FRESHMOVIE

FRESHMOVIE – 10 CLOVERFIELD LANE

10 3Director : Dan Trachtenberg

Starring: Mary Elizabeth Winstead, John Goodman, John Gallagher Jr.

Something is coming

Masih ingat dengan film Cloverfield?  Tahun ini film ber-budget irit tersebut akan kembali dengan gaung yang lebih besar, kemudian judul dan karakter yang berbeda. Kali ini mereka mengusung nama 10 Cloverfield Lane. But anyway, sebelum kita menyaksikan filmnya yang baru, kita flashback terlebih dahulu mengenai film pendahulunya.

Cloverfield rilis tahun 2008. Film ini bercerita tentang upaya penyelamatan diri sekelompok orang dari serangan monster yang diabadikan melalui handy-cam. Latar tempatnya sendiri berada di New York, yang mana bermula dari sebuah pesta di apartemen yang terpaksa bubar. Karakter sentral yang berada di film ini kemudian berusaha untuk mencari tahu apa yang terjadi ketika situasi menjadi tak terkendali. Salah satu yang paling diingat dari Cloverfield tentunya adalah saat kepala patung Liberty terpisah dari badannya dan jatuh ke jalan raya. Mantap! Penuh ke-chaos-an dimana-mana!!

10 4

Bagaimana dengan 10 Cloverfield Lane? Tentu akan lebih seru dan menegangkan! Seorang wanita muda bernama Michelle (Winstead) tiba-tiba terbangun di sebuah gudang bawah tanah. Ia berada di sana setelah mengalami kecelakaan mobil yang mengerikan di suatu tempat di pedesaan Amerika. Seorang stranger bernama The Man (Goodman) kemudian mengaku telah menyelamatkannya dan menegaskan kepada Michelle bahwa tak ada seorangpun di luar sana. Dunia luar sudah tidak layak huni. Semua orang telah mati. Lambat laun Michelle mulai menduga bahwa apa yang ada di luar tidak sesuai dengan yang The Man katakan, dan keraguan tersebut membuatnya ingin melarikan diri. Ia mencoba untuk melawan dan mencari kebebasan meski apa yang mungkin mengintainya berada di dinding luar gudang tersebut.

10 5

Tak seperti pendahulunya, 10 Cloverfield Lane sepertinya memilki misteri yang bersandar pada sebuah gagasan bahwa kemungkinan tidak ada sosok monster yang sesungguhnya di dalam film. Dugaan ini bisa dilihat dari tagline-nya yang terkesan abu-abu;  “monsters come in many forms”. Tagline ini tentu membuat kita berspekulasi bahwa 10 Cloverfield Lane tidak mengikuti cerita pendahulunya secara langsung, namun menawarkan cerita yang sama sekali berbeda yakni tentang konflik terisolasi antara seorang wanita muda dan penculik gila.

10 6

Jika hal tersebut benar adanya, bisa jadi 10 Cloverfield Lane merupakan kelanjutan dari sebuah antologi horor yang dibuat oleh J.J. Abrams (karena J.J. adalah produser Cloverfield). Teori ini ditulis oleh kanal Cinemablend.com, di mana mereka menyamakan hal tersebut dengan serangkaian film Halloween karya John Carpenter di tahun 1980. Di film-film tersebut, John tidak memusatkan keseluruhan film pada karakter pembunuh berantai bernama Michael Myers, melainkan Dia membuat sebuah ‘self-contained line‘ yang berpusat pada satu motif yang sama. Cloverfield bisa melakukan hal serupa, di mana Ia mengikat beberapa film dalam sebuah ikatan yang sama dan itu semua atas nama monster. Hmm… make sense 🙂

10 1

Tapi semuanya jadi semakin membingungkan jika kamu melihat bagian akhir trailer. Di sana terlihat ada sesuatu yang besar dan masif sedang menghampiri karakter protagonis. Kami belum tahu, dan tidak ingin memberi tahu mengenai apa sebenarnya benda itu, apakah itu monster atau bukan, dan bagaimana bentuk rupanya. Namun yang pasti adegan ini menunjukkan sesuatu yang SANGAT PENTING: 10 Cloverfield Lane memiliki twist yang tidak biasa.

Escape may not be the right option.

@D_Sdw

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s