Tak Berkategori

WHAT WE SAY – THE JUNGLE BOOK

jungle 1

Director: Jon Favreau

Starring: Neel Sethi, Ben Kingsley, Idris Elba, Bill Murray, Christopher Walken, Lupita Nyong’o, Scarlett Johansson, Giancarlo Esposito, Emjay Anthony

Score: 8/10

The jungle is coming to life!

Masih segar di ingatan saya saat pertama kali sutradara Jon Favreau mengungkapkan sedikit informasi mengenai film ini. Jon, yang juga menjadi sutradara di film Iron Man, berkata bahwa The Jungle Book adalah filmnya yang paling canggih. Saking canggihnya, Jon dan seluruh tim tidak pernah melakukan syuting di dalam hutan. Itu terlalu merepotkan! Mereka cukup melakukannya di Los Angeles dengan beberapa practical effect, dan satu anak bocah. Meski begitu, Jon sukses meramu semua unsur yang ada dan menjadikan The Jungle Book sebuah film berlatar rimba yang benar-benar nyata.

jungle 3

Berdasarkan kisah klasik karya Rudyard Kipling, The Jungle Book menceritakan tentang Mowgli, seorang anak laki-laki yang dibesarkan di dalam hutan Seeonee. Mowgli diasuh oleh kawanan serigala pimpinan Akela (Esposito), dan seekor macan kumbang bernama Bagheera (Kingsley). Tokoh lain yang penting adalah Raksha (Nyong’o), seekor serigala betina yang sudah menjadi ibunda baginya. Sayang, ketika Mowgli beranjak dewasa, Ia mendapatkan ancaman dari seekor harimau yang ditakuti bernama Shere Khan (Elba). Shere Khan tidak senang akan kehadiran anak manusia di tengah kehidupan mereka, dan mengancam akan bertindak kasar untuk menyingkirkan Mowgli. Sadar bahwa ancaman Shere Khan tidak main-main, Mowgli memutuskan untuk pergi. Setelah itu, petualangannya yang penuh keajaiban pun dimulai.

jungle 2

Visual yang menawan adalah senjata utama film ini. Sekali ligai diingatkan, mereka tidak pernah syuting di tengah hutan, tapi The Jungle Book terlihat begitu mempesona! Saya pribadi seperti merasa ikut terbawa petualangan Mowgli dan ini seperti sebelas-dua belas dengan film-film National Geographic! Jon sangat teliti dengan setiap detil yang ada di film ini. Ia beberapa kali bermain dengan sudut-sudut sempit yang dimaksimalkan dengan baik sebagai tempat tinggal para hewan. Semuanya ditampilkan dengan cantik, dan sangat terperinci. Scene di mana Mowgli bertemu dengan Kaa (Johansson) adalah salah satu saat di mana kita bisa melihat betapa hebatnya ini semua. The Jungle Book is a fantastic visual treat! 🙂

THE JUNGLE BOOK - (L-R) MOWGLI and GRAY. ©2015 Disney Enterprises, Inc. All Rights Reserved.

THE JUNGLE BOOK – (L-R) MOWGLI and GRAY. ©2015 Disney Enterprises, Inc. All Rights Reserved.

Beralih ke cast, Neel Sethi tentu menjadi sorotan utama di sini. Bagaimana tidak, dia satu-satunya manusia di sana! Tentu bukan tugas yang mudah untuk lebih banyak berhadapan dengan layar berwarna setiap harinya daripada berinteraksi langsung dengan para fauna. Namun akhirnya, tantangan ini bisa diselesaikan dengan baik oleh Neel berkat aktingnya yang terlihat membaur dengan Baloo, King Louie, Bagheera, dan Raksha (bahkan para gajah pun menyukainya). Anyway, Neel saat itu berusia 13 tahun, dan penampilannya di sini bisa dikatakan melebihi usianya sendiri. bukan terlihat lebih tua, melainkan lebih matang untuk akting anak seusianya. Well, setelah Jacob Tremblay (Room) dan Abraham Attah (Beast of No Nation), Hollywood sepertinya telah menemukan talenta baru dalam diri aktor cilik yang satu ini.

jb 1

Bagaimana dengan yang lain? Pas! Seluruh aktor A-listers berhasil menghidupkan hutan ini lewat karakter masing-masing. Idris Elba was just perfect! Perannya sebagai Shere Khan sungguh kejam. Setiap kali Shere Khan muncul, setiap kali itu juga saya merasa ngeri dan yakin bahwa sesuatu yang tidak beres akan segera terjadi. Bagheera, dan Baloo menjadi duet pengawal Mowgli yang sangat bertolak belakang. Bagheera adalah bapak sejati yang charming dan sangat menyayangi Mowgli, sedangkan Baloo adalah beruang pemalas yang menjadi badut film ini. Scarlett Johansson mengintimdasi dengan seksi walaupun durasi Kaa tegolong minim. Raksha dan Akela menjadi mentor yang bijaksana. Terakhir, Christopher Walken menyuguhkan nuansa musikal lewat karakter King Louie yang berbadan sangat besar. Ya, sangat besar!

jungle 5

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan di film ini adalah tone yang dibawakan oleh Jon Favreau. Ia jelas-jelas bereksperimen di sini dengan mengurangi sedikit unsur Disney. Film ini cukup gelap, dan memberikan nuansa alam liar yang sesungguhnya. Bagi saya pribadi, tentu ini adalah sebuah nilai plus. A darker Jungle Book, man! How cool is that! Tapi, di saat yang sama saya juga merasa tidak yakin apakah film ini bisa menghibur anak-anak, terutama yang berusia di bawah lima tahun. Beberapa adegan terasa mendebarkan, bahkan ada pula yang cukup mengagetkan. Ditambah dengan suara para binatang yang menggelegar, bukan tidak mungkin si kecil jadi merasa terancam dan ketakutan.

jb 1

Terakhir, di balik sedikit kekecewaan mengenai beberapa cerita yang tidak ditampilkan sesuai dengan kisah aslinya, The Jungle Book tetaplah sebuah film yang sangat menarik dan tidak rugi jika menontonnya dalam format IMAX atau 3D. Film ini mengingatkan kita bahwa manusia adalah makhluk yang mulia karena akalnya. Namun sayang, manusia sering menyalahgunakannya sehingga keserakahan kita menghasilkan dampak negatif terhadap makhluk lainnya.

@adam_sarga

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s