FRESHMOVIE

FRESHMOVIE – BATMAN V SUPERMAN: DAWN OF JUSTICE

vsDirector: Zack Snyder

Starring: Ben Affleck, Henry Cavill, Gal Gadot, Jesse Eisenberg, Amy Adams, Jeremy Irons, Laurence Fishburne, Holly Hunter

Siapa sangka di sepanjang tahun ini kita akan disuguhkan dengan banyak sekali fillm-film berkualitas. Hebatnya, jadwal rilis film-film di tahun ini pun tersebar dengan rata dalam masing-masing bulan. Salah satu yang menjadi sorotan adalah film ber-genre superhero. Yap, tahun ini adalah tahunnya para pecinta komik, tidak tanggung-tanggung, 6 movies in a year! How amazing is that? Namun, fokus bulan ini berada di film yang sedang gencar-gencarnya melakukan promosi karena dalam waktu yang tidak lama lagi film ini akan rilis perdana. Apalagi kalau bukan Batman v Superman! But, wait, isn’t there supposed to be “s” after that “v”? We’ll talk about it later on.

Batman v Superman, sekilas dari judul pasti banyak yang mengira ini adalah film franchise Batman. Tunggu dulu, sebenarnya BvS ini adalah lanjutan (bukan sekuel) dari film Man of Steel (2013) dan merupakan second installment dari proyek besar DC Comics dan Warner Bros, yaitu DCEU (DC Extended Universe). Film ini disutradai oleh Zack Snyder yang juga pernah menyutradarai film seperti Watchmen dan 300. Ada kesamaan dari ke 2 film tersebut, yaitu dark tone khas Snyder yang pastinya juga ditunjukkan kembali di dalam film BvS ini.

bvs 2

Mengusung nama Batman v Superman, pastinya membuat orang bertanya-tanya, “Mengapa v dan bukan vs?” Dilansir dari thedissolve.com, Zack Snyder mengaku kepada USA Today bahwa penggunaan “v” semata-mata untuk menegaskan bahwa film ini tidak hanya mengenai Batman melawan Superman. Hal itu dilakukan juga agar masyarakat tidak rancu dengan graphic novel “The Dark Knight Returns” karya Frank Miller. Walaupun tentunya, intisari (jika tidak ingin menyebut jalan cerita) dari film ini banyak terinpirasi dari novel tersebut. Karena judul tersebut jugalah yang memungkinkan hadirnya tokoh pahlawan DC lainnya, yaitu Wonder Woman, Cyborg, Aquaman dan The Flash yang bertujuan untuk memperkenalkan kelompok superhero dari DC; Justice League. Rumornya, pada tahun 2017 akan keluar film tentang kelompok superhero ini.

Lanjut mengenai casting film ini, ternyata banyak sekali kontroversi yang mengiringi selama Zack melakukan pemilihan pemain untuk tokoh Batman dan Wonder Woman. Ben Affleck menjadi pembicaraan hangat ketika Zack pertama kali mengumumkannya di Twitter. Ben Affleck, yang sebelumnya dikenal sebagai Daredevil (2003), rupanya masih belum bisa keluar dari bayang-bayang kegagalan film tersebut. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya komentar negatif para netizen. Hal serupa juga dialami oleh Gal Gadot, aktris asal Israel yang dikenal dalam perannya sebagai Gisele Yashar di film seri Fast and Furious ke-4 sampai ke-7. Gal dianggap tidak cocok untuk memerankan tokoh Wonder Woman karena fisiknya yang terlalu kurus dan tidak atletis. Akan tetapi, Dia berhasil membuang jauh keraguan para netizen dengan terus berlatih guna membentuk tubuhnya menjadi sebaik mungkin (you can find that on her Instagram). Berita negatif yang mengiringi film ambisius ini begitu banyak. Ambisius? Ya. Film ini dikabarkan telah menghabiskan dana senilai 400 juta USD. Tentu akan menjadi mimpi buruk, bila ternyata film ini adalah sebuah kegagalan dan merusak rencana proyek DCEU.

bvs 1

Meskipun demikian, kita patut berterimakasih kepada Zack Snyder dan juga para petinggi Warner Bros. yang telah berani untuk menghidupkan para tokoh superhero legendaris ini ke versi layar lebar. Batman v Superman dijadwalkan tayang di Indonesia pada tanggal 23 Maret 2016. So, are you still hyped for this movie? Well, I am. And you should be too!

@rendyyauri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s