuk melindungi kuasa teleportasi. Boboiboy juga harus terus menghindar dari Bora Ra beserta anak buahnya karena perbedaan kekuatan yang begitu jauh.

boboiboy 1

Dibuka dengan aksi kejar-kejaran antara Pasukan Tengkotak dengan Klamkabot. Inti cerita telah dibangun sejak awal film dengan mendeskripsikan kelemahan Boboiboy dan masalah yang akan dihadapinya. Tensi dramatis pun semakin meninggi ketika Ochobot berhasil direbut oleh Bora Ra sedangkan Boboiboy dan kawan-kawan juga belum bisa menandingi kekuatan pasukan Tengkotak. Penonton akan dibuat bertanya-tanya dengan apa yang terjadi selanjutnya.

boboiboy 2

Dengan adanya Papa Zola dan Gopal dalam tim perjalanan mereka, juga ikutnya Adu Du dan Probe dalam beberapa aksi membuat film Boboiboy ramai dengan lawakan khas mereka. Banyak sekali unsur komedi yang bisa ditemukan dalam film ini. Sayangnya, setiap lawakan mereka terkadang membuat adegan lain terkesan fail. Salah satunya adalah saat Gopal mengatakan kalau sulur-sulur tumbuhan di Pulau Apung itu hidup, penonton mungkin akan memprediksi adanya bahaya yang mengerikan. Namun, yang terjadi adalah bahaya sederhana yang tidak penting, yang malah membuat penonton tertawa terhadap Gopal yang dikira melawak.

boboiboy 3

Ada juga beberapa hal yang berhasil mencuri perhatian saya. Pertama, karakter Fang dan Ying yang berbicara dalam bahasa Cina. Kedua, shoot kamera yang seakan-akan menyembunyikan bentuk rambut Boboiboy yang membuat penonton penasaran. Ketiga, mulai dari awal film, akan ada banyak product placement sponsor. Yang paling terlihat, mungkin adalah sponsor Choki-Choki yang sedikit mengganggu. Setelah itu, ada juga cameo dari karakter-karakter Oldtown White Coffe yang mencuri perhatian karena desain karakternya yang juga sangat ‘nyentrik’ di antara karakter pendukung lainnya. Namun, semakin jauh kedalam film, cameo dan product placement pun semakin menghilang dan penonton disuguhi kisah Boboiboy The Movie yang sesungguhnya.

bobi 4

Special Effect dan Animasi film ini terlihat lebih rapih daripada versi TV nya. Berbagai adegan slow motion dan aksi lucu nan dramatis memberikan emosi tersendiri dalam film ini. Bahkan, aksi dramatis yang fail gara-gara lawakan setiap karakter tak terasa mengganggu. Mungkin beberapa orang akan melihat ada kelemahan dalam visual effect saat kekuatan Boboiboy mengenai musuhnya dengan percikan yang sebenarnya terlihat biasa saja. Effect hancur yang disajikan belum terasa ‘wah’ dibandingkan efek perubahan Boboiboy. Ya, film ini lebih memperlihatkan gaya bertarung dan pose Boboiboy dalam melemparkan “kuasa” nya. Dan hal itu sebenarnya menutupi kelemahan effect kuasa pertarungan sehingga dalam setiap pertarungan tersebut penonton tetap dapat merasakan besarnya kekuatan Boboiboy dalam setiap jurus yang Ia lancarkan.

boboi 6

Lanjut ke desain karakter yang indah dan tentunya ‘keren!’. Setiap elemen Boboiboy tidak hanya dibedakan dengan warna pakaian mereka, tapi juga dari item lainnya seperti logo, corak, arah topi dan dua Boboiboy terbaru (Api & Air) yang dibedakan dengan adanya jaket bertudung dengan perbedaan lengan pendek dan lengan panjang. Masing-masing pakaian mencerminkan sifat dari elemen-elemen tersebut. Dan tentunya, bukan hanya Boboiboy saja yang berevolusi disini. Fang, Ying, Yaya dan Gopal pun kebagian mendapatkan upgrade dari Ochobot. Masing-masing karakter mendapatkan bagiannya sendiri-sendiri untuk memperlihatkan kekuatan baru mereka.

bobi 5

Overall, Boboiboy The Movie adalah film yang sangat sayang dilewatkan untuk anak-anak yang menggemari pahlawan cilik dari negeri jiran ini. Penonton juga akan diberikan berbagai pesan moral tentang persahabatan dan pantang menyerah. Saya sangat salut pada Studio Animonsta yang sudah bisa membuat animasi dengan level tinggi seperti ini. Saya juga memberikan applause pada materi promosinya (trailer dan berbagai klip) yang tidak membuka hal-hal mengejutkan dalam film. Terus terang, bagi para penggemar Boboiboy, mereka akan merasa terpuaskan dengan berbagai kejutan yang tak ada dalam trailer atau materi promosi manapun. Prediksi penonton akan kuasa 5 Boboiboy akan sangat terbayarkan dengan mengikuti final battle yang berkali-kali sehingga penonton akan bekata ‘inilah akhirnya’ dan mereka akan dikejutkan dengan ‘oh, rupanya belum berakhir. inilah akhirnya’ dan dengan kalimat terakhir ‘Wow! apa-apaan!’ .

@arifrubbiyanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s