FRESHMOVIE

FRESHMOVIE – A WAR

Director : Tobias Lindholm

Starring : Pilou Asbaek, Tuva Novotny

Tahun 2016 adalah sebuah kemajuan jika kita berbicara mengenai semakin beragamnya jenis film mancanegara yang rilis di bioskop-bioskop Jakarta dan kota besar lainnya. Dibanding tahun lalu, hampir seluruh film yang masuk nominasi Best Picture di ajang Oscar tahun ini bisa kita saksikan sebelum malam penganugerahannya berlangsung akhir Februari nanti. Tapi tahukah kamu, ternyata ada satu lagi film nominasi Oscar yang rilis awal tahun ini, dan film tersebut termasuk “spesies langka”. Yap! Film yang saya maksud adalah A War, film official submission asal Denmark yang masuk nominasi untuk kategori Best Foreign Film.

a war poster 2

Menjadi feature film ketiga sutradara Tobias Lindholm setelah R, dan A Hijacking, A War mengisahkan tentang kehidupan seorang komandan perang Denmark bernama Claus Michael Pedersen ( Asbaek ), yang sedang ditugaskan di Afghanistan. Seperti tentara lainnya, Claus juga meninggalkan orang-orang tercinta di Denmark. Ada isterinya yaitu Maria ( Novotny ), dan juga tiga anaknya yang masih kecil dan butuh perhatian sang ayah. Sayang, saat menjalani tugas rutin, Claus dan tentara lainnya terjebak dalam situasi baku tembak yang kacau dan untuk menyelamatkan anak buahnya, Claus membuat sebuah keputusan yang memiliki konsekuensi serius. Akibat dari apa yang Ia lakukan tidak hanya mengancam dirinya sendiri namun juga keluarganya yang berada jauh di rumah. A combat on the battlefield and at home.

war 3

Dalam sebuah wawancara bersama Danish Film Institute’s Magazine tahun 2015 lalu, sutradara Lindholm membeberkan motifnya untuk membuat film ini. “Denmrak telah ikut berperang selama 14 tahun belakangan,” ujarnya. “Ini telah mendefinisikan generasi saya, lebih dari apapun, bahwa kami telah mengirim kaum muda ke sebuah perang yang bahkan bukan untuk melindungi batas negara namun untuk kepentingan politik yang abstrak”. Selain itu, Tuan Lindholm juga mengatakan bahwa baginya A War lebih mengarah ke sisi humanis. Uniknya, Ia tidak pernah menjadi tentara atau berada di medan perang sebelumnya. “Saya pikir saya akan memulainya dengan sesuatu yang manis. Ibuku mengajarkan bahwa perang adalah sesuatu yang jahat, termasuk orang-orang yang terlibat di dalamnya. Kini saya ingin menantang dugaan tersebut”. Setelah itu dimulailah observasinya terhadap mereka yang menjadi saksi perang; tentara Denmark beserta keluarga mereka, para pengungsi, dan juga para pejuang Taliban.

war 4

Ada beberapa fakta mencengangkan mengenai film ini. Agar bisa mendapatkan potret dan feeling dari peperangan yang sesungguhnya, Tuan Lindholm turut menyertakan tentara Denmark sungguhan yang pernah ditugaskan di Afghanistan. Hebatnya, para serdadu ini turut membantunya dalam berbagai hal. “Mustahil jika saya harus mengarahkan 12 aktor untuk berakting menjadi tentara. Itu adalah imajinasi yang hanya dimiliki oleh mereka yang ada di sana (medan perang),” ungkapnya kepada Indiewire. “Kemudian aku bertemu dengan salah satu dari mereka yang dijuluki ‘The Wolf’. Dia membantu saya dalam mengembangkan skrip, menjelaskan bagaimana mekanisme kerja di Afghanistan, dan perlahan mulai mengikut-sertakan beberapa temannya. Akhirnya, saya punya 12 tentara profesional dan saksi mata asli yang bisa memberikan rincian, reaksi, dan pendekatan profesional untuk berada di medan perang”.

war 2

Anyway, selain mendapat dukungan penuh di lapangan, agar semakin “berasa” Tobias menciptakan beberapa situasi yang benar-benar tidak terpikirkan sebelumnya. Salah satunya adalah scene peperangan yang turut diwarnai oleh dentuman. “Aku tidak pernah memberitahu mereka tentang kapan terjadinya ledakan sehingga mereka bisa bereaksi, bukan menunggu sesuatu terjadi kemudian bereaksi. Para tentara telah berlatih sebelumnya secara berulang-ulang terhadap situasi ini. Termasuk di lokasi syuting,” ujarnya. Selain itu, Ia juga tidak memberitahu Pilou tentang dialog yang akan diucapkan oleh penduduk lokal. “Saya meng-cast mereka (orang-orang Afghanistan) sebagai diri mereka sendiri. Keluarga yang ada di film ini adalah keluarga Afghan asli. Saya memberi dialog kepada mereka, namun tidak memberikannya pada Pilou. Tentara yang menjadi penerjemah nanti yang akan mengatakannya secara real time, dan Pilou harus beraksi terhadapnya. Itu akan memberimu kenyataan yang sesungguhnya di medan perang”.

war 5

Dengan detail-obsessed direction dari sutradara ditambah dengan pesan moril yang kompleks namun sangat penting, A War akan menunjukkan betapa beratnya tugas dan tantangan yang harus dihadapi seorang prajurit dan bagaimana kisah ini sangat berhubungan dengan zona konflik lainnya yang ada di dunia. Film ini adalah sebesar-besarnya pengorbanan, segigih-gigihnya perjuangan, dan sebenar-benarnya ketakutan.

@adam_sarga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s